CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA.
CPL-6 Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.
CPL-7 Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
CPL-8 Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif.
CPL-9 Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep etno-pedagogi dalam perancangan kurikulum pendidikan IPA yang inovatif dan adaptif terhadap kearifan lokal (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan mengintegrasikan teori pedagogi, andragogi, dan hutagogi dalam pengembangan materi pembelajaran IPA yang sesuai dengan kerangka TPACK (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas penerapan etno-pedagogi dalam pembelajaran IPA dan mengusulkan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi (C5)
CPMK-4 Menciptakan metode pembelajaran IPA yang menggabungkan prinsip etno-pedagogi dengan teknologi terkini untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa (C6)
CPMK-5 Menerapkan filsafat pendidikan IPA berbasis etno-pedagogi untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal dan global (C3)
CPMK-6 Menganalisis dampak penerapan etno-pedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan IPA (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi dan menyempurnakan perangkat pembelajaran IPA yang telah dikembangkan dengan pendekatan etno-pedagogi untuk memastikan kesesuaian dengan SDGs (C5)
CPMK-8 Menciptakan karya ilmiah dalam bidang pendidikan IPA yang mengintegrasikan etno-pedagogi, dipublikasikan pada jurnal internasional (C6)
CPMK-9 Menerapkan prinsip kolaboratif dan adaptif dalam pengembangan dan implementasi etno-pedagogi di lingkungan pendidikan yang beragam (C3)
CPMK-10 Menganalisis peran etno-pedagogi dalam memperkuat karakter siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat dalam konteks pendidikan IPA (C4)
CPMK-11 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPMK-12 Menerapkan konsep etno-pedagogi dalam desain kurikulum pendidikan sains untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif dan adaptif (C3)
CPMK-13 Menganalisis dan mengintegrasikan teori pedagogi, andragogi, dan hutagogi dalam pengembangan materi pembelajaran sains yang berbasis etno-pedagogi (C4)
CPMK-14 Mengevaluasi efektivitas penggunaan etno-pedagogi dalam pembelajaran sains berdasarkan kriteria pedagogis dan kultural (C5)
CPMK-15 Menciptakan metode penelitian inovatif yang menggabungkan etno-pedagogi dengan pendekatan multi dan interdisipliner dalam pendidikan sains (C6)
CPMK-16 Menerapkan prinsip-prinsip etno-pedagogi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pendidikan sains (C3)
CPMK-17 Menganalisis dampak penerapan etno-pedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan sains (C4)
CPMK-18 Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pembelajaran sains yang berbasis etno-pedagogi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C5)
CPMK-19 Menciptakan kerangka kerja baru untuk integrasi etno-pedagogi dalam teknologi pembelajaran sains (C6)
CPMK-20 Menerapkan pendekatan etno-pedagogi dalam penilaian pembelajaran sains untuk mengakomodasi keberagaman budaya siswa (C3)
CPMK-21 Menganalisis peran etno-pedagogi dalam pengembangan karakter siswa seperti kolaboratif, adaptif, dan inovatif dalam konteks pendidikan sains (C4)