•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang mata kuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi: pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai individu, pendekatan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus. Untuk pelaksanaan perkuliahan menerapkan Project Based Learning dalam mengintervensi kasus ABK.

CPMK

  • Menguasai secara mendalam pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang matakuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi : pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai inidividu, pendekatan bimibingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  • Menguasai secara mendalam dasar-dasar perancangan dan pengelolaan konsep dasar bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi : pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai inidividu, pendekatan bimibingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  • Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  • Mampu memberikan layanan kekhususan yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  • Mampu berkomunikasi, bekerja sama, bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun tim/kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  • Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bimbingan konseling, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  • Terampil berpikir logis untuk pemecahan masalah di bidang pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran anak tunadaksa untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  • Terampil dalam dunia pendidikan untuk pemecahan masalah di bidang pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bimbingan konseling, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsipprinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  • Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus.
  • Menerapkan budaya inklusif dalam menjalankan tugas sebagai pendidik PDBK dan wirausaha berlandaskan agama, moral, dan etika

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hakikat anak berkebutuhan khusus serta latar belakang anak berkebutuhan khusus .
    • Date  3 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Hakikat anak berkebutuhan khusus serta latar belakang anak berkebutuhan khusus .
    • Date  10 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Hakikat anak berkebutuhan khusus serta latar belakang anak berkebutuhan khusus .
    • Date  17 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Bimbingan konseling ABK sebagai sub sistem
    • Date  24 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya
    • Date  3 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Layanan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
    • Date  10 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Layanan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
    • Date  17 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  24 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Anak luar biasa sebagai individu
    • Date  31 Maret 2025

  • Pertemuan 10
    Anak luar biasa sebagai individu
    • Date  7 April 2025

  • Pertemuan 11
    Anak luar biasa sebagai individu
    • Date  14 April 2025

  • Pertemuan 12
    Bimbingan konseling bagi individu
    • Date  21 April 2025

  • Pertemuan 13
    Bimbingan konseling bagi individu
    • Date  28 April 2025

  • Pertemuan 14
    Pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus.
    • Date  5 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus.
    • Date  12 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  19 Mei 2025

Dosen

DIAH ANGGRAENY
DIAH ANGGRAENY
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH
ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10