CPL-10 Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat atau teknologi modern untuk merancang dan mewujudkan bidang rekayasa perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non fungsional secara spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah kultural, sosial, dan lingkungan dengan mengacu kepada metode dan standar industri.
CPL-12 Mampu meningkatkan kinerja atau mutu suatu proses dalam perangkat lunak melalui pengujian, pengukuran obyek kerja, analisis dan interpretasi data sesuai prosedur dan standar.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pengujian perangkat lunak untuk mengidentifikasi dan memformulasikan masalah yang ada pada perangkat lunak (C3)
CPMK-2 Mahasiswa dapat menganalisis kasus pengujian perangkat lunak menggunakan metode dan teknik yang sesuai untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak (C4)
CPMK-3 Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas berbagai strategi pengujian dan alat pengujian dalam konteks nyata (C5)
CPMK-4 Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan pengujian yang efisien untuk perangkat lunak yang kompleks (C6)
CPMK-5 Mahasiswa dapat menerapkan teknik pengujian otomatis dan manual untuk menilai kinerja perangkat lunak (C3)
CPMK-6 Mahasiswa dapat menganalisis hasil pengujian untuk mengidentifikasi pola kesalahan dan area yang memerlukan perbaikan (C4)
CPMK-7 Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih alat pengujian yang paling sesuai untuk berbagai jenis perangkat lunak (C5)
CPMK-8 Mahasiswa dapat menciptakan skenario pengujian yang inovatif berdasarkan analisis kebutuhan pengguna dan spesifikasi perangkat lunak (C6)
CPMK-9 Mahasiswa dapat menerapkan prinsip rekayasa perangkat lunak dalam proses pengujian untuk memastikan bahwa semua standar dan prosedur diikuti (C3)
CPMK-10 Mahasiswa dapat menganalisis dan menafsirkan data dari pengujian untuk meningkatkan proses pengembangan perangkat lunak selanjutnya (C4)