Course Description
This course studies the process of developing physics education instruments, both test and non-test, up to the stage of testing the quality of the instrument. This course studies how to test the quality of physics education instruments in the form of non-tests using EFA (Exploratory Factor Analysis), Rasch Analysis, and CFA (Confirmatory Factor Analysis) in addition to deepening instrument quality testing in the form of tests (Question Item Analysis). This course also introduces software for validating physics education assessment instruments such as ANATES, SPSS, AMOS, and Winstep. Lectures are carried out using repository discussion methods, workshops, collaborative learning, classroom discussions, and software tutorials.
Program Objectives (PO)
- CPMK-1: Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan pengembangan instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes dan non-tes.
- CPMK-2: Mahasiswa mampu mengkaji proses penguajian kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes menggunakan analisis butir soal.
- CPMK-3: Mahasiswa mampu mengkaji proses pengujian kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk non-tes menggunakan EFA (Exploratory Factor Analysis), Rasch Analysis, dan CFA (Confirmatory Factor Analysis).
- CPMK-4: Mahasiswa mampu mengembangkan instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes maupun non-tes.
- CPMK-5: Mahasiswa mampu menerapkan kajian proses uji kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika (baik dalam bentuk tes maupun non-tes) terhadap instrumen yang telah dikembangkan sebelumnya.
- CPMK-6: Mahasiswa mampu menggunakan software tertentu (misalnya: ANATES, SPSS, AMOS, atau Winstep) untuk mengevaluasi kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika yang telah dikembangkan sebelumnya.
- CPMK-7: Mahasiswa mampu merancang instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk tes maupun non-tes sampai pada tahap uji kualitas instrumen.
- CPMK-8: Mahasiswa mampu menyusun artikel pengembangan instrumen penilaian pendidikan fisika beserta uji kualitas instrumen untuk meningkatkan pengetahuan pedagogiknya sebagai bekal dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.