•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Evaluation of Learning and Learning

Program Studi S1 Pendidikan Fisika UNESA

 
Card image

Course Description

Study of the meaning, objectives, functions and principles of assessment, taxonomy of cognitive, affective and psychomotor learning outcomes, including scientific literacy and HOTs, various approaches, methods and assessment strategies/techniques, forms of instruments, assessment rubrics/guidelines , analysis and interpretation of assessment results, as well as their use. Learning is carried out through discussions, assignments and project assignments related to assessments at school.

Program Objectives (PO)

  • CPMK-1: Memahami konsep, pendekatan, prinsip, jenis, dan fungsi asesmen
  • CPMK-2: Mengembangkan instrumen untuk mengases proses dan hasil belajar ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap, termasuk literasi dan HOTs (higher order thinking skill), serta mampu menyusun rambu-rambu atau pedoman penilaian dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • CPMK-3: Terampil mengelola dan menganalisis berbagai hasil asesmen untuk melakukan evaluasi dan memformulasikan umpan balik, termasuk untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus.
  • CPMK-4: Menunjukkan kemampuan berpikir kritis dalam memilih pendekatan, metode, dan teknik atau strategi asesmen sesuai dengan indikator atau kompetensi yang diukur.
  • CPMK-5: Memiliki sikap bertanggung jawab terhadap hasil pengambilan keputusan dalam mengembangkan dan menerapkan asesmen.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep, pendekatan, prinsip, jenis, dan fungsi asesmen
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Konsep, pendekatan, prinsip, jenis, dan fungsi asesmen
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Instrumen Asesmen Ranah Kognitif
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Instrumen Asesmen Ranah Kognitif
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis kualitas instrumen
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis kualitas instrumen
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis kualitas instrumen
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Hands on activity)
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Instrumen penilaian pendidikan fisika berbentuk non-tes sesuai dengan KD dalam K-13 yang telah dipilih
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Pengetahuan tentang analisis kualitas instrumen penilaian berbentuk non-tes untuk penelitian pendidikan fisika (EFA, Rasch Analysis, CFA).
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Pengetahuan tentang analisis kualitas instrumen penilaian berbentuk non-tes untuk penelitian pendidikan fisika (EFA, Rasch Analysis, CFA).
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Software untuk keperluan uji kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk non-tes agar dapat mengukur variabel penelitian pendidikan fisika dengan baik.
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Software untuk keperluan uji kualitas instrumen penilaian pendidikan fisika dalam bentuk non-tes agar dapat mengukur variabel penelitian pendidikan fisika dengan baik.
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Menyusun artikel ilmiah tentang pengembangan instrumen penilaian tes dan non-tes berdasarkan KD Fisika SMA dalam K-13 hingga tahap uji kualitas instrumen.
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  22 Mei 2024

References

Lecturer


TITIN SUNARTI
TITIN SUNARTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Fisika
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10