Deskripsi Mata Kuliah
Salah satu tahapan yang krusial dalam pengembangan perangkat lunak ialah rekayasa kebutuhan. Kesuksesan proyek pengembangan perangkat lunak dicapai ketika kebutuhan stakeholder dapat terpenuhi sesuai apa yang dijanjikan oleh pengembang. Maka dalam proses awal pengembangan perangkat lunak, mahasiswa perlu pemahaman mengenai rekayasa sistem dan perangkat lunak, metode dalam menggali kebutuhan stakeholder, teknik dalam menganalisis, dan pendekatan dalam mendokumentasikan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak. Kegiatan dalam perkuliahan ini akan dilakukan dengan metode pembelajaran mandiri dan berkelompok agar dapat melatih mahasiswa ketika nantinya terlibat langsung dalam proyek pengembangan perangkat lunak.
(One of the crucial stages in software development is requirements engineering. The success of a software development project is achieved when stakeholder needs can be fulfilled according to what was promised by the developer. So, in the initial process of software development, students need an understanding of system and software engineering, methods for exploring stakeholder needs, techniques for analyzing, and approaches for documenting software requirements specifications. Activities in this lecture will be carried out using independent and group learning methods so that they can train students when they are directly involved in software development projects.)
CPMK
- Mahasiswa mampu menjelaskan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak [C2, A2] | Students are able to explain software requirement specification [C2, A2]
- Mahasiswa mampu mendefinisikan kebutuhan tingkat tinggi dan kandidat domain [C3, A2] | Students are able to define high-level requirement and domain candidate [C2, A2]
- Mahasiswa mampu menganalisis dan mengelisitasi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak [C3, P2, A2] | Students are able to analyze and to elicit software requirement specification [C3, P2, A2]
- Mahasiswa mampu membuat rancangan diagram unified modelling language (UML) sesuai kebutuhan perangkat lunak [C4, P3, A2] | Students are capable to design software specification using UML diagram [C4, P3, A2]