•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unesa

 
Study Program  :  Bachelor Of English Education
Establishment Date  :  7 November 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Penyelenggara Pendidikan Bahasa Inggris berbasisEnglish for Specific Purposes (ESP) yang menghasilkan course designer yang unggul dan berwawasan global.


Tujuan
  1. Menghasilkan calon pendidik Bahasa Inggris yang profesional, berjiwa mandiri, adaptif, kreatif, inovatif terhadap perubahan zaman yang bersumber pada kearifan lokal.
  2. Terlaksananya penelitian bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang relevan dengan perkembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
  4. Terlaksananya pengelolaan program studi yang transparan, kredibel dan akuntabel
  5. Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga terkait baik dalam negeri maupun luar negeri secara berkelanjutan. Nilai Dasar:

Capaian Lulusan Program Studi Bachelor Of English Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif.

PLO-10 Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Bachelor Of English Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Calon pendidik profesional di bidang ELT
    Menguasai keilmuan pembelajaran bahasa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran bahasa Inggris secara efektif dan komprehensif dan memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat, beretika, adaptif, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya.
  • Desainer program di bidang ELT
    Menguasai keilmuan pembelajaran bahasa untuk menciptakan program pembelajaran bahasa Inggris yang memiliki kemampuan berkembang dan belajar sepanjang hayat, beretika, adaptif, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya.

Struktur Kurikulum Bachelor Of English Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Bahasa Inggris 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
8820305338 Essential Communication Skills 5.00
8820305337 Essential Reading And Writing Skills 5.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
1000002018 Pancasila Education 2.00
8820302282 Principles Of Education 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820305336 Intermediate Communication Skills 5.00
8820305335 Intermediate Reading And Writing Skills 5.00
1000002033 Citizenship 2.00
1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
8820302334 School Curriculum For 21st Century 2.00
8820302333 Theories Of Learning 2.00
1000002003 Indonesian 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820303341 Advanced Communication Skills 3.00
8820302107 Introduction To Linguistics 2.00
8820302110 Introduction To Literature 2.00
8820303339 Research Methods For Elt 3.00
8820302261 Second Language Acquisition 2.00
8820303262 Syllabus Design 2.00
8820304340 Advanced Reading And Writing Skills 4.00
8820302342 Methods And Approaches In Elt 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820302354 Mandarin Language 2.00
8820302343 Developing Materials For Elt 2.00
8820302326 Edupreneurship 2.00
8820304325 English For Academic Purposes 4.00
8820302351 Introduction To International Curriculum 2.00
8820302346 Qualitative Data Analysis In Elt 2.00
8820302344 Testing And Assessment In Elt 2.00
8820302223 Teyl 2.00
8820302353 Japanese Language 2.00
8820302355 German Language 2.00
8820302352 International English Language Tests 2.00
8820302148 Microteaching 2.00
8820302345 Statistics For Research In Elt 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000004066 Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
1000004067 Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
1000003069 Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
1000003070 Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
1000003065 Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00
1000003092 Kkn Kewirausahaan Evaluasi Program 3.00
1000004091 Kkn Kewirausahaan Pelaksanaan Program 4.00
1000003093 Kkn Kewirausahaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003094 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Laporan 3.00
1000004090 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000004073 Kkn Proyek Desa Pelaksanaan Program 4.00
1000003075 Kkn Proyek Desa Pendesiminasian Program 3.00
1000003076 Kkn Proyek Desa Pengembangan Laporan 3.00
1000004072 Kkn Proyek Desa Pengembangan Perangkat 4.00
1000003071 Kkn Proyek Desa Perancangan Program 3.00
1000003080 Kkn Proyek Indpenden Evaluasi Program 3.00
1000004079 Kkn Proyek Indpenden Pelaksanaan Program 4.00
1000003081 Kkn Proyek Indpenden Pendesiminasian Program 3.00
1000003082 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Laporan 3.00
1000004078 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Perangkat 4.00
1000003077 Kkn Proyek Indpenden Perancangan Program 3.00
1000003086 Kkn Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
1000004085 Kkn Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
1000003087 Kkn Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003088 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
1000004084 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000003083 Kkn Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
1000003068 Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program 3.00
8820320296 Kkn Or Other Forms Of 20.00
1000003089 Kkn Kewirausahaan Perancangan Program 3.00
1000003074 Kkn Proyek Desa Evaluasi Program 3.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
MBKM0031 Plp Program Evaluation 2.00
1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
MBKM0032 Plp Program Planning 2.00
1000020155 Final Project Seminar 2.00
1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820302350 Diversity And Inclusion In Elt 2.00
8820303263 Educational Technology In Elt 2.00
8820304347 Esp Course Design 4.00
8820303348 Esp Course Evaluation 3.00
8820303303 Esp Course Management 3.00
8820304322 Esp Teaching 4.00
8820303304 Games Songs And Storytelling 3.00
8820304349 Teaching English Through Literature 4.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000004105 Thesis 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Bachelor Of English Education
Universitas Negeri Surabaya

Kebijakan MBKM yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dimaksudkan untuk menata ulang kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi agar mampu membekali mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh, tanggap menghadapi tantangan zaman yang terus berubah dan berkembang secara cepat. Satu hal yang mencolok dalam kebijakan tersebut adalah kegiatan pembelajaran tidak terbatas di program studi yang dipilihnya, tetapi bisa juga di luar program studi selingkung perguruan tinggi tersebut, atau bahkan di luar kampus, yakni di kampus lain, di dunia usaha dan industri, di pedesaan, atau dunia nyata lainnya. Hasil dari Tracer study juga meberikan masukan untuk perbaikan program studi meliputi:


1. Perlu adanya program kewirausahaan sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan berwirausaha.
2. Perlu adanya program persiapan memasuki dunia kerja sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan bekerja kurang dari 6 bulan.
3. Perlu adanya program sosialisasi pascasarjana dan cara mendapatkan beasiswa pascasarjana sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan studi lanjut

Rekap PLO Program Studi Bachelor Of English Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Elt Method 4 66.67% 33.33% 100 %
Educational Research Methodology 3 100% 100 %
Esp Materials Development 3 50% 50% 100 %
Principles Of Education 2 8.33% 41.67% 50% 100 %
Elt Assessment 2 33.33% 66.67% 100 %
Current Issues And Policies In Education 2 50% 50% 100 %
Elt Method 3 50% 50% 100 %
Essential Communication Skills 5 34.48% 34.48% 31.03% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Bachelor Of English Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum MBKM PS S1 PBI 2020 disusun sesuai kerangka dasar struktur kurikulum yang ditetapkan dari hasil perumusan pertemuan bidang akademik, dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Akademik bersama dengan para Wakil Dekan Bidang Akademik dari setiap fakultas, serta beberapa pihak yang terkait. Kemudian tracer study dan survei pengguna lulusan digunakan sebagai pertimbangan untuk mengembangkan kurikulum baru program studi. Setelah itu, prodi melakukan sanctioning dan uji publik.