This course discusses disorders in the developmental stages of children and adolescents which are discussed according to DSM 5 and DSM 5 Revision including neurocognitive disorders, emotional-behavioral disorders, mental disorders,
Program Objectives (PO)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak belajar Memahami Gangguan perkembangan anak dan remaja
Date 6 September 2023
Pertemuan 2
Teori Perkembangan Psikoseksual dan Psikososil
Date 13 September 2023
Pertemuan 3
Teori Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Date 20 September 2023
Pertemuan 4
Teori Behavioral, Etologi dan Ekologi
Date 27 September 2023
Pertemuan 5
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif masa embrio dan gangguan perkembangan
Date 4 Oktober 2023
Pertemuan 6
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif, dan sosial emosional pada masa bayi dan gangguan perkembangan
Date 11 Oktober 2023
Pertemuan 7
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa usia dini dan gangguan perkembangan
Date 18 Oktober 2023
Pertemuan 8
Konsep tugas dan tahapan aspek emosional & sosial AUD dan gangguan perkembangan
Date 25 Oktober 2023
Pertemuan 9
UTS
Date 1 November 2023
Pertemuan 10
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik dan emosional masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 8 November 2023
Pertemuan 11
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan kognitif dan sosial masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 15 November 2023
Pertemuan 12
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 22 November 2023
Pertemuan 13
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 29 November 2023
Pertemuan 14
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan sosial emosional masa remaja dan gangguan perkembangan
This course discusses the meaning, scope and history of social psychology, social psychology research methods, social perception, social attribution, social cognition, self and social identity,
Providing provisions for the formation of students‘ complete personality (kaffah) by making Islamic teachings the basis for thinking, acting and behaving in their scientific and
Mata kuliah Bahasa Inggris berfokus utama pada pengembangan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, dengan penekanan khusus pada penggunaan Bahasa Inggris dalam lingkungan akademik. Mahasiswa