•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Psikoedukasi dan Desain Pelatihan

Program Studi S1 Psikologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Psikoedukasi dan Desain Pelatihan membahas tentang teori dan praktik psikologi dalam konteks pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar psikologi yang relevan dengan proses pembelajaran dan pengajaran. Selain itu, mata kuliah ini juga akan membahas strategi desain pelatihan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam tentang hubungan antara psikologi dan pendidikan serta kemampuan untuk merancang program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan peserta. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam merancang dan mengimplementasikan program pelatihan yang efektif dalam berbagai konteks pendidikan.

CPMK

  • Menganalisis berbagai teori dan model psikoedukasi untuk mengidentifikasi komponen-komponen kunci yang efektif dalam desain pelatihan (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas metode pelatihan yang ada berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar (C5)
  • Menganalisis kebutuhan pelatihan spesifik berdasarkan karakteristik target audiens dan konteks pembelajaran (C4)
  • Mengevaluasi dan menyesuaikan desain pelatihan berdasarkan umpan balik dan hasil evaluasi untuk memastikan relevansi dan efektivitasnya (C5)
  • Menganalisis dan mengintegrasikan nilai-nilai etika, kebangsaan, dan kemanusiaan dalam konten dan metodologi pelatihan (C4)
  • Menciptakan strategi kolaboratif dalam desain pelatihan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta (C6)
  • Menganalisis tren terkini dalam teknologi edukasi untuk mengintegrasikannya dalam praktik psikoedukasi dan desain pelatihan (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kontrak perkuliahan
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Perbedaan antara konseling dan konsultasi, serta menguasai konsep, strategi, dan penerapan psikoedukasi
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Berbagai model dan metode pembelajaran eksperiensial (Experiential Learning 1, 2, 3) serta menerapkannya dalam konteks psikoedukasi dan pelatihan, dengan memahami prinsip, tahapan, serta strategi implementasi yang efektif sesuai dengan kebutuhan peserta.
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Konsep dan prinsip dasar program psikoedukasi, menyusun modul psikoedukasi yang sistematis dan berbasis kebutuhan, serta merancang evaluasi program psikoedukasi untuk menilai efektivitas dan dampaknya terhadap peserta.
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Konsep dan prinsip dalam rancangan pelatihan strategis, menyusun rancangan asesmen kebutuhan secara sistematis, serta memahami teori dan desain program pelatihan untuk mengembangkan intervensi yang efektif sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Berbagai metode pelatihan, termasuk pelatihan tradisional, e-learning, serta penggunaan teknologi dalam pelatihan, dan mampu menganalisis kelebihan, kekurangan, serta penerapan masing-masing metode sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Berbagai metode pelatihan, termasuk pelatihan tradisional, e-learning, serta penggunaan teknologi dalam pelatihan, dan mampu menganalisis kelebihan, kekurangan, serta penerapan masing-masing metode sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Penguasaannya atas materi pertemuan 1- 7 untuk menyelesaikan Ujian Formatif
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Diharapkan mampu mengembangkan kemampuan analisis yang logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menentukan kebutuhan pelatihan spesifik.
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Melakukan berkomunikasi dengan mitra untuk menyusun program psikoedukasi dan desain pelatihan
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis dan menyajikan hasil observasi serta asesmen kebutuhan secara sistematis dengan menggunakan pendekatan yang sesuai, serta menginterpretasikan temuan untuk merancang intervensi atau rekomendasi yang tepat sesuai dengan konteks permasalahan yang dihadapi.
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Merancang strategi dan memilih media yang tepat untuk kegiatan turun lapangan, serta menyusun perencanaan implementasi yang sistematis dan berbasis kebutuhan
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Rancangan psikoedukasi dan desain pelatihan secara efektif di lapangan dengan menerapkan strategi yang sesuai, menggunakan media yang tepat, serta beradaptasi dengan dinamika peserta dan kondisi lingkungan
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Rancangan psikoedukasi dan desain pelatihan secara efektif di lapangan dengan menerapkan strategi yang sesuai, menggunakan media yang tepat, serta beradaptasi dengan dinamika peserta dan kondisi lingkungan
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Menyusun dan mempresentasikan hasil implementasi psikoedukasi dan desain pelatihan di lapangan secara sistematis
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Menyusun dan mempresentasikan hasil implementasi psikoedukasi dan desain pelatihan di lapangan secara sistematis
    • Date  20 Mei 2025

Dosen

MIMBAR OKTAVIANA
MIMBAR OKTAVIANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Psikologi
  • Semester4
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10