Course Description
Study of the meaning, objectives, functions and principles of assessment, taxonomy of cognitive, affective and psychomotor learning outcomes, including scientific literacy and HOTs, various approaches, methods and assessment strategies/techniques, forms of instruments, assessment rubrics/guidelines , analysis and interpretation of assessment results, as well as their use. Learning is carried out through discussions, assignments and project assignments related to assessments at school.
Program Objectives (PO)
- CPMK-1: Memahami konsep, pendekatan, prinsip, jenis, dan fungsi asesmen
- CPMK-2: Mengembangkan instrumen untuk mengases proses dan hasil belajar ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap, termasuk literasi dan HOTs (higher order thinking skill), serta mampu menyusun rambu-rambu atau pedoman penilaian dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
- CPMK-3: Terampil mengelola dan menganalisis berbagai hasil asesmen untuk melakukan evaluasi dan memformulasikan umpan balik, termasuk untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus.
- CPMK-4: Menunjukkan kemampuan berpikir kritis dalam memilih pendekatan, metode, dan teknik atau strategi asesmen sesuai dengan indikator atau kompetensi yang diukur.
- CPMK-5: Memiliki sikap bertanggung jawab terhadap hasil pengambilan keputusan dalam mengembangkan dan menerapkan asesmen.