Mata kuliah Statistika Pendidikan dirancang untuk memberikan pemahaman yang kokoh tentang konsep-konsep statistika yang relevan dalam konteks pendidikan. Mahasiswa akan belajar bagaimana menerapkan berbagai teknik statistik untuk analisis data pendidikan, membuat interpretasi yang tepat, dan mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis statistik.
CPMK
Memahami konsep dasar statistika pendidikan meliputi pengertian, peran, fungsi, serta jenis-jenis data dalam konteks penelitian pendidikan.
Menguasai teknik analisis deskriptif untuk mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data pendidikan menggunakan ukuran pemusatan, penyebaran, dan distribusi.
Menerapkan analisis inferensial dasar meliputi korelasi, uji hipotesis, normalitas, dan homogenitas baik secara manual maupun dengan bantuan perangkat lunak statistik (SPSS).
Menganalisis dan menginterpretasikan hasil statistik pendidikan untuk mendukung pengambilan keputusan, perencanaan, serta evaluasi pembelajaran dan penelitian.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis ruang lingkup, fungsi, dan manfaat statistika dalam penelitian pendidikan
Date 6 September 2024
Pertemuan 2
Menganalisis perbedaan skala pengukuran data dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan teknik pengumpulan data
Date 13 September 2024
Pertemuan 3
Menganalisis distribusi data dengan ukuran pemusatan, serta mengevaluasi efektivitas penyajian data dalam tabel/grafik
Date 20 September 2024
Pertemuan 4
Menganalisis tingkat variasi data menggunakan ukuran penyebaran (range, varians, standar deviasi) serta mengevaluasi peran ukuran penyebaran dalam interpretasi data pendidikan.
Date 27 September 2024
Pertemuan 5
Hasil analisis deskriptif menggunakan SPSS dan mengkreasi laporan statistik deskriptif yang relevan dengan penelitian pendidikan.
Date 4 Oktober 2024
Pertemuan 6
Menganalisis konsep dasar korelasi dalam statistika inferensial serta mengevaluasi penerapan uji korelasi dalam penelitian pendidikan.
Date 11 Oktober 2024
Pertemuan 7
Hasil uji korelasi dengan SPSS dan mengkreasi laporan hasil analisis korelasi dalam penelitian pendidikan.
Date 18 Oktober 2024
Pertemuan 8
Kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mengaplikasikan konsep statistika pendidikan (deskriptif dan korelasi) secara mandiri.
Date 25 Oktober 2024
Pertemuan 9
Menganalisis konsep dasar uji hipotesis dengan uji t serta mengevaluasi penerapannya dalam penelitian pendidikan.
Date 1 November 2024
Pertemuan 10
Menganalisis konsep uji homogenitas serta mengevaluasi penerapannya dalam penelitian pendidikan.
Date 8 November 2024
Pertemuan 11
Menganalisis konsep distribusi normal dan uji normalitas serta mengevaluasi hasil uji normalitas dalam penelitian pendidikan.
Date 15 November 2024
Pertemuan 12
Hasil uji t menggunakan SPSS dan mengkreasi laporan hasil analisis uji hipotesis dalam penelitian pendidikan.
Date 22 November 2024
Pertemuan 13
Penggunaan uji t dalam desain eksperimen pendidikan serta mengkreasi laporan hasil analisis eksperimen berbasis uji t.
Date 29 November 2024
Pertemuan 14
Berbagai analisis statistik inferensial menggunakan SPSS dan mengkreasi laporan hasil analisis untuk mendukung penelitian pendidikan.
Date 6 Desember 2024
Pertemuan 15
Ringkasan komprehensif dari seluruh materi statistika pendidikan yang telah dipelajari serta menyusun refleksi kritis untuk persiapan UAS.
Date 13 Desember 2024
Pertemuan 16
Solusi terhadap permasalahan penelitian pendidikan dengan menerapkan analisis statistika deskriptif dan inferensial menggunakan manual maupun SPSS secara komprehensif.
Mata kuliah ini membahas penerapan psikologi sosial dalam berbagai bidang kehidupan meliputi bidang pendidikan, konflik dan perdamaian,terorisme, politik, massa/kerumunan, organisasi, media, pengadilan, kesehatan,perilaku konsumen, serta
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa melalui konsep perkembangan anak, konsep bimbingan dan konseling perkembangan, dan strategi/metode/model BK perkembangan, serta keterampilan untuk merencanakan, menyusun
Mengkaji latar belakang dan landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif, penjabarannya dalam pola umum/alur penelitian kualitatif, merumuskan permasalahan penelitian kualitatif, penjabaran masalah menjadi beberapa fokus penelitian,