Mengaji pengertian etnomatematika, mengaji berbagai artikel tentang etnomatematika, menggali budaya atau tradisi di Indonesia yang bernilai matematis dalam pembelajaran matematika.
CPL Program Studi pada MK
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan
CPL-6 Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep etnomatematika dalam menganalisis sistem bilangan dan pola matematika dari berbagai budaya lokal Indonesia (C3)
CPMK-2 Menganalisis struktur geometri dan pola spasial dalam artefak budaya tradisional dan arsitektur vernakular Indonesia (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi kontribusi pengetahuan matematika tradisional dalam pengembangan pembelajaran matematika modern (C5)
CPMK-4 Menciptakan modul pembelajaran matematika yang mengintegrasikan konsep etnomatematika dari budaya lokal (C6)
CPMK-5 Menerapkan metode etnomatematika dalam penelitian pendidikan matematika berbasis budaya (C3)
CPMK-6 Menganalisis sistem pengukuran dan satuan tradisional dalam berbagai budaya Indonesia dan kaitannya dengan matematika formal (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal dalam praktik matematika tradisional Indonesia (C5)
CPMK-8 Menciptakan strategi pembelajaran yang menghubungkan matematika sekolah dengan konteks budaya siswa (C6)
CPMK-9 Menganalisis pola matematika dalam seni tradisional, musik, dan tarian Indonesia (C4)
CPMK-10 Mengevaluasi implementasi etnomatematika dalam kurikulum pendidikan matematika Indonesia (C5)