Mata kuliah ini membahas tentang pengkajian konseptual model-model pembelajaran pendidikan nonformal yang meliputi pengertian, karakteristik, sintaks dan langkah-langkah dalam mengimplementasikannya. Selain itu, diperlukan keterampilan dalam menyusun laporan hasil kajian dan juga mengembangkan model pembelajaran pendidikan nonformal. Dengan adanya berbagai macam lembaga pendidikan nonformal, maka perlu dilakukan uji coba model-model pembelajaran yang sudah ada, selanjutnya diharapkan akan ditemukan model-model pembelajaran baru agar semakin memperkaya ragam pembelajaran pendidikan nonformal. Bahan ajar yang disajikan adalah pendekatan dan jenis-jenis pengembangan pembelajaran nonformal, metode dan model pengumpulan dan analisis data asesmen program, pengembangan prototipe model program nonformal, pengembangan prototipe model program nonformal, menyusun laporan hasil asesmen dan pengembangan model pembelajaran nonformal. asesmen dan pengembangan model pembelajaran nonformal. Untuk memandu kegiatan perkuliahan digunakan metode pembelajaran berupa diskusi, praktikum mini, tanya jawab, dan presentasi. answer, and presentation. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang sejarah dan konsep pendidikan masyarakat, tujuan dan isi pendidikan masyarakat, hakekat pendidikan masyarakat dalam system pendidikan nasional, bidang garapan pendidikan masyarakat, serta SPEM dan 10 patokan pendidikan masyarakat melalui penjelasan, diskusi dan presentasi.