Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini mempelajari tentang proses pengembangan instrumen pendidikan fisika baik tes maupun non-tes sampai pada tahap pengujian kualitas instrumen. Matakuliah ini mempelajari cara menguji kualitas instrumen pendidikan fisika berupa non-tes menggunakan EFA (Exploratory Factor Analysis) , Rasch Analysis , dan CFA (Confirmatory Factor Analysis) selain memperdalam uji kualitas instrumen berupa tes (Analisis Butir Soal) . Matakuliah ini juga memperkenalkan software untuk validasi instrumen penilaian pendidikan fisika seperti ANATES, SPSS, AMOS, dan winstep. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan metode diskusi repository , workshop , collaborative learning , classroom discussion , dan tutorial software .
CPMK
- CPMK-1: Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan pengembangan instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes dan non-tes.
- CPMK-2: Mahasiswa mampu mengkaji proses penguajian kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes menggunakan analisis butir soal.
- CPMK-3: Mahasiswa mampu mengkaji proses pengujian kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk non-tes menggunakan EFA (Exploratory Factor Analysis), Rasch Analysis, dan CFA (Confirmatory Factor Analysis).
- CPMK-4: Mahasiswa mampu mengembangkan instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes maupun non-tes.
- CPMK-5: Mahasiswa mampu menerapkan kajian proses uji kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika (baik dalam bentuk tes maupun non-tes) terhadap instrumen yang telah dikembangkan sebelumnya.
- CPMK-6: Mahasiswa mampu menggunakan software tertentu (misalnya: ANATES, SPSS, AMOS, atau Winstep) untuk mengevaluasi kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika yang telah dikembangkan sebelumnya.
- CPMK-7: Mahasiswa mampu merancang instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes maupun non-tes sampai pada tahap uji kualitas instrumen.
- CPMK-8: Mahasiswa mampu menyusun artikel pengembangan instrumen penilaian pendidikan fisika beserta uji kualitas instrumen untuk meningkatkan pengetahuan pedagogiknya sebagai bekal dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.