Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai kurikulum biologi sekolah pada Kurikulum Nasional (jenjang SMA). Kajian meliputi pengertian kurikulum dan prinsip-prinsip pengembangannya, dilanjutkan dengan telaah perkembangan kurikulum biologi,meliputi landasan filosofis, psikologis, sosiologis, serta pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa akan mempelajari secara mendalam struktur, tujuan, ruang lingkup materi, alokasi waktu, dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Nasional. Pembahasan meliputi Analisis Tugas dan Materi, dengan mengidentifikasi dan membandingkan kompetensi, keterampilan, dan konten biologi yang dituntut dalam kurikulum. Perumusan Tujuan dan Indikator Ketercapaian, dengan membandingkan bagaimana tujuan pembelajaran dirumuskan dan bagaimana ketercapaiannya diukur dalam kurikulum nasional. Konsep-Konsep Esensial dan Pembelajarannya dengan mengidentifikasi konsep-konsep inti biologi yang ditekankan dalam kurikulum dan menganalisis pendekatan pedagogis yang direkomendasikan. Mata kuliah ini juga akan mengeksplorasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menganalisis kurikulum. Pembelajaran dalam mata kuliah menggunakan pendekatan teori melalui perkuliahan, diskusi, studi kasus perbandingan kurikulum, dan analisis dokumen kurikulum. Penugasan akan berupa analisis mendalam terhadap kurikulum yang dipilih, perbandingan elemen-elemen kurikulum, pengembangan rencana pembelajaran adaptif, serta perancangan media pembelajaran berbasis TIK yang relevan untuk konteks kurikulum nasional.
CPMK
- Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan kurikulum nasional Indonesia terkait aspek tujuan kurikulum, latar belakang kurikulum, sasaran kurikulum, struktur mata pelajaran kurikulum.ompetensi dalam kurikulum terkait kondisi sosial Indonesianquiry dengan menggunakan media kontekstual dan mutahir serta mengintegrasikannya dengan nilai-nilai islami
- Mahasiswa mampu menganalisis Capaian Pembelajaran untuk dioperasionalkan menjadi indikator dan tujuan pembelajaran yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
- Mahasiswa mampu menganalisis relevansi antara capaian pembelajaran, indikator, alur tujuan pembelajaran, serta rencana pembelajaran dari modul ajar yang banyak dikembangakn guru dan diunggah secara online.artikel terkait kurikulum dan perbedaan antara kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, dilihat dari kerangka dasar yang meliputi hakikat, landasan, prinsip, dan struktur kurikulum.
- Mahasiswa mampu mendesain dan merancang perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah silabus setiap bidang studi (dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka ) dengan mengacu pada standar kelulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian
- Mahasiswa mampu merancang evaluasi yang relevan berdasarkan indikator dan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
- Mahasiswa mampu merancang evaluasi yang relevan berdasarkan indikat