Deskripsi Mata Kuliah
Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi sains dan HOTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen, bentuk-bentuk instrumen, rubrik/pedoman penilaian, analisis dan interpretasi hasil asesmen, serta pemanfaatannya. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi, penugasan, dan tugas proyek terkait asesmen di sekolah.
CPMK
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen dalam konteks pendidikan.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menerapkan taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk integrasi literasi sains dan HOTs (Higher Order Thinking Skills).
- Mahasiswa terampil dalam membandingkan serta memilih berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran.
- Mahasiswa dapat menyusun bentuk-bentuk instrumen asesmen beserta rubrik atau pedoman penilaian yang valid dan reliabel untuk mengukur capaian belajar..
- Mahasiswa mampu melakukan analisis dan interpretasi hasil asesmen untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran serta sebagai dasar pengembangan strategi perbaikan..
- Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi tugas proyek asesmen guna menerapkan konsep dan teknik asesmen secara nyata.
- Mampu mendeskripsikan prinsip dasar asesmen, penyusunan instrumen penilaian ranah pengetahuan, serta analisis kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan.