•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Tanggal Berdiri  :  31 Juli 1984
Koordinator Program Studi  :  Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa menjadi Program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, serta inovatif dalam bidang ilmu bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa secara keilmuan dan praktik pembelajaran yang kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) berdasarkan kearifan lokal dan berwawasan global berbasis kewirausahaan.
  2. Melaksanakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian masyarakat dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan tridarma perguruan tinggi melalui sistem multi kampus secara sinergis, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Unesa dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa. 
  5. Menyelenggarakan kerjasama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan dalam ilmu kependidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa yang berkarakter kolaboratif,  ramah, empatik,  adaptif,  tangguh,  inovatif,  fleksibel (KREATIF) dan berjiwa kewirausahaan;
  2. Menghasilkan inovasi yang berkualitas dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
  3. Menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
  4. Menghasilkan  karya  yang  unggul,  berkualitas,  serta inovatif  dalam  bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa  berbasis  kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
  5. Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan internasional  dalam  menciptakan,  mengembangkan, dan  menyebarluaskan  inovasi  dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menguasai konsep teoritis bahasa, sastra, budaya Jawa serta metode penelitiannya;

CPL-6 Menguasai konsep teoritis pembelajaran bahasa Jawa dengan memanfaatkan teknologi informasi;

CPL-7 Terampil berbahasa Jawa lisan dan tulis dalam aksara Jawa dan Latin sesuai kaidah;
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu mengapresiasi, menilai, dan mencipta karya sastra Jawa modern dan klasik sesuai dengan struktur dan kaidah genre sastra;

CPL-9 Terampil menerapkan konsep budaya berdasarkan pemahaman tradisi Jawa yang berwawasan kearifan lokal;
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu menerapkan teknik penyiaran, penyuntingan, dan jurnalistik dalam bahasa Jawa sesuai kaidah;
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu menerapkan teori pembelajaran bahasa Jawa dengan memanfaatkan teknologi informasi;

CPL-12 Mampu melakukan penelitian bahasa, sastra, budaya Jawa, dan pembelajarannya sesuai dengan konsep metode ilmiah;

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik pemula bahasa Jawa

    Pendidik/guru pemula bahasa Jawa jenjang pendidikan dasar dan menengah (SMA/MA/SMK, SMP/MTs, SD/MI) dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik

  • Asisten peneliti bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa

    Asisten peneliti yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa

  • Praktisi bidang bahasa, sastra, budaya Jawa

    Praktisi bidang bahasa (pewara, penyunting, penyuluh, jurnalis, dll.)


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa 2019

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820202018 Bahasasansekerta 2.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
8820202090 Pengantar Linguistik 2.00
1000002039 Psikologi Pendidikan 2.00
8820202128 Sejarah Sastra Jawa 2.00
8820202132 Seni Karawitan I 2.00
8820202135 Seni Tembang I 2.00
8820202185 Teori Belajar 2.00
1000002177 Bahasa Inggris 2.00
8820202050 Kebudayaan Jawa 2.00
8820202069 Menyimak Jawa 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820202021 Dasar-Dasar Berbicara Jawa 2.00
1000003042 Dasar -Dasar Kependidikan 3.00
8820202025 Dasar-Dasar Membaca Jawa 2.00
8820202026 Dasar-Dasar Menulis Jawa 2.00
8820202083 Morfologi Bahasa Jawa I 2.00
1000002018 Pancasila 2.00
8820202133 Seni Karawitan Ii 2.00
8820202136 Seni Tembang Ii 2.00
8820202169 Teori Sastra Umum 2.00
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
8820202044 Fonologi Bahasa Jawa 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820202019 Berbicara Jawa 2.00
1000002033 Kewarganegaraan 2.00
8820202187 Perencanaan Pembelajaran Inovatif 2.00
8820202138 Sintaksis Bahasa Jawa 2.00
8820202196 Apresiasi Prosa Dan Puisi Jawa 2.00
8820202188 Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran 2.00
8820202194 Filologi 2.00
8820202042 Folklor Jawa 2.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
8820202065 Membaca Jawa 2.00
8820202067 Menulis Jawa 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820202056 Kritik Sastra Jawa 2.00
8820202186 Kurikulum Sekolah 2.00
8820203197 Metode Penelitian 3.00
8820202129 Semantik Bahasa Jawa 2.00
8820202145 Sosiolinguistik Bahasa Jawa 2.00
8820202148 Statistik 2.00
8820202163 Telaah Naskah Lama 2.00
8820202003 Analisis Wacana Bahasa Jawa 2.00
8820202190 Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro 2.00
1000002047 Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820202005 Apresiasi Pewayangan 2.00
8820202010 Arab Pegon 2.00
8820202017 Bahasa Kawi 2.00
8820202060 Leksikografi Jawa 2.00
8820202062 Linguistik Terapan Jawa 2.00
8820202084 Morfologi Bahasa Jawa Ii 2.00
8820202201 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8820202103 Pragmatik Bahasa Jawa 2.00
8820202117 Sastra Bandingan 2.00
8820202122 Sastra Jawa Kuna 2.00
8820202125 Sastra Jawa Pesisiran 2.00
8820202141 Sintaksis Bahasa Jawa Ii 2.00
8820202147 Sosiologi Sastra Jawa 2.00
8820202151 Stilistika Jawa 2.00
8820202203 Tradisi Jawa 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000003065 Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00
1000003092 Kkn Kewirausahaan Evaluasi Program 3.00
1000004091 Kkn Kewirausahaan Pelaksanaan Program 4.00
1000003093 Kkn Kewirausahaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003094 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Laporan 3.00
1000004090 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000003089 Kkn Kewirausahaan Perancangan Program 3.00
1000003074 Kkn Proyek Desa Evaluasi Program 3.00
1000004073 Kkn Proyek Desa Pelaksanaan Program 4.00
1000003075 Kkn Proyek Desa Pendesiminasian Program 3.00
1000003076 Kkn Proyek Desa Pengembangan Laporan 3.00
1000004072 Kkn Proyek Desa Pengembangan Perangkat 4.00
1000003071 Kkn Proyek Desa Perancangan Program 3.00
1000003080 Kkn Proyek Indpenden Evaluasi Program 3.00
1000004079 Kkn Proyek Indpenden Pelaksanaan Program 4.00
1000003081 Kkn Proyek Indpenden Pendesiminasian Program 3.00
1000003082 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Laporan 3.00
1000004078 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Perangkat 4.00
1000003077 Kkn Proyek Indpenden Perancangan Program 3.00
1000003086 Kkn Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
1000004085 Kkn Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
1000003087 Kkn Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003088 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
1000004084 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000003083 Kkn Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
1000020101 Kknt 20.00
1000020103 Magang 20.00
1000004098 Magang Riset-Penganalisisan Data 4.00
1000003060 Mpk-Desain Program 3.00
1000003058 Mpk-Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00
1000002059 Mpk-Manajemen Operasional 2.00
1000004061 Mpk-Pelaksanaan Program 4.00
1000002064 Mpk-Pelaporan Program 2.00
1000002063 Mpk-Pendesiminasian Program 2.00
1000002062 Mpk-Penilaian Program 2.00
1000002057 Mpk-Perencanaan 2.00
1000002051 Plp-Analisis Kurikulum 2.00
1000002055 Plp-Asesmen Pembelajaran 2.00
1000002049 Plp-Manajemen Sekolah 2.00
1000003053 Plp-Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000002054 Plp-Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002050 Plp-Pengembangan Program Sekolah 2.00
1000003052 Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
1000004056 Plp-Praktik Mengajar 4.00
1000003068 Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program 3.00
1000004066 Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
1000004067 Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
1000003069 Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
1000003070 Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
1000004096 Magang Riset-Pengembangan Instrumen Penelitian 4.00
1000003095 Magang Riset-Pengembangan Rencana Penelitian 3.00
1000004097 Magang Riset-Pengumpulan Data 4.00
1000002099 Magang Riset-Penyusunan Laporan Penelitian 2.00
1000003100 Magang Riset-Publikasi 3.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820206142 Skripsi 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum
Berdasarkan adanya Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Unesa menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Perumusan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka dengan mengusung tema “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka”, diperoleh tiga pilar dalam kampus merdeka sesuai dengan pesan kunci Mendikbud. Pilar 1, dosen adalah penggerak, harus profesional dan inovatif. Pilar 2, perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Pilar 3, konsolidasi kebijakan. dimana kampus merdeka memiliki 4 kebijakan utama, yaitu pembukaan prodi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri badan hukum, serta hak belajar tiga semester di luar program studi. Sehingga unesa mengadakan program magang atau praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independent, serta proyek kemanusiaan. “Pengembangan kurikulum merdeka belajar ini tidak hanya mengedukasi dosen, tapi mahasiswa juga perlu tau, agar dapat dipersiapkan dari awal. Sehingga kurikulum merdeka belajar program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa dirancang untuk memberikan kemerdekaan mahasiswa pada semester lima untuk memilihn progra perkuliahan. prinsip merdeka belajar ini sangat bagus karena bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar prodi dan capaian pembelajaran. Kurikulum merdeka belajar yang rencananya akan diterapkan pada semester gasal 2020/2021 ini akan diberlakukan pada mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Mengusung model 512 serta pola perkuliahan 4121 atau 42a12b1. Nantinya akan dilakukan kompres, penghilangan mata kuliah yang tidak relevan, penggabungan mata kuliah yang bergayut, pengurangan bobot sks mata kuliah, penambahan total sks lulusan (144-150), pemunculan mata kuliah baru, dan lain sebagainya.
 

