Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah "Konsep Bermain dan Permainan" dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai pentingnya aktivitas bermain sebagai sarana pembelajaran dan perkembangan holistik anak usia dini. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari secara komprehensif teori, prinsip, dan pendekatan yang mendasari aktivitas bermain dan permainan dalam konteks pendidikan anak usia dini.
Pembahasan mencakup pengertian dan karakteristik bermain, perbedaan antara bermain bebas dan bermain terstruktur, serta hubungan antara bermain dan tahapan perkembangan anak dalam aspek kognitif, sosial-emosional, bahasa, dan motorik. Mahasiswa juga akan diajak untuk mengkaji berbagai jenis permainan edukatif, baik permainan tradisional maupun modern, serta bagaimana permainan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang spesifik.
Selain memahami teori, mahasiswa akan dilatih untuk mampu merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi kegiatan bermain yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini. Penekanan diberikan pada penyusunan rencana kegiatan bermain yang integratif dan kontekstual, serta penerapan prinsip-prinsip pedagogis yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.
Metode pembelajaran dalam mata kuliah ini meliputi ceramah interaktif, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), dan simulasi, yang memungkinkan mahasiswa mengalami proses bermain secara langsung, sekaligus merefleksikan penerapan konsep yang dipelajari ke dalam praktik pendidikan di lapangan.
CPMK
- Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini
- Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.
- Merancang desain bermain anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD sesuai jenjang usia.