•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai konsep dan praktik Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pembelajaran Menggunakan Project Based Learning (PBL) untuk menciptakan Learning Management System (LMS). Pada matakuliah ini disajikan berbagai macam materi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta sikap sehingga diharapkan setalah melaksanakan matakuliah pembelajaran berbasis TIK akan menjadi ahli dibidang pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analisis Pendidikan.

CPMK

  • Mampu Menerapkan Learning Management System (LMS) dalam Konteks E-learning
  • Mampu Melakukan Perencanaan dan Pengembangan Learning Management System (LMS)
  • Mampu Mengelola Pengguna, Interaksi Siswa, Evaluasi, dan Integrasi Alat Eksternal
  • Mampu Mengelola Keamanan dan Kebijakan Penggunaan, Pengembangan LMS

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar pembelajaran berbasis e-learning
  • Pertemuan 2
    Mahasiswa menganalisis peran Learning Management System (LMS) dalam konteks pendidikan
  • Pertemuan 3
    Mahasiswa dapat melakukan analisis kebutuhan pembelajaran untuk pengembangan LMS
  • Pertemuan 4
    Mahasiswa menganalisis Moodle sebagai pilihan LMS
  • Pertemuan 5
    Mahasiswa mampu merencanakan pengembangan LMS, termasuk pemilihan dan persiapan server
  • Pertemuan 6
    Mahasiswa dapat merancang antarmuka pengguna (UI/UX) LMS
  • Pertemuan 7
    Mahasiswa dapat mengembangkan modul pembelajaran dalam LMS
  • Pertemuan 8
    UTS
  • Pertemuan 9
    Mahasiswa mampu mengelola pengguna dan hak akses di dalam LMS
  • Pertemuan 10
    Mahasiswa dapat mengembangkan interaktifitas dan keterlibatan siswa dalam LMS
  • Pertemuan 11
    Mahasiswa mampu mengembangkan bentuk evaluasi dan penilaian dalam LMS
  • Pertemuan 12
    Mahasiswa dapat mengintegrasikan LMS dengan alat eksternal
  • Pertemuan 13
    Mahasiswa mampu mengelola keamanan dan kebijakan penggunaan di dalam LMS
  • Pertemuan 14
    Mahasiswa dapat mengembangkan LMS secara menyeluruh
  • Pertemuan 15
    Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang perbaikan pada LMS
  • Pertemuan 16
    UAS

Dosen

ALIM SUMARNO
ALIM SUMARNO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HIRNANDA DIMAS PRADANA
HIRNANDA DIMAS PRADANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknologi Pendidikan
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10