Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Sains Unesa
Study Program | : | Natural Science Education |
Establishment Date | : | 2 April 2007 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Sains
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Pada tahun 2030, menjadi penyelenggara pendidikan sains yang unggul di tingkat ASEAN bercirikan inovasi pembelajaran berbasis jiwa kewirausahaan (sains edu-preneurship) dan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan sains.Misi
- a. Menyelenggarakan pendidikan magister yang berorientasi pada pengembangan inovasi pembelajaran sains berbasis jiwa kewirausahaan (sains edu-preneurship) dan pengembangan keilmuan bidang pendidikan sains dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan karakter.
- b. Mengelola penelitian untuk memecahkan masalah pendidikan sains dengan pendekatan multi dan interdisipliner sehingga menghasilkan karya inovatif yang teruji serta mendapat pengakuan tingkat nasional maupun internasional.
- c. Menyebarluaskan hasil pengembangan inovasi pembelajaran dan pengembangan keilmuan pendidikan sains melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penyelenggaraan forum ilmiah baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
- d. Membangun jejaring kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya mendukung peningkatan mutu akademik program studi.
Tujuan
- a. Mampu mengelola riset pendidikan Sains dan pengembangannya untuk memecahkan permasalahan pendidikan yang berkembang di masyarakat melalui pendekatan multi maupun interdisipliner (Akademik).
- b. Mampu mengembangkan IPTEKS dalam bidang keilmuan Pendidikan Sains dan praktek profesionalnya berbasis riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, utamanya pengembangan perangkat pembelajaran IPA serta mendapat pengakuan tingkat nasional maupun internasional (Profesional).
- c. Mampu membangun jejaring kerjasama yang saling menguntungkan dalam mengimplementasikan IPTEKS dalam bidang pendidikan sains dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional (Sosial).
Nilai_dasar
- 1. Pancasila
- 2. Ilmiah
- 3. Sains Edu-Preneurship
- 4. Inklusif
- 5. Sains untuk Pembangunan berkelanjutan
Capaian Lulusan Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
- Akademisi, Guru, Dosen, Konsultan pendidikan, Peneliti, dan Pengembang keilmuan.
- Menguasai teori pedagogi dan andragogi bidang pendidikan IPA berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) dan metodologi penelitian serta secara kreatif dan inovatif menggunakannya untuk menyelesaikan masalah bidang Pendidikan IPA/Sains baik secara multi maupun interdisipliner.
- Terampil berkomunikasi dalam keilmuannya di tingkat nasional maupun internasional.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri pada bidang keilmuannya secara terus menerus dan berkelanjutan.
- Menjadi pelopor dan agen perubahan dalam pendidikan IPA di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
- Memiliki karakter jujur, mandiri, peduli, tangguh, dan berjiwa pemimpin dan memiliki kemampuan mengembangkan diri secara terus menerus.
Struktur Kurikulum Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S2 Pendidikan Sains 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8410102232
Analysis Of The Philosophy Of Science Education Analysis Of The Philosophy Of Science Education
2.00
8410102239
Biomechanics And Electricity
2.00
8410103249
3.00
8410102236
Energy And Life
2.00
8410102240
Ethno Pedagogy Of Science Education
2.00
8410102246
2.00
8410102247
2.00
8410103234
Interdisciplinary Science Studies In Learning
3.00
8410102245
Study Of Learning Theory In Science Learning Models
2.00
8410102241
Entrepreneurship In Science Education
2.00
8410102244
Digital Science Literacy
2.00
8410103233
Science Education Research Methodology
3.00
8410103248
3.00
8410102243
Science Education For Sustainable Development
2.00
8410102252
2.00
8410102235
Tpack Development In School Science Learning
2.00
8410103250
3.00
8410104251
4.00
8410102253
2.00
8410102238
Statistics In Educational Research
2.00
8410102242
Steam And The Latest Issues In Science Education
2.00
8410102228
Field Study
2.00
8410107254
7.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8410102232 | Analysis Of The Philosophy Of Science Education Analysis Of The Philosophy Of Science Education | 2.00 | |
8410102239 | Biomechanics And Electricity | 2.00 | |
8410103249 | 3.00 | ||
8410102236 | Energy And Life | 2.00 | |
8410102240 | Ethno Pedagogy Of Science Education | 2.00 | |
8410102246 | 2.00 | ||
8410102247 | 2.00 | ||
8410103234 | Interdisciplinary Science Studies In Learning | 3.00 | |
8410102245 | Study Of Learning Theory In Science Learning Models | 2.00 | |
8410102241 | Entrepreneurship In Science Education | 2.00 | |
8410102244 | Digital Science Literacy | 2.00 | |
8410103233 | Science Education Research Methodology | 3.00 | |
8410103248 | 3.00 | ||
8410102243 | Science Education For Sustainable Development | 2.00 | |
8410102252 | 2.00 | ||
8410102235 | Tpack Development In School Science Learning | 2.00 | |
8410103250 | 3.00 | ||
8410104251 | 4.00 | ||
8410102253 | 2.00 | ||
8410102238 | Statistics In Educational Research | 2.00 | |
8410102242 | Steam And The Latest Issues In Science Education | 2.00 | |
8410102228 | Field Study | 2.00 | |
8410107254 | 7.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi Rekap PLO Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
Field Study | 2 | 18.18% | 36.36% | 9.09% | 36.36% | 99.99 % | |||||
Scientific Publication | 2 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||
Digital Science Literacy | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Steam Education | 2 | 2.78% | 33.33% | 38.89% | 19.44% | 5.56% | 100 % | ||||
Research Methodology | 3 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||
Statistics | 2 | 50% | 40% | 10% | 100 % | ||||||
Science Study 2 | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Advanced Learning Theory | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Development of Integrated Science Learning | 3 | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 99.99 % | |||||
Field Study | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Analysis of the Philosophy of Science Education Analysis of the Philosophy of Science Education | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||
Interdisciplinary Science Studies in Learning | 3 | 20% | 30% | 30% | 20% | 100 % | |||||
Tpack Development in School Science Learning | 2 | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 22.22% | 99.99 % | |||||
Energy and Life | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Biomechanics and Electricity | 2 | 33.33% | 27.78% | 11.11% | 27.78% | 100 % | |||||
Ethno Pedagogy of Science Education | 2 | 16.28% | 15.12% | 18.6% | 18.6% | 12.79% | 10.47% | 8.14% | 100 % | ||
Entrepreneurship in Science Education | 2 | 30% | 10% | 50% | 10% | 100 % | |||||
Steam and the Latest Issues in Science Education | 2 | 26.32% | 21.05% | 10.53% | 15.79% | 26.32% | 100 % | ||||
Science Education for Sustainable Development | 2 | 12.5% | 37.5% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Digital Science Literacy | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Study of Learning Theory in Science Learning Models | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Natural Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved