•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tanggal Berdiri  :  1 September 2006
Koordinator Program Studi  :  Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang unggul melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.


Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

CPL-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

CPL-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

CPL-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

CPL-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

CPL-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif

  • Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti

    Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  • Edupreneur

    Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh

     


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602005 Aplikasi Komputer 2.00
1000002177 Bahasa Inggris 2.00
8620603012 Bilangan Dan Pengolahan Data 3.00
8620602015 Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan 2.00
8620603248 Etnosains Di Sd 3.00
8620602205 Geometri Dan Pengukuran 2.00
8620603025 Kajian Kebahasa An 3.00
8620603042 Konsep Dasar Ips 3.00
8620603195 Konsep Dasar Ips Sd 3.00
1000002039 Psikologi Pendidikan 2.00
8620602163 Sastra Anak 2.00
8620603166 Sosio-Antropologi Pendidikan 3.00
8620603049 Konsep Dasar Ppkn 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602006 Apresiasi Sastra 2.00
8620602007 Bahasa Daerah 2.00
8620602013 Bimbingan Di Sd 2.00
8620602202 Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran 2.00
8620603198 Konsep Dasar Ipa 3.00
8620603247 Literasi Berimbang 3.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
8620602097 Pendidikan Inklusif 2.00
8620603199 Pendidikan Seni Rupa Dan Prakarya 3.00
8620602201 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8620602173 Statistik 2.00
1000002033 Kewarganegaraan 2.00
8620602086 Pembelajaran Terpadu 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620603187 Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran Di Sd 3.00
8620602020 Filsafat Pendidikan 2.00
8620603063 Media Pembelajaran Di Sd 3.00
8620602076 Pembelajaran Bahasaindonesia Kelas Lanjut 2.00
8620602078 Pembelajaran Dikjas Di Sd 2.00
8620604099 Pendidikan Ipa Sd 4.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620603238 Pengembangan Seni Drama Untuk Anak 3.00

Semester ke 7

Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
STATISTIK 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Basic English 2 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Konsep Dasar IPA 3 50% 33.33% 16.67% 100 %
Bilangan dan Pengolahan Data 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Pendidikan seni rupa dan Prakarya 3 18.18% 18.18% 27.27% 36.36% 99.99 %
Listening and Speaking for Primary School 3 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* 4 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Pendidikan Seni Musik 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Kewirausahaan 2 50% 50% 100 %
Bimbingan Di Sd 2 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Pendidikan Inklusif 2 100% 100 %
Apresiasi sastra 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Kurikulum Sekolah Dasar 2 71.43% 28.57% 100 %
Pendidikan STEAM di SD 3 44.44% 11.11% 44.44% 99.99 %
Literasi Berimbang 3 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Konsep Dasar IPS SD 3 3.03% 30.3% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pendidikan Karakter 2 7.69% 7.69% 46.15% 15.38% 23.08% 99.99 %
Kajian Kebahasaan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Geometri dan Pengukuran 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Pengembangan Dimensi IPS SD 3 20% 20% 40% 20% 100 %
Metodologi Penelitian 3 33.33% 16.67% 50% 100 %
Pembelajaran Matematika di SD 3 15.38% 15.38% 15.38% 23.08% 15.38% 15.38% 99.98 %
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia 3 14.29% 21.43% 28.57% 35.71% 100 %
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Inovasi Pembelajaran IPS SD 3 10% 20% 20% 30% 10% 10% 100 %
RME Berbasis Etnomatematika di SD 3 16.67% 25% 25% 33.33% 100 %
Pengembangan seni rupa untuk anak 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran IPA SD 3 25% 33.33% 41.67% 100 %
Evaluasi Pembelajaran 2 37.5% 25% 37.5% 100 %
Reading, Writing and Dictation for Primary School 3 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Etnosains di SD 3 50% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Inovasi Media Pembelajaran di SD 2 13.33% 6.67% 20% 26.67% 20% 13.33% 100 %
Keterampilan Berpikir Matematis 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.