Tracer Study
Berdasarkan analisa data yang dilakukan pada hasil survey, diketahui bahwasannya metode pembelajaran yang dianggap responden paling bermanfaat serta berperan dalam kehidupan karier mereka saat ini adalah Metode Diskusi. Metode diskusi mendapatkan nilai rerata tertinggi yaitu 4.4, sedangkan nilai terendah ada pada Metode Partisipasi dalam Proyek Riset yang mendapatkan nilai rerata 3.53. Dimasa yang akan datang, hendaknya metode-metode pembelajaran yang dinilai kurang memiliki peranan dalam masa depan alumni dapat ditinjau ulang dan dioptimalkan, sehingga alumni dapat memperoleh manfaat yang maksimal. Adapun 3 metode yang mendapatkan rerata terendah adalah Metode Magang, Metode Demostrasi, dan Metode Partisipai dalam Proyek Riset.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12
Sastra Jawa Pesisiran 2 25% 50% 25% 100 %
Menulis Jawa 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pengantar Linguistik 2 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
Dramaturgi Jawa 2 16.67% 50% 33.33% 100 %
Sosiologi Sastra Jawa 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Sosiolinguistik Bahasa Jawa 2 16.67% 66.67% 16.67% 100 %
Teori Belajar 2 25% 75% 100 %
Linguistik Terapan Jawa 2 16.67% 50% 33.33% 100 %
Apresiasi Puisi Jawa 2 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
Folklor Jawa 2 28.57% 57.14% 14.29% 100 %
Arab Pegon 2 50% 16.67% 33.33% 100 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 66.67% 33.33% 100 %
Menyimak Jawa 2 33.33% 16.67% 50% 100 %
Perencanaan Pembelajaran Inovatif 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Pranatacara 2 40% 60% 100 %
Kearifan Lokal 2 50% 16.67% 33.33% 100 %
Gending Jawa 2 33.33% 16.67% 50% 100 %
Sastra Anak Jawa 2 50% 16.67% 33.33% 100 %
Filologi 2 25% 25% 50% 100 %
Sastra Bandingan 2 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
Kurikulum Sekolah 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Berbicara Jawa 2 16.67% 50% 33.33% 100 %
Membaca Jawa 2 60% 20% 20% 100 %
Kritik Sastra Jawa 2 33.33% 16.67% 50% 100 %
Apresiasi Pewayangan 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Pragmatik Bahasa Jawa 2 40% 20% 40% 100 %
Morfologi Bahasa Jawa 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Analisis Wacana Bahasa Jawa 2 25% 12.5% 25% 37.5% 100 %
Assesmen Proses dan Hasil Belajar 3 16.67% 33.33% 50% 100 %
Stilistika Jawa 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Teori Sastra Jawa 2 42.86% 14.29% 42.86% 100 %
Kewirausahaan 2 33.33% 50% 16.67% 100 %
Telaah Naskah Lama 2 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 36.36% 27.27% 99.99 %
Semantik Bahasa Jawa 2 16.67% 16.67% 66.67% 100 %
Leksikografi 2 33.33% 16.67% 50% 100 %
Apresiasi Prosa Jawa 2 25% 25% 50% 100 %
Fonologi Bahasa Jawa 2 20% 40% 40% 100 %
Pengembangan Bahan Ajar 2 20% 40% 40% 100 %
Jurnalistik Jawa 2 33.33% 16.67% 50% 100 %
Tradisi Jawa 2 16.67% 66.67% 16.67% 100 %
Seni Tembang Dolanan 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Seni Karawitan 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Metode Penelitian 3 33.33% 16.67% 50% 100 %
Seni Tembang Macapat 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Sintaksis Bahasa Jawa 2 16.67% 50% 33.33% 100 %
Sastra Jawa Kuna 2 25% 25% 50% 100 %
Psikologi Sastra Jawa 2 16.67% 33.33% 50% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya

Filosofis

Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan filsafat terkait makna atau hakikat pendidikan. Beberapa filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme,  romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk menunjang pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum UNESA menganut filosofi eklektik, yaitu memperhatikan kelebihan dari landasan filosofi-filosofi yang sesuai (Akinsanya, 2014) untuk pencapaian visi UNESA sebagai universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.

Sosiologis

Landasan sosiologis mengarahkan kajian pengembangan kurikulum dikaitkan dengan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan ini digunakan karena mahasiswa berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Perubahan dan perkembangan nilai yang ada di masyarakat akan mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus dapat menjawab tantangan, tuntutan, dan perkembangan masyarakat baik lokal maupun global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.

Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, kurikulum UNESA dikembangkan berdasarkan kehidupan  bermasyarakat di  Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Indonesia juga merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukan budaya, maka kurikulum ini perlu mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Perkembangan budaya dengan kearifan lokal tempat UNESA tumbuh dan berkembang menjadi ciri khas yang menampilkan karakteristik UNESA sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas. Di samping itu, kurikulum UNESA juga mempertimbangkan perkembangan masyarakat global sehingga para lulusannya diharapkan mampu untuk berkolaborasi dan berkompetisi di level internasional.

Psikologis

Landasan psikologis adalah landasan berdasarkan kondisi karakteristik pembelajaran (Slavin, 2006). Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Mahasiswa UNESA secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Untuk itu, kurikulum UNESA yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologi mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa merupakan individu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum UNESA perlu mencermati dinamika perkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar.

Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy dan seamless learning, pengembangan kurikulum di UNESA akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pebelajar dewasa yang bertanggungjawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan-pembatasan terhadap subjek, ruang dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan.

Historis

Secara historis, pengembangan kurikulum UNESA berjalan searah dengan pengembangan lembaga yang diawali dari kursus guru B-I dan B-II pada tahun 1950-an, yang selanjutnya berkembang menjadi  Akademi Pendidikan Guru hingga FKIP dan IKIP Surabaya. Pada perkembangan selanjutnya IKIP Surabaya berubah menjadi universitas sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan di samping program kependidikan yang telah lama dilakukan. Dengan demikian pengembangan kurikulum

Kurikulum di UNESA mengalami perkembangan yang cukup dinamis. Perkembangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku saat pengembangan kurikulum dilakukan. Misalnya ketika berlaku kurikulum bersifat nasional yang ditentukan oleh konsorsium pendidikan, kurikulum yang dihasilkan belum mengarah pada pencapaian visi dan misi UNESA. Ketika peraturan tentang pengembangan kurikulum berlaku, maka kurikulum mulai ditata sesuai dengan arah dan prosedur yang benar.

Berdasarkan landasan historis tersebut, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan  kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.

Yuridis

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang  dihasilkan  memiliki keabsahan untuk diberlakukan. Daftar acuan landasan hukum dalam pengembangan kurikulum UNESA ini disajikan pada Bab I bagian D.

Berdasarkan uraian di atas, kurikulum di UNESA dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek, meliputi: visi, misi,  dan tujuan  UNESA,  isu- isu terkait pengembangan sumber daya manusia dan perkembangan IPTEKS, serta landasan filosofis, sosiologis, psikologis, historis,  dan yuridis.