Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Kecakapan Abad ke-21, Kerangka Sistem Penilaian Pendidikan pada Abad 21, Sistem penilaian (UN, TIMSS, dan PISA) serta perkembangannya, karakteristik instrumen penilaian (UN, TIMSS, dan PISA), serta mengembangkan instrumen penilaian berdasarkan karakteristik keterampilan abad ke-21. Metode pembelajaran dilakukan melalui kegiatan diskusi repository, penugasan, serta tugas proyek pengembangan instrumen penilaian pembelajaran fisika berbasis keterampilan abad ke-21.
CPMK
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan tentang keterampilan abad ke-21 serta kerangka sistem penilaian pendidikan pada abad ke-21.
- Mahasiswa mampu mengkaji perkembangan sistem penilaian (UN, TIMSS, dan PISA) serta mengevaluasi sistem penilaian yang ada.
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam bidang asesmen setelah mengenal dan menelusuri tentang AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).
- Mahasiswa mampu menelusuri kajian UN, TIMSS, dan PISA sebagai bentuk hasil penelitian oleh peneliti bidang asesmen (memanfaatkan ICT) serta melaporkannya.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi (mengkaji) karakteristik instrumen penilaian dalam UN, TIMSS, dan PISA.
- Mahasiswa mampu merancang instrumen penilaian pembelajaran fisika berbasis keterampilan abad ke-21.
- Mahasiswa mampu menyusun kajian UN, TIMSS, dan PISA untuk meningkatkan pengetahuan pedagogiknya dan menuliskannya dalam bentuk penulisan akademik (artikel ilmiah).