Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang filosofi dasar kurikulum, pemahaman tentang kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan dan desain kurikulum, peran guru (tutor) dalam pengembangan kurikulum, model konsep kurikulum, model pengembangan kurikulum pendidikan non-formal, dan evaluasi kurikulum melalui penjelasan, diskusi, presentasi, dan tugas. Indikator penilaian untuk kursus ini adalah kemampuan mahasiswa untuk memahami filosofi dasar kurikulum, pemahaman tentang kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan dan desain kurikulum, serta peran guru (tutor) dalam pengembangan kurikulum. Fokusnya adalah pada pemahaman, analisis, dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan nonformal. Mata kuliah ini mencakup teori dasar pengembangan kurikulum, pendekatan dan model kurikulum, serta penerapan kurikulum dalam konteks pendidikan non-formal seperti pendidikan masyarakat, kursus keterampilan, pelatihan kerja, atau program pemberdayaan masyarakat. Mata kuliah ini memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk dapat merancang kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan sosial dan ekonomi, dan dapat diterapkan di berbagai lingkungan pendidikan nonformal seperti Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan lembaga sejenis.