•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Kurikulum Sekolah

Program Studi S1 Pendidikan Biologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai kurikulum biologi sekolah pada Kurikulum Nasional (jenjang SMA). Kajian meliputi pengertian kurikulum dan prinsip-prinsip pengembangannya, dilanjutkan dengan telaah perkembangan kurikulum biologi,meliputi landasan filosofis, psikologis, sosiologis, serta pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa akan mempelajari secara mendalam struktur, tujuan, ruang lingkup materi, alokasi waktu, dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Nasional. Pembahasan meliputi Analisis Tugas dan Materi, dengan mengidentifikasi dan membandingkan kompetensi, keterampilan, dan konten biologi yang dituntut dalam kurikulum. Perumusan Tujuan dan Indikator Ketercapaian, dengan membandingkan bagaimana tujuan pembelajaran dirumuskan dan bagaimana ketercapaiannya diukur dalam kurikulum nasional. Konsep-Konsep Esensial dan Pembelajarannya dengan mengidentifikasi konsep-konsep inti biologi yang ditekankan dalam kurikulum dan menganalisis pendekatan pedagogis yang direkomendasikan. Mata kuliah ini juga akan mengeksplorasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menganalisis kurikulum. Pembelajaran dalam mata kuliah menggunakan pendekatan teori melalui perkuliahan, diskusi, studi kasus perbandingan kurikulum, dan analisis dokumen kurikulum. Penugasan akan berupa analisis mendalam terhadap kurikulum yang dipilih, perbandingan elemen-elemen kurikulum, pengembangan rencana pembelajaran adaptif, serta perancangan media pembelajaran berbasis TIK yang relevan untuk konteks kurikulum nasional.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan kurikulum nasional Indonesia terkait aspek tujuan kurikulum, latar belakang kurikulum, sasaran kurikulum, struktur mata pelajaran kurikulum.ompetensi dalam kurikulum terkait kondisi sosial Indonesianquiry dengan menggunakan media kontekstual dan mutahir serta mengintegrasikannya dengan nilai-nilai islami
  • Mahasiswa mampu menganalisis Capaian Pembelajaran untuk dioperasionalkan menjadi indikator dan tujuan pembelajaran yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
  • Mahasiswa mampu menganalisis relevansi antara capaian pembelajaran, indikator, alur tujuan pembelajaran, serta rencana pembelajaran dari modul ajar yang banyak dikembangakn guru dan diunggah secara online.artikel terkait kurikulum dan perbedaan antara kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, dilihat dari kerangka dasar yang meliputi hakikat, landasan, prinsip, dan struktur kurikulum.
  • Mahasiswa mampu mendesain dan merancang perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah silabus setiap bidang studi (dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka ) dengan mengacu pada standar kelulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian
  • Mahasiswa mampu merancang evaluasi yang relevan berdasarkan indikator dan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
  • Mahasiswa mampu merancang evaluasi yang relevan berdasarkan indikat

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Membandingkan pengertian kurikulum dari berbagai sumber
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep dasar kurikulum
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Konsep dasar kurikulum
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis perubahan paradigma, dokumen kebijakan kurikulum, pendekatan pembelajaran dan sistem penilaian dari KTSP ke Kurikulum 2013
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Hubungan antara SKL, Standar Isi, KI, KD dan Indikator pencapaian kompetensi dalam Kurikulum 2013
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Hubungan antara SKL, Standar Isi, KI, KD dan Indikator pencapaian kompetensi dalam Kurikulum 2013
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Hubungan antara SKL, Standar Isi, KI, KD dan Indikator pencapaian kompetensi dalam Kurikulum 2013
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Terampil mengembang-kan silabus mata pelajaran biologi
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Terampil menyusun tujuan pembelajaran berdasar indikator pencapaian kompetensi
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Terampil menetapkan metode atau model-model pembelajaran dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Terampil Mengembang-kan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran biologi sesuai Standar Proses
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Terampil menyusun kelengkapan RPP dalam bentuk bahan ajar dan instrumen penilianterkait pilihan topik/KD
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Terampil menyusun kelengkapan RPP dalam bentuk bahan ajar dan instrumen penilia terkait pilihan topik/KD
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Terampil menganalisis dan mengevaluasi rancangan pembelajaran berdasarkan prinsip keterkaitan tiga mata jangkar (tujuan metode- evaluasi)
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Mendesain dan merancang pembelajara berdasarkan materi Biologi melalui tes tulis UAS
    • Date  20 Mei 2025

Pustaka

Dosen

WALIB ABDULLAH
WALIB ABDULLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RINIE PRATIWI PUSPITAWATI
RINIE PRATIWI PUSPITAWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Biologi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10