Deskripsi Mata Kuliah
Mengkaji hakikat konseling multibudaya, pengertian budaya dan kebudayaan, model konseling multibudaya,
konsep konseling multibudaya saat ini, pengertian ras dan pemberian label yang berpengaruh terhadap identitas
budaya, pengaruh identitas nudaya terhadap perilaku sosial, isu-isu gender dalam konseling multi budaya,
perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multi budaya, standar konselor multibudaya, etika
profesional dalam konseling multi budaya, pelatihan konseling multi budaya dalam pendidikan konselor, dan
praktik konseling individu/kelompok dalam perspektif konseling multibudaya
CPMK
- Menguasai ilmu pendidikan, bimbingan dan konseling sebagai paradigma dalam pengembangan ilmu dan pemecahan masalah bangsa, masyarakat da n peserta didik.
- Mampu membuat keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah atau eksperimental terhadap informasi dan data
- Mengembangkan teknik bimbingan kelompok dan klasikal dalam prespektif multibudaya
- Mengembangkan teknik konseling individu dalam prespektif multibudaya
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
- Mampu melakukan praktik konseling multibudaya