Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa |
Tanggal Berdiri | : | 31 Juli 1984 |
Koordinator Program Studi | : | Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa menjadi Program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, serta inovatif dalam bidang ilmu bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa secara keilmuan dan praktik pembelajaran yang kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) berdasarkan kearifan lokal dan berwawasan global berbasis kewirausahaan.
- Melaksanakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
- Menyelenggarakan Pengabdian masyarakat dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
- Menyelenggarakan kegiatan tridarma perguruan tinggi melalui sistem multi kampus secara sinergis, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Unesa dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa.
- Menyelenggarakan kerjasama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan dalam ilmu kependidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa yang berkarakter kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) dan berjiwa kewirausahaan;
- Menghasilkan inovasi yang berkualitas dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Menghasilkan karya yang unggul, berkualitas, serta inovatif dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Menguasai konsep teoritis bahasa, sastra, budaya Jawa serta metode penelitiannya;
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Menguasai konsep teoritis pembelajaran bahasa Jawa dengan memanfaatkan teknologi informasi;
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Terampil berbahasa Jawa lisan dan tulis dalam aksara Jawa dan Latin sesuai kaidah;
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu mengapresiasi, menilai, dan mencipta karya sastra Jawa modern dan klasik sesuai dengan struktur dan kaidah genre sastra;
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Terampil menerapkan konsep budaya berdasarkan pemahaman tradisi Jawa yang berwawasan kearifan lokal;
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mampu menerapkan teknik penyiaran, penyuntingan, dan jurnalistik dalam bahasa Jawa sesuai kaidah;
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Mampu menerapkan teori pembelajaran bahasa Jawa dengan memanfaatkan teknologi informasi;
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Mampu melakukan penelitian bahasa, sastra, budaya Jawa, dan pembelajarannya sesuai dengan konsep metode ilmiah;
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik pemula bahasa Jawa
Pendidik/guru pemula bahasa Jawa jenjang pendidikan dasar dan menengah (SMA/MA/SMK, SMP/MTs, SD/MI) dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
- Asisten peneliti bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa
Asisten peneliti yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa
- Praktisi bidang bahasa, sastra, budaya Jawa
Praktisi bidang bahasa (pewara, penyunting, penyuluh, jurnalis, dll.)
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820202169
Teori Sastra Umum
2.00
8820202067
Menulis Jawa
2.00
1000002048
Dasar -Dasar Kependidikan
2.00
8820202185
Teori Belajar
2.00
8820202069
Menyimak Jawa
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8820202195
Seni Tembang Dolanan
2.00
8820202090
Pengantar Linguistik
2.00
8820202194
Filologi
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820202009
Apresiasi Puisi Jawa
2.00
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
8820202042
Folklor Jawa
2.00
8820202065
Membaca Jawa
2.00
8820202081
Morfologi Bahasa Jawa
2.00
1000002018
Pancasila
2.00
8820202187
Perencanaan Pembelajaran Inovatif
2.00
8820202198
Seni Tembang Macapat
2.00
8820202122
Sastra Jawa Kuna
2.00
8820202199
Seni Karawitan
2.00
8820202008
Apresiasi Prosa Jawa
2.00
8820202044
Fonologi Bahasa Jawa
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820202202
Jurnalistik Jawa
2.00
8820202056
Kritik Sastra Jawa
2.00
8820202138
Sintaksis Bahasa Jawa
2.00
8820202003
Analisis Wacana Bahasa Jawa
2.00
8820202005
Apresiasi Pewayangan
2.00
8820202019
Berbicara Jawa
2.00
8820202125
Sastra Jawa Pesisiran
2.00
8820202186
Kurikulum Sekolah
2.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
8820202148
Statistik
2.00
8820202201
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820202190
Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro
2.00
1000002176
Kewirausahaan
2.00
8820203197
Metode Penelitian
3.00
1000002047
Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran
2.00
8820202203
Tradisi Jawa
2.00
8820202114
Psikologi Sastra Jawa
2.00
8820202145
Sosiolinguistik Bahasa Jawa
2.00
8820202163
Telaah Naskah Lama
2.00
8820202147
Sosiologi Sastra Jawa
2.00
8820202129
Semantik Bahasa Jawa
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820202010
Arab Pegon
2.00
8820202059
Leksikografi
