Mata kuliah ini mengkaji mengenai konsep dasar konseling, pengertian, sejarah, intervensi non-klinis, pendekatan dan teori, konsep hubungan konseling, proses, masalah masalah dalam konseling, kode etik dalam praktek konseling, dan keterampilan dasar konseling.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar psikologi konseling dan Psikoterapi
Date 6 Februari 2024
Pertemuan 2
Ciri-ciri dari konseling dan psikoterapi
Date 13 Februari 2024
Pertemuan 3
Tujuan dari konseling
Date 20 Februari 2024
Pertemuan 4
Beberapa kesalahan pengertian dari konseling
Date 27 Februari 2024
Pertemuan 5
Peran konselor dan psikoterapis menjelaskan perbedaan peran konselor dan psikoterapis
Date 5 Maret 2024
Pertemuan 6
Hasil konseling dan aplikasinya
Date 12 Maret 2024
Pertemuan 7
Asumsi-asumsi dasar konseling
Date 19 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 26 Maret 2024
Pertemuan 9
Dan menilai peran konselor
Date 2 April 2024
Pertemuan 10
Dan menilai konsep hubungan konselor dan konseli
Date 16 April 2024
Pertemuan 11
Dan menganalisis unsur-unsur pokok yang mempengaruhi hubungan konseling
Date 23 April 2024
Pertemuan 12
Aspek atau karakteristik konselor dalam hubungan konseling
Date 30 April 2024
Pertemuan 13
Dan menilai karakteristik konselor yang efektif dan kurang efektif
Date 7 Mei 2024
Pertemuan 14
Dan menilai persamaan karakteristik konselor dan klien
Mata kuliah Pendidikan Inklusif ini memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang: Konsep, Landasan, Prinsip-prinsip dalam pendidikan inklusi, Indeks Inklusi, Pembudayaan
Mata kuliah ini membekali mahasiswa menguasai kompetensi tentang psikologi anak berkebutuhan khusus (ABK), meliputi konsep dasar psikologi anak berkebutuhan khusus, perkembangan: kognitif, fisik motorik, emosi,
Matakuliah ini berisi tentang statistik deskriptif dan inferrensial yang berisi tentang uji-uji statistik serta mampu memformulasikann penyelesaian masalah statistik secara prosedural dalam bidang manajemen pendidikan.