•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Linguistik Edukasional

Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Linguistik Edukasional pada jenjang S3 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia membahas penerapan teori-teori linguistik dalam konteks pendidikan bahasa. Isi perkuliahan mencakup analisis linguistik untuk pengembangan kurikulum, desain materi ajar, evaluasi pembelajaran bahasa, serta penelitian kebahasaan dalam perspektif edukasional. Tujuannya adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan prinsip-prinsip linguistik untuk memecahkan masalah pendidikan bahasa, merancang penelitian berbasis linguistik edukasional, dan berkontribusi dalam pengembangan teori dan praktik pendidikan bahasa Indonesia. Ruang lingkup meliputi linguistik terapan dalam pendidikan, sosiolinguistik edukasional, psikolinguistik pembelajaran bahasa, analisis wacana kelas, serta isu-isu kontemporer dalam pendidikan bahasa berbasis pendekatan linguistik.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menganalisis secara komparatif berbagai pendekatan linguistik (deskriptif, psikolinguistik,sosiolinguistik, antropolinguistik) dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra secara kritis dan sistematis.
  • Mahasiswa mampu merekonstruksi elemen-elemen kajian linguistik yang relevan sebagai landasan konseptual untuk mengembangkan model pembelajaran bahasa dan sastra yang integratif dan orisinal.
  • Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan model pembelajaran bahasa dan sastra berbasis hasil kajian linguistik yang inovatif dan kontekstual sesuai kebutuhan pembelajaran masa kini.
  • Mahasiswa mampu mengkaji dan mengintegrasikan teori-teori mutakhir dalam linguistik edukasional dengan filsafat pendidikan serta filsafat bahasa dan sastra untuk memahami dan mengembangkan praktik pembelajaran bahasa dan sastra berbasis pendekatan ilmiah yang kontekstual dan transformatif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mahasiswamemahami prosedurperkulian sesuaidengan aturan yangtelah disepakati; 2.Mahasiswamemahamikedudukan linguistikedukasional dalamruang lingk
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Memilih satu bab yang dsediakan
    • Date  29 Agustus 2025

  • Pertemuan 3
    Mahasiswamemahami "Bilingualand BiliteratePractices at
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 4
    Identity inLanguage and Literacy Education
    • Date  5 September 2025

  • Pertemuan 5
    "Post-Colonialism and Globalization in Language
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 6
    Memhami Language Cultivation
    • Date  12 September 2025

  • Pertemuan 7
    Ecological Language Education Policy
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 8
    Mahaiswa memahami Literacy
    • Date  19 September 2025

  • Pertemuan 9
    UTS
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 10
    Religiousand Sacred Literacies
    • Date  26 September 2025

  • Pertemuan 11
    Order of Acquisition and Developmental Readiness
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 12
    Language Socialization
    • Date  3 Oktober 2025

  • Pertemuan 13
    "Second Language Acquisition and Ultimate Attainment
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 14
    Task-Based teaching and Learning
    • Date  10 Oktober 2025

  • Pertemuan 15
    Ecological-Semiotic Perspectives on Educational Linguistics
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 16
    Menganalisis, mensintesis, dan mengkritisi keterkaitan antara teori linguistik edukasional mutakhir dengan landasan filosofis pendidikan dan bahasa-sastra, serta mampu merancang model atau kerangka pembelajaran yang inovatif dan berbasis penelitian.
    • Date  17 Oktober 2025

Dosen

MULYONO
MULYONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KISYANI LAKSONO
KISYANI LAKSONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10