2.00
8820202062
Linguistik Terapan Jawa
2.00
8820202103
Pragmatik Bahasa Jawa
2.00
8820202117
Sastra Bandingan
2.00
8820202151
Stilistika Jawa
2.00
8820202032
Dialektologi
2.00
8820202034
Dramaturgi Jawa
2.00
8820202211
Gending Jawa
2.00
8820202210
Kearifan Lokal
2.00
8820202215
Pranatacara
2.00
8820208206
Linguistik Historis Komparatif
2.00
8820202209
Linguistik Jawa
2.00
8820202212
Sastra Anak Jawa
2.00
8820202214
Penulisan Kreatif Sastra
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002054
Plp-Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp-Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000003052
Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000004056
Plp-Praktik Mengajar
4.00
8820220205
Pengenalan Lapangan Persekolahan
20.00
1000002051
Plp-Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp-Asesmen Pembelajaran
2.00
1000003053
Plp-Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002049
Plp-Manajemen Sekolah
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820206142
Skripsi
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202169 | Teori Sastra Umum | 2.00 | |
8820202067 | Menulis Jawa | 2.00 | |
1000002048 | Dasar -Dasar Kependidikan | 2.00 | |
8820202185 | Teori Belajar | 2.00 | |
8820202069 | Menyimak Jawa | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8820202195 | Seni Tembang Dolanan | 2.00 | |
8820202090 | Pengantar Linguistik | 2.00 | |
8820202194 | Filologi | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202009 | Apresiasi Puisi Jawa | 2.00 | |
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
8820202042 | Folklor Jawa | 2.00 | |
8820202065 | Membaca Jawa | 2.00 | |
8820202081 | Morfologi Bahasa Jawa | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
8820202187 | Perencanaan Pembelajaran Inovatif | 2.00 | |
8820202198 | Seni Tembang Macapat | 2.00 | |
8820202122 | Sastra Jawa Kuna | 2.00 | |
8820202199 | Seni Karawitan | 2.00 | |
8820202008 | Apresiasi Prosa Jawa | 2.00 | |
8820202044 | Fonologi Bahasa Jawa | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202202 | Jurnalistik Jawa | 2.00 | |
8820202056 | Kritik Sastra Jawa | 2.00 | |
8820202138 | Sintaksis Bahasa Jawa | 2.00 | |
8820202003 | Analisis Wacana Bahasa Jawa | 2.00 | |
8820202005 | Apresiasi Pewayangan | 2.00 | |
8820202019 | Berbicara Jawa | 2.00 | |
8820202125 | Sastra Jawa Pesisiran | 2.00 | |
8820202186 | Kurikulum Sekolah | 2.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
8820202148 | Statistik | 2.00 | |
8820202201 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202190 | Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro | 2.00 | |
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 | |
8820203197 | Metode Penelitian | 3.00 | |
1000002047 | Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran | 2.00 | |
8820202203 | Tradisi Jawa | 2.00 | |
8820202114 | Psikologi Sastra Jawa | 2.00 | |
8820202145 | Sosiolinguistik Bahasa Jawa | 2.00 | |
8820202163 | Telaah Naskah Lama | 2.00 | |
8820202147 | Sosiologi Sastra Jawa | 2.00 | |
8820202129 | Semantik Bahasa Jawa | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820202010 | Arab Pegon | 2.00 | |
8820202059 | Leksikografi | 2.00 | |
8820202062 | Linguistik Terapan Jawa | 2.00 | |
8820202103 | Pragmatik Bahasa Jawa | 2.00 | |
8820202117 | Sastra Bandingan | 2.00 | |
8820202151 | Stilistika Jawa | 2.00 | |
8820202032 | Dialektologi | 2.00 | |
8820202034 | Dramaturgi Jawa | 2.00 | |
8820202211 | Gending Jawa | 2.00 | |
8820202210 | Kearifan Lokal | 2.00 | |
8820202215 | Pranatacara | 2.00 | |
8820208206 | Linguistik Historis Komparatif | 2.00 | |
8820202209 | Linguistik Jawa | 2.00 | |
8820202212 | Sastra Anak Jawa | 2.00 | |
8820202214 | Penulisan Kreatif Sastra | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002054 | Plp-Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp-Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp-Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000004056 | Plp-Praktik Mengajar | 4.00 | |
8820220205 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | 20.00 | |
1000002051 | Plp-Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp-Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000003053 | Plp-Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002049 | Plp-Manajemen Sekolah | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820206142 | Skripsi | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Berdasarkan adanya Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Unesa menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Perumusan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka dengan mengusung tema “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka”, diperoleh tiga pilar dalam kampus merdeka sesuai dengan pesan kunci Mendikbud. Pilar 1, dosen adalah penggerak, harus profesional dan inovatif. Pilar 2, perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Pilar 3, konsolidasi kebijakan. dimana kampus merdeka memiliki 4 kebijakan utama, yaitu pembukaan prodi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri badan hukum, serta hak belajar tiga semester di luar program studi. Sehingga unesa mengadakan program magang atau praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independent, serta proyek kemanusiaan. “Pengembangan kurikulum merdeka belajar ini tidak hanya mengedukasi dosen, tapi mahasiswa juga perlu tau, agar dapat dipersiapkan dari awal. Sehingga kurikulum merdeka belajar program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa dirancang untuk memberikan kemerdekaan mahasiswa pada semester lima untuk memilihn progra perkuliahan. prinsip merdeka belajar ini sangat bagus karena bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar prodi dan capaian pembelajaran. Kurikulum merdeka belajar yang rencananya akan diterapkan pada semester gasal 2020/2021 ini akan diberlakukan pada mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Mengusung model 512 serta pola perkuliahan 4121 atau 42a12b1. Nantinya akan dilakukan kompres, penghilangan mata kuliah yang tidak relevan, penggabungan mata kuliah yang bergayut, pengurangan bobot sks mata kuliah, penambahan total sks lulusan (144-150), pemunculan mata kuliah baru, dan lain sebagainya.
Tracer Study
Berdasarkan analisa data yang dilakukan pada hasil survey, diketahui bahwasannya metode pembelajaran yang dianggap responden paling bermanfaat serta berperan dalam kehidupan karier mereka saat ini adalah Metode Diskusi. Metode diskusi mendapatkan nilai rerata tertinggi yaitu 4.4, sedangkan nilai terendah ada pada Metode Partisipasi dalam Proyek Riset yang mendapatkan nilai rerata 3.53. Dimasa yang akan datang, hendaknya metode-metode pembelajaran yang dinilai kurang memiliki peranan dalam masa depan alumni dapat ditinjau ulang dan dioptimalkan, sehingga alumni dapat memperoleh manfaat yang maksimal. Adapun 3 metode yang mendapatkan rerata terendah adalah Metode Magang, Metode Demostrasi, dan Metode Partisipai dalam Proyek Riset.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | |||
Sastra Jawa Pesisiran | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||||
Menulis Jawa | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Pengantar Linguistik | 2 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Dramaturgi Jawa | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Sosiologi Sastra Jawa | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Sosiolinguistik Bahasa Jawa | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Teori Belajar | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||||
Linguistik Terapan Jawa | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Apresiasi Puisi Jawa | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Folklor Jawa | 2 | 28.57% | 57.14% | 14.29% | 100 % | |||||||||
Arab Pegon | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Menyimak Jawa | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Perencanaan Pembelajaran Inovatif | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Pranatacara | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||
Kearifan Lokal | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Gending Jawa | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Sastra Anak Jawa | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Filologi | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Sastra Bandingan | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Berbicara Jawa | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Membaca Jawa | 2 | 60% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||
Kritik Sastra Jawa | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Apresiasi Pewayangan | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Pragmatik Bahasa Jawa | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | |||||||||
Morfologi Bahasa Jawa | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Analisis Wacana Bahasa Jawa | 2 | 25% | 12.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Assesmen Proses dan Hasil Belajar | 3 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Stilistika Jawa | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Teori Sastra Jawa | 2 | 42.86% | 14.29% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Kewirausahaan | 2 | 33.33% | 50% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Telaah Naskah Lama | 2 | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 36.36% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
Semantik Bahasa Jawa | 2 | 16.67% | 16.67% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Leksikografi | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Apresiasi Prosa Jawa | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Fonologi Bahasa Jawa | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Jurnalistik Jawa | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Tradisi Jawa | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Seni Tembang Dolanan | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Seni Karawitan | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Metode Penelitian | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Seni Tembang Macapat | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Sintaksis Bahasa Jawa | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Sastra Jawa Kuna | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Psikologi Sastra Jawa | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Filosofis
Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan filsafat terkait makna atau hakikat pendidikan. Beberapa filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk menunjang pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum UNESA menganut filosofi eklektik, yaitu memperhatikan kelebihan dari landasan filosofi-filosofi yang sesuai (Akinsanya, 2014) untuk pencapaian visi UNESA sebagai universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.
Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian pengembangan kurikulum dikaitkan dengan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan ini digunakan karena mahasiswa berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Perubahan dan perkembangan nilai yang ada di masyarakat akan mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus dapat menjawab tantangan, tuntutan, dan perkembangan masyarakat baik lokal maupun global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.
Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, kurikulum UNESA dikembangkan berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Indonesia juga merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukan budaya, maka kurikulum ini perlu mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Perkembangan budaya dengan kearifan lokal tempat UNESA tumbuh dan berkembang menjadi ciri khas yang menampilkan karakteristik UNESA sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas. Di samping itu, kurikulum UNESA juga mempertimbangkan perkembangan masyarakat global sehingga para lulusannya diharapkan mampu untuk berkolaborasi dan berkompetisi di level internasional.
Psikologis
Landasan psikologis adalah landasan berdasarkan kondisi karakteristik pembelajaran (Slavin, 2006). Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Mahasiswa UNESA secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Untuk itu, kurikulum UNESA yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologi mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa merupakan individu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum UNESA perlu mencermati dinamika perkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar.
Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy dan seamless learning, pengembangan kurikulum di UNESA akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pebelajar dewasa yang bertanggungjawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan-pembatasan terhadap subjek, ruang dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan.
Historis
Secara historis, pengembangan kurikulum UNESA berjalan searah dengan pengembangan lembaga yang diawali dari kursus guru B-I dan B-II pada tahun 1950-an, yang selanjutnya berkembang menjadi Akademi Pendidikan Guru hingga FKIP dan IKIP Surabaya. Pada perkembangan selanjutnya IKIP Surabaya berubah menjadi universitas sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan di samping program kependidikan yang telah lama dilakukan. Dengan demikian pengembangan kurikulum
Kurikulum di UNESA mengalami perkembangan yang cukup dinamis. Perkembangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku saat pengembangan kurikulum dilakukan. Misalnya ketika berlaku kurikulum bersifat nasional yang ditentukan oleh konsorsium pendidikan, kurikulum yang dihasilkan belum mengarah pada pencapaian visi dan misi UNESA. Ketika peraturan tentang pengembangan kurikulum berlaku, maka kurikulum mulai ditata sesuai dengan arah dan prosedur yang benar.
Berdasarkan landasan historis tersebut, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.
Yuridis
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan memiliki keabsahan untuk diberlakukan. Daftar acuan landasan hukum dalam pengembangan kurikulum UNESA ini disajikan pada Bab I bagian D.
Berdasarkan uraian di atas, kurikulum di UNESA dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek, meliputi: visi, misi, dan tujuan UNESA, isu- isu terkait pengembangan sumber daya manusia dan perkembangan IPTEKS, serta landasan filosofis, sosiologis, psikologis, historis, dan yuridis.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved