Mata kuliah ini berisi pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang multimedia pembelajaran di sekolah, dengan strategi teori dan praktek pembuatan multimedia pembelajaran.
CPMK
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap kritis, inovatif, dan tanggung jawab dalam mengembangkan dan memanfaatkan multimedia sebagai sarana pembelajaran seni rupa dan berwirausaha.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep, teori, dan prinsip dasar penggunaan multimedia dalam pembelajaran, serta menguasai berbagai teknologi dan software yang dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar seni rupa berbasis multimedia.
Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan bahan ajar seni rupa berbasis multimedia yang interaktif dan menarik, serta mampu mengevaluasi efektivitas multimedia tersebut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis dan memahami tujuan, ruang lingkup, serta kontrak perkuliahan multimedia pembelajaran seni rupa
Date 5 Februari 2025
Pertemuan 2
Menganalisis media pembelajaran seni rupa yang digunakan di sekolah dengan pendekatan kritis dan inovatif
Date 12 Februari 2025
Pertemuan 3
Membangun kemampuan komunikasi dengan mempresentasikan hasil analisis media pembelajaran secara kritis
Date 19 Februari 2025
Pertemuan 4
Argumen kritis dan inovatif terkait penggunaan multimedia dalam pembelajaran seni rupa
Date 26 Februari 2025
Pertemuan 5
Merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis mind map secara kreatif dan interaktif
Date 5 Maret 2025
Pertemuan 6
Dan mempresentasikan hasil rancangan media pembelajaran mind map secara kritis dan inovatif
Date 12 Maret 2025
Pertemuan 7
Memperkuat kemampuan evaluasi dan komunikasi dengan mempresentasikan perbaikan media pembelajaran
Date 19 Maret 2025
Pertemuan 8
Dan memamerkan produk multimedia mind map dengan kualitas dan kreativitas yang tinggi
Date 26 Maret 2025
Pertemuan 9
Merancang multimedia pembalajaran berbasis presentasi audio visual yang menarik dan efektif
Date 2 April 2025
Pertemuan 10
Dan mempresentasikan rancangan multimedia pembalajaran PPT berbasis audio visual
Date 9 April 2025
Pertemuan 11
Membangun argumentasi terkait efektivitas multimedia pembelajaran berbasis audio visual
Date 16 April 2025
Pertemuan 12
Kemampuan refleksi dan evaluasi multimedia pembelajaran
Date 23 April 2025
Pertemuan 13
Merancang bahan ajar multimedia yang inovatif dan interaktif sesuai kebutuhan pembelajaran seni rupa
Date 30 April 2025
Pertemuan 14
Memperkuat evaluasi dan komunikasi dengan mempresentasikan multimedia pembelajaran inovatif dan interaktif
Date 7 Mei 2025
Pertemuan 15
Memperkuat penguasaan materi dan kemampuan komunikasi dengan presentasi akhir pengembangan multimedia pembelajaran
Mata kuliah Bahasa Inggris berfokus utama pada pengembangan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, dengan penekanan khusus pada penggunaan Bahasa Inggris dalam lingkungan akademik. Mahasiswa
Mata kuliah untuk menjelaskan metode, prosedur, strategi dalam perancangan proyek desain berdasarkan proses beperpikir desainer ( design thinking ) dan bagaimana desainer berpikir secara kreatif
Memanfaatkan IPTEKS untuk mendapatkan, mengumpulkan, dan mengolah berbagai pemahaman bentuk gamelan, fungsi gamelan, titilaras, pathet, teknik menabuh, dan bentuk gendingdalam rangka meningkatkan keterampilan karawitan gaya