•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa

 
Study Program  :  Language and Literature Education
Establishment Date  :  2 April 2007
Study Program Coordinator  :  Dr. Suhartono, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Capaian Lulusan Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8 Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik

PLO-9 Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang yang menjadi tanggung jawabnya
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan dalam lingkungan internal dan membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat profesi
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji

PLO-12 Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner

PLO-13 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset utama yang bermanfaat bagi bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk kemaslahatan manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra

PLO-14 Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya

PLO-15 Menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra

PLO-16 Menguasai metodologi penelitian dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra serta pembelajarannya

Occupational Profiles Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Language and Literature Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Bila dihitung sejak penerbitan SK Dirjen Dikti Nomor 1443/D/T/2003, program studi ini telah memberlakukan tiga kurikulum, yaitu Kurikulum 1999, Kurikulum 2010, dan Kurikulum 2017. Kurikulum 1999 dan 2010 berbasis konten dengan perbedaan pada Kurikulum 2010 dilakukan spesifikasi konsentrasi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daerah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Asing. Berbeda dengan dua kurikulum sebelumnya, Kurikulum 2017 berbasis kompetensi/kualifikasi. Kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum, yakni kurikulum perlu  dievaluasi secara secara berkala berdasarkan prinsip relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektivitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan bahasa dan sastra, serta asosiasi profesi, juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, pengembangan kurikulum juga memperhatikan berbagai hal, antara lain:.

    1. KKNI
    2. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang “Standar Nasional Pendidikan Tinggi”).
    3. Kecakapan abad ke-21 (literasi dasar, kompetensi,  karakter)
    4. Perkembangan dinamika masyarakat global 
    5. Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.
    6. Teknologi Informasi.

     

    Berdasarkan hal inilah kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. 

    Rekap PLO Program Studi Language and Literature Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14PLO15PLO16
    Dissertation Supporting Subject 2 2 10.26% 10.26% 5.13% 10.26% 2.56% 10.26% 10.26% 2.56% 7.69% 10.26% 10.26% 10.26% 100 %
    Research Proposal 3 50% 50% 100 %
    Quantitative Research Methodology 3 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
    Learning Pedagogy Language and Literature 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Language And Literature Learning Pedagogy 3 12.5% 25% 25% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
    Advanced Research Methodology 4 25% 25% 25% 25% 100 %
    Educational Linguistics 3 25% 25% 50% 100 %
    Educational Linguistics 3 20% 40% 20% 20% 100 %
    Philosophy Of Language Literature Pedagogy 3 36.36% 36.36% 18.18% 9.09% 99.99 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Language and Literature Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Belum Diisi