Matakuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar ekonomi moneter yang di dalamnya mengkaji Bank sentral dan otoritas Jasa keuangan, Bank umum, lembaga keuangan non bank, inflasi, teori kebijakan moneter, teori permintaan dan penawaran uang, keseimbangan pasar uang, kebijakan fiskal dan moneter, serta neraca pembayaran internasional. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, diskusi kelompok, dan penugasan menggunakan studi kasus.
This course is a study of the basic concepts of monetary economy in which it examines the central bank and the financial services authority, commercial banks, non-bank financial institutions, inflation, monetary policy theory, the theory of money supply and demand, money market balance, fiscal and monetary policy, and international balance of payments. The learning methods used are lectures, group discussions, and assignments using case studies.
CPMK
Lulusan mampu menjelaskan mengenai teori ekonomi moneter
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar ekonomi moneter
Date 3 Februari 2025
Pertemuan 2
Bank sentral dan OJK
Date 10 Februari 2025
Pertemuan 3
Bank sentral dan OJK
Date 17 Februari 2025
Pertemuan 4
Inflasi
Date 24 Februari 2025
Pertemuan 5
Teori permintaan uang dan teori penawaran uang
Date 3 Maret 2025
Pertemuan 6
Teori permintaan uang dan teori penawaran uang
Date 10 Maret 2025
Pertemuan 7
Pasar uang, pasar modal dan pasar valas
Date 17 Maret 2025
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester
Date 24 Maret 2025
Pertemuan 9
Menganalisis neraca pembayaran internasional
Date 31 Maret 2025
Pertemuan 10
Teori dan kebijakan Moneter dan Fiskal
Date 7 April 2025
Pertemuan 11
Teori dan kebijakan Moneter dan Fiskal
Date 14 April 2025
Pertemuan 12
Dan menganalisis Evolusi dan Transmisi kebijakan moneter di Indonesia
Date 21 April 2025
Pertemuan 13
Dan menganalisis Evolusi dan Transmisi kebijakan moneter di Indonesia
Mata kuliah manajemen strategik difokuskan kepada konsep strategi dan proses formulasi, formasi, implementasi dan evaluasi strategi. Cakupan pembahasan mata kuliah ini meliputi; penetapan arah atau
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekalimahasiswa dengan rerangka teoretis akuntansi keuangan sehingga mahasiswa mampu menjelaskanmengapa praktik akuntansi berjalan seperti sekarang. Mata kuliah ini jugamembahas proses
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemen pemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan