Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan) UNESA
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas siklus akuntansi dalam dunia bisnis (Entitas Jasa dan Entitas Dagang) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku serta menganalisis akun-akun. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu case based study dan problem based learning.
CPMK
Mahasiswa mampu mengimplementasikan siklus akuntansi, kertas kerja, jurnal penyesuaian penyusunan laporan keuangan, dan jurnal penutup entitas jasa dan dagang
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep akun-akun
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan adaptif
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis konsep pengantar akuntansi dan perusahaan
Date 25 Agustus 2025
Pertemuan 2
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 1 September 2025
Pertemuan 3
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 8 September 2025
Pertemuan 4
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 15 September 2025
Pertemuan 5
Menganalisis siklus akuntansi entitas dagang
Date 22 September 2025
Pertemuan 6
Menganalisis siklus akuntansi entitas dagang
Date 29 September 2025
Pertemuan 7
Review materi dan kuis
Date 6 Oktober 2025
Pertemuan 8
UJIAN TENGAH SEMESTER
Date 20 Oktober 2025
Pertemuan 9
Menganalisis pengendalian internal dan kas
Date 20 Oktober 2025
Pertemuan 10
Menganalisis akun piutang
Date 27 Oktober 2025
Pertemuan 11
Menganalisis akun persediaan
Date 3 November 2025
Pertemuan 12
Menganalisis akun asset tetap dan asset tak berwujud
Date 10 November 2025
Pertemuan 13
Menganalisis investasi dan akuntansi nilai wajar perusahaan
Date 17 November 2025
Pertemuan 14
Menganalisis akun liabilitas lancar dan penggajian
Mata kuliah ini mengkaji kedudukan hukum dagang, perusahaan dan pembantunya, merger-konsolidasi-akuisisi-separasi, kepailitan, hak kekayaan intelektual, kontrak bisnis, hukum jaminan, asuransi, hukum ketenagakerjaan, hukum perlindungan konsumen,
Matakuliah ini menganalisis konsep dasar akuntansi biaya, menganalisis komponen biaya produksi, menganalisis pengumpulan dan penentuan harga pokok produksi menggunakan metode harga pokok pesanan dan proses
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemen pemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan