Mata kuliah ini mengkaji mengenai konsep dasar konseling, pengertian, sejarah, intervensi non-klinis, pendekatan dan teori, konsep hubungan konseling, proses, masalah masalah dalam konseling, kode etik dalam praktek konseling, dan keterampilan dasar konseling.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar psikologi konseling dan Psikoterapi
Date 6 Februari 2024
Pertemuan 2
Ciri-ciri dari konseling dan psikoterapi
Date 13 Februari 2024
Pertemuan 3
Tujuan dari konseling
Date 20 Februari 2024
Pertemuan 4
Beberapa kesalahan pengertian dari konseling
Date 27 Februari 2024
Pertemuan 5
Peran konselor dan psikoterapis menjelaskan perbedaan peran konselor dan psikoterapis
Date 5 Maret 2024
Pertemuan 6
Hasil konseling dan aplikasinya
Date 12 Maret 2024
Pertemuan 7
Asumsi-asumsi dasar konseling
Date 19 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 26 Maret 2024
Pertemuan 9
Dan menilai peran konselor
Date 2 April 2024
Pertemuan 10
Dan menilai konsep hubungan konselor dan konseli
Date 16 April 2024
Pertemuan 11
Dan menganalisis unsur-unsur pokok yang mempengaruhi hubungan konseling
Date 23 April 2024
Pertemuan 12
Aspek atau karakteristik konselor dalam hubungan konseling
Date 30 April 2024
Pertemuan 13
Dan menilai karakteristik konselor yang efektif dan kurang efektif
Date 7 Mei 2024
Pertemuan 14
Dan menilai persamaan karakteristik konselor dan klien
Mengkaji tentang hakikat kurikulum PAUD; Analisis Kurikulum PAUD; Berbagai pendekatan PAUD; Model-model kurikulum PAUD; Kerangka pengembangan kurikulum; dan Merancang pengembangan kurikulum PAUD; Penyusunan Kurikulum Operasional
Melalui pemanfaatan TIK, mengkaji referensi, dan sumber lain yang relevan, mata kuliah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) anak berkebutuhan khusus memberikan pemahaman pengetahuan, pengalaman dan
Mengkaji berbagai konsep dasar desain sistem pembelajaran, model-model sistem pembela jaran, dan langkah-langkahlangkah pengembangan desain sistem pembelajaran serta praktik penyusunan model pengembangan desain sistem pembelajaran