Mata kuliah ini membahas tentang manajemen perilaku ABK meliputi kaitan manajemen perilaku dengan anak berkebutuhan khusus dan Pendidikan Luar Biasa, hakikat manajemen perilaku, pengertian perilaku dan prinsip dasar perilaku serta manajemen perilaku, peningkatan dan pemeliharaan perilaku, pengurangan dan penghapusan perilaku, problema perilaku anak berkebutuhan khusus, metode dan teknik manajemen perilaku anak berkebutuhan khusus (metode ABA: Applied Behavior Analysis , LEAP, Floor Time , TEACCH, metode Kaufman, teknik: modeling, token economic, assertivitas, relaksasi, self management, social skill management dan manajemen perilaku lain yang sedang trend , misal: Cognitive-behavioral interventions / CBI , dsb.), asesmen dan program berkaitan dengan manajemen perilaku, evaluasi dalam manajemen perilaku. Program (meliputi: perilaku ABK yang akan dikembangkan atau diatasi (target behavior), tujuan, media, bahan, alat, waktu, tempat, langkah-langkah, evaluasi, tindak lanjut), program manajemen perilaku bagi ABK (anak tunanetra, tunarungu wicara, tunagrahita, tunadaksa, autis, ADHD dan anak berkebutuhan khusus lainnya). Pelaksanaan perkuliahan yang berkaitan dengan manajemen perilaku menerapkan case method dan atau project based learning.