•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN

Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mengkaji berbagai konsep dasar desain sistem pembelajaran, model-model sistem pembelajaran, dan langkah-langkah-langkah pengembangan desain sistem pembelajaran serta praktik penyusunan model pengembangan desain sistem pembelajaran baik berupa Silabus mauputi RPP sebagai implementasi kurikulum merdeka di tingkat satuan pendidikan tertentu (sekolah dan luar sekolah/diklat) melalui pembelajaran project based learning.

CPMK

  • Analisis berbagai konsep dasar desain sistem pembelajaran
  • Analisis Kurikulum di satuan tingkat pendidikan
  • Analisis dan identifikasi model-model sistem pembelajaran
  • langkah-langkah pengembangan desain sistem pembelajaran
  • praktik penyusunan model pengembangan desain sistem pembelajaran baik berupa Silabus mauputi RPP

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kontrak Pembelajaran
  • Pertemuan 2
    Mahasiswa mampu mengimplementasikan pemahaman tentang proses berfikir dan belajar dalam pengembangan desain pembelajaran
  • Pertemuan 3
    Mahasiswa mampu memperjelas prinsip, proses, dan praktik analisis kebutuhan, dalam menentukan jenis perubahan yang harus dilakukan
  • Pertemuan 4
    Mahasiswa mampu Menyusun analisis tugas sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran
  • Pertemuan 5
    Mahsiswa mampu menjelaskan analisis peserta didik sebagai dasar penyusunan tujuan pembelajaran
  • Pertemuan 6
    Mahasiswa mampu menyusun tujuan pembelajaran yang terkait dengan kegiatan pembelajaran dalam mendesain pembelajaran
  • Pertemuan 7
    Mahasiswa mampu menerapkan prinsip, proses, dan praktik pengorganisasian pembelajaran, untuk menentukan ruang lingkup dan urutan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik.
  • Pertemuan 8
    UTS
  • Pertemuan 9
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai lingkungan belajar dan kegiatan pembelajaran yang dapat dimasukkan ke dalam desain instruksional
  • Pertemuan 10
    menetukan prinsip, proses, dan praktik mengevaluasi prestasi pelajar.
  • Pertemuan 11
    Mahasiswa mengembangkan dan menentukan evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi
  • Pertemuan 12
    Mahasiswa mengembangkan dan menentukan evaluasi pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinisp evaluasi
  • Pertemuan 13
    Mahasiswa mampu menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip, strategi pembelajaran, dan tujuan
  • Pertemuan 14
    Mahasiswa mampu menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip, strategi pembelajaran, dan tujuan
  • Pertemuan 15
    Mahasiswa mampu menghasilkan desain pembelajaran yang efektif dan efisien
  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester

Dosen

MUSTAJI
MUSTAJI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

IRENA YOLANITA MAUREEN
IRENA YOLANITA MAUREEN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SYAIPUTRA WAHYUDA MEISA DININGRAT
SYAIPUTRA WAHYUDA MEISA DININGRAT
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknologi Pendidikan
  • Semester5
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10