Deskripsi Mata Kuliah
Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi sains dan HOTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen, bentuk-bentuk instrumen, rubrik/pedoman penilaian, analisis dan interpretasi hasil asesmen, serta pemanfaatannya. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi, penugasan, dan tugas proyek terkait asesmen di sekolah.
CPMK
- CPMK-1: Memahami konsep, pendekatan, prinsip, jenis, dan fungsi asesmen
- CPMK-2: Mengembangkan instrumen untuk mengases proses dan hasil belajar ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap, termasuk literasi dan HOTs (higher order thinking skill), serta mampu menyusun rambu-rambu atau pedoman penilaian dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
- CPMK-3: Terampil mengelola dan menganalisis berbagai hasil asesmen untuk melakukan evaluasi dan memformulasikan umpan balik, termasuk untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus.
- CPMK-4: Menunjukkan kemampuan berpikir kritis dalam memilih pendekatan, metode, dan teknik atau strategi asesmen sesuai dengan indikator atau kompetensi yang diukur.
- CPMK-5: Memiliki sikap bertanggung jawab terhadap hasil pengambilan keputusan dalam mengembangkan dan menerapkan asesmen.