Pembahasan tentang keterkaitan fungsional antara substansi ilmu bahasa Indonesia dengan pembelajarannya, pemilihan materi bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum dan alokasi waktu, desain instruksional bahasa Indonesia yang kontekstual, prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa Indonesia yang mendidik berbagai model skenario pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik peserta didik, penganalisisan kesulitan belajar bahasa Indonesia yang dihadapi peserta didik, instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia yang mengacu pada proses belajar mengajar dan kompetensi yang akan dicapai kemudian secara konkret diimplikasikan kedalam latihan penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh rencana pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar. kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi