•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tanggal Berdiri  :  1 September 2006
Koordinator Program Studi  :  Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang unggul melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.


Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

CPL-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

CPL-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

CPL-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

CPL-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

CPL-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif

  • Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti

    Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  • Edupreneur

    Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh

     


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602161 Psikologi Umum 2.00
8620603169 Sosiologi Antropologi Pendidikan 3.00
8620603052 Landasan Kependidikan 3.00
8620602010 Bahasa Inggris I 2.00
8620603026 Kajian Kebahasan 3.00
8620603042 Konsep Dasar Ips 3.00
8620602027 Kajian Kebasaan 2.00
8620602028 Kajian Kesastraan 2.00
8620603047 Konsep Dasar Pkn 1 3.00
8620603043 Konsep Dasar Ips 1 3.00
8620602060 Matematika I 2.00
8620604122 Pengantar Ilmu Pendidikan 4.00
8620602149 Perkemb. Dan Belajar Peserta Didik 2.00
8620602124 Pengantar Komputer 2.00
8620603154 Ppkn 3.00
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
8620604035 Konsep Dasar Ipa 1 4.00
8620602061 Matematika Ii 2.00
8620603048 Konsep Dasar Pkn 2 3.00
8620602011 Bahasa Inggris Ii 2.00
8620602005 Aplikasi Komputer 2.00
8620603044 Konsep Dasar Ips 2 3.00
8620603096 Pendidikan Bhs. Dan Sastra Ind. Kls Awal Sd 3.00
8620602174 Strategi Pembelajaran 2.00
8620603198 Konsep Dasar Ipa 3.00
8620606164 Skripsi 6.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000003040 Psikologi Pendidikan 3.00
8620602064 Media Pembelajaran Di Sd 2.00
8620602062 Matematika Iii 2.00
8620602058 Manajemen Pendidikan 2.00
8620602017 Evaluasi Pembelajaran 2.00
8620604036 Konsep Dasar Ipa 2 4.00
8620603092 Pend.bhs&sastra Ind Kls Tinggi Sd 3.00
8620603157 Ppkn Sd Kls Awal 3.00
8620602177 Teori Pembelajaran 2.00
8620602165 Sos. Antropologi Pendidikan 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602037 Konsep Dasar Ipa 3 2.00
8620603018 Evaluasi Pendidikan 3.00
8620602013 Bimbingan Di Sd 2.00
8620603109 Pendidikan Matematika 1 3.00
8620602120 Pendidikan Seni Tari Dan Drama 2.00
8620603156 Ppkn Kelas Lanjut 3.00
8620602116 Pendidikan Seni Musik 1 2.00
8620603104 Pendidikan Ips Sd 3.00
8620603171 Statistik 3.00
8620603083 Pembelajaran Pkn Sd 3.00
8620602121 Pengantar Filsafat Pendidikan 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602178 Toefl Preparation 2.00
8620602007 Bahasa Daerah 2.00
8620604065 Metodologi Penelitian 4.00
8620602069 Model Pembelajaran Ipa 2.00
8620604099 Pendidikan Ipa Sd 4.00
8620603110 Pendidikan Matematika 2 3.00
8620602118 Pendidikan Seni Rupa 2.00
8620603102 Pendidikan Ips Kelas Awal 3.00
8620603081 Pembelajaran Ips Sd 3.00
8620602072 Ortopedagogik 2.00
8620602150 Perncanaan Pembelajaran 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602067 Microteaching 2.00
8620602108 Pendidikan Keterampilan Kerajinan 2.00
8620602068 Model Pembelajaran Bhs. Ind. Di Sd 2.00
8620603103 Pendidikan Ips Kelas Lanjut 3.00
8620602086 Pembelajaran Terpadu 2.00
8620602097 Pendidikan Inklusif 2.00
8620603160 Program Pengelolaan Pembelajaran 3.00
8620602151 Perspektif Global 2.00
8620602106 Pendidikan Kerajinan Tangan 2.00
8620603111 Pendidikan Matematika 3 3.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602022 Ilmu Kealaman Dasar 2.00
8620602180 Filsafat Ilmu 2.00
8620602031 Keterampilan Bersastra 2.00
8620602003 Ansambel Musik 2.00
8620602029 Kapita Selekta Agama 2.00
8620603186 Pend.bhs&sastra Ind Kls Lanjut Sd 3.00
8620602159 Ppl Ii 2.00
8620602126 Pengembangan Drama Di Sd 2.00
8620604204 Pengenalan Lapangan Persekolahan 4.00
1000002176 Kewirausahaan 2.00
1000002177 Bahasa Inggris 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620603183 Kuliah Kerja Nyata (Kkn) 3.00
1000002033 Kewarganegaraan 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
STATISTIK 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Basic English 2 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Konsep Dasar IPA 3 50% 33.33% 16.67% 100 %
Bilangan dan Pengolahan Data 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Pendidikan seni rupa dan Prakarya 3 18.18% 18.18% 27.27% 36.36% 99.99 %
Listening and Speaking for Primary School 3 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* 4 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Pendidikan Seni Musik 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Kewirausahaan 2 50% 50% 100 %
Bimbingan Di Sd 2 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Pendidikan Inklusif 2 100% 100 %
Apresiasi sastra 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Kurikulum Sekolah Dasar 2 71.43% 28.57% 100 %
Pendidikan STEAM di SD 3 44.44% 11.11% 44.44% 99.99 %
Literasi Berimbang 3 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Konsep Dasar IPS SD 3 3.03% 30.3% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pendidikan Karakter 2 7.69% 7.69% 46.15% 15.38% 23.08% 99.99 %
Kajian Kebahasaan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Geometri dan Pengukuran 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Pengembangan Dimensi IPS SD 3 20% 20% 40% 20% 100 %
Metodologi Penelitian 3 33.33% 16.67% 50% 100 %
Pembelajaran Matematika di SD 3 15.38% 15.38% 15.38% 23.08% 15.38% 15.38% 99.98 %
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia 3 14.29% 21.43% 28.57% 35.71% 100 %
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Inovasi Pembelajaran IPS SD 3 10% 20% 20% 30% 10% 10% 100 %
RME Berbasis Etnomatematika di SD 3 16.67% 25% 25% 33.33% 100 %
Pengembangan seni rupa untuk anak 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran IPA SD 3 25% 33.33% 41.67% 100 %
Evaluasi Pembelajaran 2 37.5% 25% 37.5% 100 %
Reading, Writing and Dictation for Primary School 3 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Etnosains di SD 3 50% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Inovasi Media Pembelajaran di SD 2 13.33% 6.67% 20% 26.67% 20% 13.33% 100 %
Keterampilan Berpikir Matematis 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.