Mata kuliah ini membahas tentang gangguan di tahap perkembangan anak dan remaja yang dibahas menurut DSM 5 dan DSM 5 Revisi meliputi gangguan neurokognisi, gangguan emosi-perilaku, gangguan
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak belajar Memahami Gangguan perkembangan anak dan remaja
Date 28 Agustus 2023
Pertemuan 2
Teori Perkembangan Psikoseksual dan Psikososil
Date 4 September 2023
Pertemuan 3
Teori Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Date 11 September 2023
Pertemuan 4
Teori Behavioral, Etologi dan Ekologi
Date 18 September 2023
Pertemuan 5
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif masa embrio dan gangguan perkembangan
Date 25 September 2023
Pertemuan 6
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif, dan sosial emosional pada masa bayi dan gangguan perkembangan
Date 2 Oktober 2023
Pertemuan 7
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa usia dini dan gangguan perkembangan
Date 9 Oktober 2023
Pertemuan 8
Konsep tugas dan tahapan aspek emosional & sosial AUD dan gangguan perkembangan
Date 16 Oktober 2023
Pertemuan 9
UTS
Date 23 Oktober 2023
Pertemuan 10
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik dan emosional masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 30 Oktober 2023
Pertemuan 11
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan kognitif dan sosial masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 6 November 2023
Pertemuan 12
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 13 November 2023
Pertemuan 13
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 20 November 2023
Pertemuan 14
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan sosial emosional masa remaja dan gangguan perkembangan
Mata kuliah ini mengkaji tentang strategi pembelajaran mencakup pendekatan PAUD, model pembelajaran, model pembelajaran PAUD, dan metode pembelajaran yang dibutuhkan dalam pembelajaran di PAUD dengan
Pemahaman teoritis disertai praktik tentang pengembangan media model dan realiai, yakni: dengan mengkaji pengertian, jenis, Karakteristik serta prinsip-prinsip pengembangan model dan realia dalam pembelajaran/pendidikan melalui
Mata kuliah Pendidikan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics ) di SD adalah matakuliah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang salah