Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Tanggal Berdiri | : | 1 September 2006 |
Koordinator Program Studi | : | Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang unggul melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Merdeka Belajar
Semester ke 1
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620604085
Pembelajaran Terpadu
4.00
8620602022
Ilmu Kealaman Dasar
2.00
8620603211
Metodologi Penelitian
3.00
8620602066
Microteaching
2.00
8620603208
Pembelajaran Matematika Di Sd
3.00
8620602114
Pendidikan Prakarya
2.00
8620602115
Pendidikan Seni Musik
2.00
8620603207
Pengembangan Bahan Ajar Ppkn Sd
3.00
8620603206
Pengembangan Dimensi Ips Sd
3.00
8620602188
Seminar
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602007
Bahasa Daerah
2.00
8620602013
Bimbingan Di Sd
2.00
8620602202
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran
2.00
1000003068
Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program
3.00
1000004066
Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat
4.00
1000004067
Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
4.00
1000003069
Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program
3.00
1000003070
Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan
3.00
1000003065
Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program
3.00
8620602173
Statistik
2.00
8620602006
Apresiasi Sastra
2.00
8620603263
Inovasi Pembelajaran Ips Sd
3.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8620603198
Konsep Dasar Ipa
3.00
8620603199
Pendidikan Seni Rupa Dan Prakarya
3.00
8620602201
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620604215
Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut Sd
4.00
8620604141
Pengembangan Seni Untuk Anak 5* (Mendongeng)
4.00
1000002176
Kewirausahaan
2.00
8620601057
Magang 3
1.00
8620602064
Media Pembelajaran Di Sd
2.00
8620604125
Pengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak*
4.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620603084
Pembelajaran Ppkn Sd
3.00
8620603234
Pengembangan Seni Musik Untuk Anak
3.00
8620603237
Pengembangan Seni Rupa Untuk Anak
3.00
8620603247
Literasi Berimbang
3.00
8620603257
Pembelajaran Ipa Sd
3.00
8620603260
Pendidikan Steam Di Sd
3.00
8620603262
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd
3.00
8620603255
Rme Berbasis Etnomatematika Di Sd
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620604140
Pengembangan Seni Untuk Anak 4* (Rupa)
4.00
8620604128
Pengembangan Olahraga Untuk Anak 1* (Aerobik)
4.00
8620604134
Pengembangan Seni Untuk Anak 1* (Musik)
4.00
8620604136
Pengembangan Seni Untuk Anak 2* (Tari)
4.00
8620604137
Pengembangan Seni Untuk Anak 3* (Drama)
4.00
8620604204
Pengenalan Lapangan Persekolahan
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620603245
Pengembangan Pembelajaran Ips Sd Berbasis Diferensiasi
3.00
1000002104
Seminar Proposal Tugas Akhir
2.00
8620604266
Skripsi
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604085 | Pembelajaran Terpadu | 4.00 | |
8620602022 | Ilmu Kealaman Dasar | 2.00 | |
8620603211 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
8620602066 | Microteaching | 2.00 | |
8620603208 | Pembelajaran Matematika Di Sd | 3.00 | |
8620602114 | Pendidikan Prakarya | 2.00 | |
8620602115 | Pendidikan Seni Musik | 2.00 | |
8620603207 | Pengembangan Bahan Ajar Ppkn Sd | 3.00 | |
8620603206 | Pengembangan Dimensi Ips Sd | 3.00 | |
8620602188 | Seminar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602007 | Bahasa Daerah | 2.00 | |
8620602013 | Bimbingan Di Sd | 2.00 | |
8620602202 | Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
1000003068 | Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program | 3.00 | |
1000004066 | Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat | 4.00 | |
1000004067 | Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program | 4.00 | |
1000003069 | Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program | 3.00 | |
1000003070 | Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan | 3.00 | |
1000003065 | Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program | 3.00 | |
8620602173 | Statistik | 2.00 | |
8620602006 | Apresiasi Sastra | 2.00 | |
8620603263 | Inovasi Pembelajaran Ips Sd | 3.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8620603198 | Konsep Dasar Ipa | 3.00 | |
8620603199 | Pendidikan Seni Rupa Dan Prakarya | 3.00 | |
8620602201 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604215 | Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut Sd | 4.00 | |
8620604141 | Pengembangan Seni Untuk Anak 5* (Mendongeng) | 4.00 | |
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 | |
8620601057 | Magang 3 | 1.00 | |
8620602064 | Media Pembelajaran Di Sd | 2.00 | |
8620604125 | Pengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak* | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620603084 | Pembelajaran Ppkn Sd | 3.00 | |
8620603234 | Pengembangan Seni Musik Untuk Anak | 3.00 | |
8620603237 | Pengembangan Seni Rupa Untuk Anak | 3.00 | |
8620603247 | Literasi Berimbang | 3.00 | |
8620603257 | Pembelajaran Ipa Sd | 3.00 | |
8620603260 | Pendidikan Steam Di Sd | 3.00 | |
8620603262 | Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd | 3.00 | |
8620603255 | Rme Berbasis Etnomatematika Di Sd | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604140 | Pengembangan Seni Untuk Anak 4* (Rupa) | 4.00 | |
8620604128 | Pengembangan Olahraga Untuk Anak 1* (Aerobik) | 4.00 | |
8620604134 | Pengembangan Seni Untuk Anak 1* (Musik) | 4.00 | |
8620604136 | Pengembangan Seni Untuk Anak 2* (Tari) | 4.00 | |
8620604137 | Pengembangan Seni Untuk Anak 3* (Drama) | 4.00 | |
8620604204 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620603245 | Pengembangan Pembelajaran Ips Sd Berbasis Diferensiasi | 3.00 | |
1000002104 | Seminar Proposal Tugas Akhir | 2.00 | |
8620604266 | Skripsi | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
STATISTIK | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Basic English | 2 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Konsep Dasar IPA | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Bilangan dan Pengolahan Data | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Pendidikan seni rupa dan Prakarya | 3 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | |||||||
Listening and Speaking for Primary School | 3 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* | 4 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Pendidikan Seni Musik | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Kewirausahaan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Bimbingan Di Sd | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
Pendidikan Inklusif | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Apresiasi sastra | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Kurikulum Sekolah Dasar | 2 | 71.43% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Pendidikan STEAM di SD | 3 | 44.44% | 11.11% | 44.44% | 99.99 % | ||||||||
Literasi Berimbang | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Konsep Dasar IPS SD | 3 | 3.03% | 30.3% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pendidikan Karakter | 2 | 7.69% | 7.69% | 46.15% | 15.38% | 23.08% | 99.99 % | ||||||
Kajian Kebahasaan | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Dimensi IPS SD | 3 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Pembelajaran Matematika di SD | 3 | 15.38% | 15.38% | 15.38% | 23.08% | 15.38% | 15.38% | 99.98 % | |||||
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia | 3 | 14.29% | 21.43% | 28.57% | 35.71% | 100 % | |||||||
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Inovasi Pembelajaran IPS SD | 3 | 10% | 20% | 20% | 30% | 10% | 10% | 100 % | |||||
RME Berbasis Etnomatematika di SD | 3 | 16.67% | 25% | 25% | 33.33% | 100 % | |||||||
Pengembangan seni rupa untuk anak | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran IPA SD | 3 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||
Evaluasi Pembelajaran | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Reading, Writing and Dictation for Primary School | 3 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Etnosains di SD | 3 | 50% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Inovasi Media Pembelajaran di SD | 2 | 13.33% | 6.67% | 20% | 26.67% | 20% | 13.33% | 100 % | |||||
Keterampilan Berpikir Matematis | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved