Matakuliah ini mengkaji hakekat pembelajaran sains bagi ABK, konsep sains, implementasi pembelajaran sains bagi ABK di kelas khusus dan inklusi. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat sains, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor ABK dalam mengikuti program pembelajaran sains bagi ABK baik di kelas khusus maupun di kelas inklusi. Implementasi strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran sains anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan menyelesaikan pendidikan sains anak berkebutuhan khusus dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pembelajaran sains anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran sains anak berkebutuhan khusus.