Mata kuliah ini membahas tentang gangguan di tahap perkembangan anak dan remaja yang dibahas menurut DSM 5 dan DSM 5 Revisi meliputi gangguan neurokognisi, gangguan emosi-perilaku, gangguan
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak belajar Memahami Gangguan perkembangan anak dan remaja
Date 6 September 2023
Pertemuan 2
Teori Perkembangan Psikoseksual dan Psikososil
Date 13 September 2023
Pertemuan 3
Teori Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Date 20 September 2023
Pertemuan 4
Teori Behavioral, Etologi dan Ekologi
Date 27 September 2023
Pertemuan 5
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif masa embrio dan gangguan perkembangan
Date 4 Oktober 2023
Pertemuan 6
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif, dan sosial emosional pada masa bayi dan gangguan perkembangan
Date 11 Oktober 2023
Pertemuan 7
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa usia dini dan gangguan perkembangan
Date 18 Oktober 2023
Pertemuan 8
Konsep tugas dan tahapan aspek emosional & sosial AUD dan gangguan perkembangan
Date 25 Oktober 2023
Pertemuan 9
UTS
Date 1 November 2023
Pertemuan 10
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik dan emosional masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 8 November 2023
Pertemuan 11
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan kognitif dan sosial masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 15 November 2023
Pertemuan 12
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 22 November 2023
Pertemuan 13
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 29 November 2023
Pertemuan 14
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan sosial emosional masa remaja dan gangguan perkembangan
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar difusi inovasi, karakteristik dan atribut inovasi, proses adopsi inovasi, proses keputusan adopsi, dan agen pembaharu dalam proses adopsi inovasi
Mata kuliah ini bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan tentang pengelolaan /pembelajaran dan melakukan asesmen untuk anak usia dini sesuai dengan kurikulum
Matakuliah ini mengkaji tentang prinsip-prinsip desain pesan, macam-macam simbol pesan (visual, audio, audio-visual) dan bagaimana merancang pesan agar pesan dapat diterima sesuai dengan tujuan dan