•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Evaluasi Belajar dan Pembelajaran

Program Studi S1 Pendidikan Fisika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi sains dan HOTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen, bentuk-bentuk instrumen, rubrik/pedoman penilaian, analisis dan interpretasi hasil asesmen, serta pemanfaatannya. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi, penugasan, dan tugas proyek terkait asesmen di sekolah.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen dalam konteks pendidikan.
  • Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menerapkan taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk integrasi literasi sains dan HOTs (Higher Order Thinking Skills).
  • Mahasiswa terampil dalam membandingkan serta memilih berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran.
  • Mahasiswa dapat menyusun bentuk-bentuk instrumen asesmen beserta rubrik atau pedoman penilaian yang valid dan reliabel untuk mengukur capaian belajar..
  • Mahasiswa mampu melakukan analisis dan interpretasi hasil asesmen untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran serta sebagai dasar pengembangan strategi perbaikan..
  • Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi tugas proyek asesmen guna menerapkan konsep dan teknik asesmen secara nyata.
  • Mampu mendeskripsikan prinsip dasar asesmen, penyusunan instrumen penilaian ranah pengetahuan, serta analisis kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian pengukuran, asesmen, dan evaluasi.
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis karakteristik asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar.
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    1. Membandingkan taksonomi kognitif Bloom yang lama dan yang direvisi.
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menyusun Instrumen Asesmen Ranah Kognitif
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif berdasarkan data hasil uji coba penilaian hasil belajar fisika.
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Prinsip dasar asesmen, penyusunan instrumen penilaian ranah pengetahuan, serta analisis kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan.
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Hands on activity)
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Minds on Activity)
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Minds on Activity)
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Taksonomi ranah afektif.
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Asesmen otentik.
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Asesmen literasi sains
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Menganalisis penerapan asesmen di sekolah
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Menganalisis penerapan asesmen di sekolah
    • Date  22 Mei 2024

Pustaka

Dosen


TITIN SUNARTI
TITIN SUNARTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Fisika
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10