•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Un Timss and Pisa Study

Program Studi S1 Pendidikan Fisika UNESA

 
Card image

Course Description

This course studies the process of developing physics education instruments, both test and non-test, up to the stage of testing the quality of the instrument. This course studies how to test the quality of physics education instruments in the form of non-tests using EFA (Exploratory Factor Analysis), Rasch Analysis, and CFA (Confirmatory Factor Analysis) in addition to deepening instrument quality testing in the form of tests (Question Item Analysis). This course also introduces software for validating physics education assessment instruments such as ANATES, SPSS, AMOS, and Winstep. Lectures are carried out using repository discussion methods, workshops, collaborative learning, classroom discussions, and software tutorials.

Program Objectives (PO)

  • CPMK-1: Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan pengembangan instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes dan non-tes.
  • CPMK-2: Mahasiswa mampu mengkaji proses penguajian kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes menggunakan analisis butir soal.
  • CPMK-3: Mahasiswa mampu mengkaji proses pengujian kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk non-tes menggunakan EFA (Exploratory Factor Analysis), Rasch Analysis, dan CFA (Confirmatory Factor Analysis).
  • CPMK-4: Mahasiswa mampu mengembangkan instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes maupun non-tes.
  • CPMK-5: Mahasiswa mampu menerapkan kajian proses uji kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika (baik dalam bentuk tes maupun non-tes) terhadap instrumen yang telah dikembangkan sebelumnya.
  • CPMK-6: Mahasiswa mampu menggunakan software tertentu (misalnya: ANATES, SPSS, AMOS, atau Winstep) untuk mengevaluasi kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika yang telah dikembangkan sebelumnya.
  • CPMK-7: Mahasiswa mampu merancang instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes maupun non-tes sampai pada tahap uji kualitas instrumen.
  • CPMK-8: Mahasiswa mampu menyusun artikel pengembangan instrumen penilaian pendidikan fisika beserta uji kualitas instrumen untuk meningkatkan pengetahuan pedagogiknya sebagai bekal dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengetahuan pedagogik tentang pengembangan instrumen penilaian berbentuk tes dan non-tes
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Instrumen penilaian pendidikan fisika berbentuk Pilihan Ganda dan Essay.
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Instrumen penilaian pendidikan fisika berbentuk Pilihan Ganda dan Essay.
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Melakukan uji coba instrumen penilaian pendidikan fisika yang telah dikembangkan kepada mahasiswa tingkat awal atau siswa SMA.
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Software ANATES untuk melakukan analisis butir soal berbentuk tes.
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Software SPSS untuk melakukan analisis butir soal berbentuk tes.
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Pengetahuan tentang strategi uji kualitas instrumen penilaian berbentuk non-tes.
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Instrumen penilaian pendidikan fisika berbentuk non-tes sesuai dengan KD dalam K-13 yang telah dipilih
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Instrumen penilaian pendidikan fisika berbentuk non-tes sesuai dengan KD dalam K-13 yang telah dipilih
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Pengetahuan tentang analisis kualitas instrumen penilaian berbentuk non-tes untuk penelitian pendidikan fisika (EFA, Rasch Analysis, CFA).
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Pengetahuan tentang analisis kualitas instrumen penilaian berbentuk non-tes untuk penelitian pendidikan fisika (EFA, Rasch Analysis, CFA).
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Software untuk keperluan uji kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk non-tes agar dapat mengukur variabel penelitian pendidikan fisika dengan baik.
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Software untuk keperluan uji kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk non-tes agar dapat mengukur variabel penelitian pendidikan fisika dengan baik.
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Menyusun artikel ilmiah tentang pengembangan instrumen penilaian tes dan non-tes berdasarkan KD Fisika SMA dalam K-13 hingga tahap uji kualitas instrumen.
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  23 Mei 2024

Lecturer

TITIN SUNARTI
TITIN SUNARTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating


Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Fisika
  • Semester5
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10