Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Tanggal Berdiri | : | 1 September 2006 |
Koordinator Program Studi | : | Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang unggul melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602005
Aplikasi Komputer
2.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
8620603012
Bilangan Dan Pengolahan Data
3.00
8620602015
Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan
2.00
8620603248
Etnosains Di Sd
3.00
8620602205
Geometri Dan Pengukuran
2.00
8620603025
Kajian Kebahasa An
3.00
8620603042
Konsep Dasar Ips
3.00
8620603195
Konsep Dasar Ips Sd
3.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8620602163
Sastra Anak
2.00
8620603166
Sosio-Antropologi Pendidikan
3.00
8620603049
Konsep Dasar Ppkn
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602006
Apresiasi Sastra
2.00
8620602007
Bahasa Daerah
2.00
8620602013
Bimbingan Di Sd
2.00
8620602202
Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran
2.00
8620603198
Konsep Dasar Ipa
3.00
8620603247
Literasi Berimbang
3.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8620602097
Pendidikan Inklusif
2.00
8620603199
Pendidikan Seni Rupa Dan Prakarya
3.00
8620602201
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8620602173
Statistik
2.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8620602086
Pembelajaran Terpadu
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620603187
Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran Di Sd
3.00
8620602020
Filsafat Pendidikan
2.00
8620603063
Media Pembelajaran Di Sd
3.00
8620602076
Pembelajaran Bahasaindonesia Kelas Lanjut
2.00
8620602078
Pembelajaran Dikjas Di Sd
2.00
8620604099
Pendidikan Ipa Sd
4.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620603238
Pengembangan Seni Drama Untuk Anak
3.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620603183
Kuliah Kerja Nyata (Kkn)
3.00
8620604125
Pengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak*
4.00
8620602127
Pengembangan Moral Agama*
2.00
8620604128
Pengembangan Olahraga Untuk Anak 1* (Aerobik)
4.00
8620604130
Pengembangan Olahraga Untuk Anak 2* (Renang)
4.00
8620604134
Pengembangan Seni Untuk Anak 1* (Musik)
4.00
8620604136
Pengembangan Seni Untuk Anak 2* (Tari)
4.00
8620604137
Pengembangan Seni Untuk Anak 3* (Drama)
4.00
8620604140
Pengembangan Seni Untuk Anak 4* (Rupa)
4.00
8620604141
Pengembangan Seni Untuk Anak 5* (Mendongeng)
4.00
8620602142
Pengemb Pemb Bhs&sastra Ind Sd
2.00
8620604204
Pengenalan Lapangan Persekolahan
4.00
8620606164
Skripsi
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602005 | Aplikasi Komputer | 2.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
8620603012 | Bilangan Dan Pengolahan Data | 3.00 | |
8620602015 | Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan | 2.00 | |
8620603248 | Etnosains Di Sd | 3.00 | |
8620602205 | Geometri Dan Pengukuran | 2.00 | |
8620603025 | Kajian Kebahasa An | 3.00 | |
8620603042 | Konsep Dasar Ips | 3.00 | |
8620603195 | Konsep Dasar Ips Sd | 3.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8620602163 | Sastra Anak | 2.00 | |
8620603166 | Sosio-Antropologi Pendidikan | 3.00 | |
8620603049 | Konsep Dasar Ppkn | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602006 | Apresiasi Sastra | 2.00 | |
8620602007 | Bahasa Daerah | 2.00 | |
8620602013 | Bimbingan Di Sd | 2.00 | |
8620602202 | Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran | 2.00 | |
8620603198 | Konsep Dasar Ipa | 3.00 | |
8620603247 | Literasi Berimbang | 3.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8620602097 | Pendidikan Inklusif | 2.00 | |
8620603199 | Pendidikan Seni Rupa Dan Prakarya | 3.00 | |
8620602201 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8620602173 | Statistik | 2.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8620602086 | Pembelajaran Terpadu | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620603187 | Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran Di Sd | 3.00 | |
8620602020 | Filsafat Pendidikan | 2.00 | |
8620603063 | Media Pembelajaran Di Sd | 3.00 | |
8620602076 | Pembelajaran Bahasaindonesia Kelas Lanjut | 2.00 | |
8620602078 | Pembelajaran Dikjas Di Sd | 2.00 | |
8620604099 | Pendidikan Ipa Sd | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620603238 | Pengembangan Seni Drama Untuk Anak | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620603183 | Kuliah Kerja Nyata (Kkn) | 3.00 | |
8620604125 | Pengembangan Bahasa Inggris Untuk Anak* | 4.00 | |
8620602127 | Pengembangan Moral Agama* | 2.00 | |
8620604128 | Pengembangan Olahraga Untuk Anak 1* (Aerobik) | 4.00 | |
8620604130 | Pengembangan Olahraga Untuk Anak 2* (Renang) | 4.00 | |
8620604134 | Pengembangan Seni Untuk Anak 1* (Musik) | 4.00 | |
8620604136 | Pengembangan Seni Untuk Anak 2* (Tari) | 4.00 | |
8620604137 | Pengembangan Seni Untuk Anak 3* (Drama) | 4.00 | |
8620604140 | Pengembangan Seni Untuk Anak 4* (Rupa) | 4.00 | |
8620604141 | Pengembangan Seni Untuk Anak 5* (Mendongeng) | 4.00 | |
8620602142 | Pengemb Pemb Bhs&sastra Ind Sd | 2.00 | |
8620604204 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | 4.00 | |
8620606164 | Skripsi | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
STATISTIK | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Basic English | 2 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Konsep Dasar IPA | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Bilangan dan Pengolahan Data | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Pendidikan seni rupa dan Prakarya | 3 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | |||||||
Listening and Speaking for Primary School | 3 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* | 4 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Pendidikan Seni Musik | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Kewirausahaan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Bimbingan Di Sd | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
Pendidikan Inklusif | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Apresiasi sastra | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Kurikulum Sekolah Dasar | 2 | 71.43% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Pendidikan STEAM di SD | 3 | 44.44% | 11.11% | 44.44% | 99.99 % | ||||||||
Literasi Berimbang | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Konsep Dasar IPS SD | 3 | 3.03% | 30.3% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pendidikan Karakter | 2 | 7.69% | 7.69% | 46.15% | 15.38% | 23.08% | 99.99 % | ||||||
Kajian Kebahasaan | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Dimensi IPS SD | 3 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Pembelajaran Matematika di SD | 3 | 15.38% | 15.38% | 15.38% | 23.08% | 15.38% | 15.38% | 99.98 % | |||||
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia | 3 | 14.29% | 21.43% | 28.57% | 35.71% | 100 % | |||||||
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Inovasi Pembelajaran IPS SD | 3 | 10% | 20% | 20% | 30% | 10% | 10% | 100 % | |||||
RME Berbasis Etnomatematika di SD | 3 | 16.67% | 25% | 25% | 33.33% | 100 % | |||||||
Pengembangan seni rupa untuk anak | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran IPA SD | 3 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||
Evaluasi Pembelajaran | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Reading, Writing and Dictation for Primary School | 3 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Etnosains di SD | 3 | 50% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Inovasi Media Pembelajaran di SD | 2 | 13.33% | 6.67% | 20% | 26.67% | 20% | 13.33% | 100 % | |||||
Keterampilan Berpikir Matematis | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved