Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai kurikulum biologi sekolah pada Kurikulum Nasional (jenjang SMA). Kajian meliputi pengertian kurikulum dan prinsip-prinsip pengembangannya, dilanjutkan dengan telaah perkembangan kurikulum biologi,meliputi landasan filosofis, psikologis, sosiologis, serta pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa akan mempelajari secara mendalam struktur, tujuan, ruang lingkup materi, alokasi waktu, dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Nasional. Pembahasan meliputi Analisis Tugas dan Materi, dengan mengidentifikasi dan membandingkan kompetensi, keterampilan, dan konten biologi yang dituntut dalam kurikulum. Perumusan Tujuan dan Indikator Ketercapaian, dengan membandingkan bagaimana tujuan pembelajaran dirumuskan dan bagaimana ketercapaiannya diukur dalam kurikulum nasional. Konsep-Konsep Esensial dan Pembelajarannya dengan mengidentifikasi konsep-konsep inti biologi yang ditekankan dalam kurikulum dan menganalisis pendekatan pedagogis yang direkomendasikan. Mata kuliah ini juga akan mengeksplorasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menganalisis kurikulum. Pembelajaran dalam mata kuliah menggunakan pendekatan teori melalui perkuliahan, diskusi, studi kasus perbandingan kurikulum, dan analisis dokumen kurikulum. Penugasan akan berupa analisis mendalam terhadap kurikulum yang dipilih, perbandingan elemen-elemen kurikulum, pengembangan rencana pembelajaran adaptif, serta perancangan media pembelajaran berbasis TIK yang relevan untuk konteks kurikulum nasional.
CPMK
- Mahasiswa mampu membandingkan berbagai konsep kurikulum dari berbagai sumber untuk mensintesis makna kurikulum yang relevan dengan pendidikan di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menyusun bagan alir perkembangan kurikulum Pendidikan di Indonesia, meliputi nama kurikulum, masa berlaku, tujuan kurikulum, kompetensi atau tujuan kurikulum, karakteristik pembelajaran, struktur mata pelajaran di sekolah menengah atas dan penilaian hasil belajar.
- Mahasiswa mampu menyusun opini terkait rasional perkembangan atau perubahan kurikulum Pendidikan di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menganalisis Capaian Pembelajaran untuk dioperasionalkan menjadi indikator dan tujuan pembelajaran yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
- Mahasiswa mampu merumuskan point-point penting yang menjadi karakteristik capaian pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran berbasis Deep-Learning pada kurikulum2013 dan kurikulum merdeka.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi modul pembelajaran dan rencana perencanaan pembelajaran (RPP) pada aspek capaian pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu mengajukan ide untuk menyusun alur tujuan pembeljaran (ATP) yang relevan dengan capaian pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menyusun silabus baik berpijak pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka.