CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila
CPL-6 Menjadi warga negara yang bangga dan cinta tanah air, menghargai keragaman budaya, bekerja sama, dan memiliki kepekaan diri, sosial, dan lingkungan yang tinggi
CPL-7 Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan
CPL-8 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
CPL-10 Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus
CPL-11 Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu membedakan sastra orang dewasa dan sastra anak, baik terhadap pengarang, sejarah, maupun karya sastra Indonesia secara bertanggung jawab
CPMK-2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan sastra anak di Indonesia
CPMK-3 Mahasiswa mampu menghasilkan cerita anak, artikel apresiasi sastra anak karya anak, dan mendongengkan sastra anak
CPMK-4 Mahasiswa mampu merefleksikan sastra anak bagi diri sendiri dan tugas keahlian di masa depan
CPMK-5 Mahasiswa mampu menghasilkan cerita anak
CPMK-6 Mahasiswa mampu menghasilkan artikel apresiasi sastra anak karya anak
CPMK-7 Mahasiswa mampu mendongengkan sastra anak
CPMK-8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi ragam sastra anak karya orang dewasa
CPMK-9 Mampu menyimpulkan kemanfaatan sastra anak
CPMK-10 Mampu membangun keahlian sastra anak demi perkembangan Indonesia