•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Analisis Sistem Pengelolaan Pendidikan

Program Studi S3 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Kajian mengenai; (1) Pengembangan teori administrasi; (2) Struktur organisasi; (3) Budaya organisasi; (4) Motivasi; (5) Kepemimpinan; (6) Pengambilan keputusan; (7) Komunikasi ; (8) Perubahan organisasi; (9) Pemerintah dan pendidikan; (10) Keunggulan, kesetaraan dan pendidikan; (11) Keuangan dan produktivitas sekolah; (12) Pertimbangan hukum dan pendidikan; (13) Pengembangan dan implementasi kurikulum; (14) Analisis dan peningkatan pembelajaran; (15 Administrasi/manajemen sumber daya manusia. Kajian-kajian tersebut diharapkan dapat diimplementasikan kaitannya dengan system pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar , menengah dan tinggi dalam system pengelolaan pendidikan yang efektif dan efesien Mahasiswa diharapkan memahami secara konseptual mengenai analisis system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar, menengah,dan tinggi termasuk hasil-hasil penelitian dan novelty (aspek kebaruan) baik secara substantif dan metodologis yang dapat dipelajari dan dijadikan model atau bahan perbandingan untuk menunjang penulisan disertasi. Hasil akhir dari perkuliahan ini adalah terwujudnya laporan chapter review dan artikel. Adapun sistematika penulisan chapter review meliputi: (A) isi rangkuman berdasarkan bab yang ditelaah (lihat kemampuan akhir tiap tahapan belajar/materi pelajaran); (B) kelebihan konsep/teori yang ditelaah; (C) penerapan praktis terkait teori yang ditelaah kaitannya dengan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar menengah dan tinggi ; (D) hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan/dikembangkan untuk pengelolaan sekolah ke depan/selanjutnya; (E) bagaimana hasilnya menurut pendapat penulis; (F) tawaran baru penulis berdasarkan hasil studi literature /penelitian kecil dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan; (G) recommended model yang ditawarkan berupa diagram konteks.

CPMK

  • CPMK1 (PLO-1/S-1) Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • CPMK2 (PLO-2/P-1) Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar menengah dan tinggi melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji.
  • CPMK3 (PLO-5/KU-2) Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar menengah dan tinggi melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin
  • CMK4/ (PLO-6/KK-1) Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar, menengah dan tinggi dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis,

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: development of administrative theory
  • Pertemuan 2
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational structure
  • Pertemuan 3
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational culture
  • Pertemuan 4
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: motivation
  • Pertemuan 5
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: leadership
  • Pertemuan 6
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: decision making
  • Pertemuan 7
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: communication
  • Pertemuan 8
    UTS
  • Pertemuan 9
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational change
  • Pertemuan 10
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: government and education
  • Pertemuan 11
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: excellence, equality and education.
  • Pertemuan 12
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: excellence, equality and education.
  • Pertemuan 13
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: legal considerations and education
  • Pertemuan 14
    Mampu memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: curriculum development and implementation
  • Pertemuan 15
  • Pertemuan 16
    UAS

Dosen

ERNY ROESMININGSIH
ERNY ROESMININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SUJARWANTO
SUJARWANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Manajemen Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10