Course Description
Study of the meaning, objectives, functions and principles of assessment, taxonomy of cognitive, affective and psychomotor learning outcomes, including scientific literacy and HOTs, various approaches, methods and assessment strategies/techniques, forms of instruments, assessment rubrics/guidelines , analysis and interpretation of assessment results, as well as their use. Learning is carried out through discussions, assignments and project assignments related to assessments at school.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen dalam konteks pendidikan.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menerapkan taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk integrasi literasi sains dan HOTs (Higher Order Thinking Skills).
- Mahasiswa terampil dalam membandingkan serta memilih berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran.
- Mahasiswa dapat menyusun bentuk-bentuk instrumen asesmen beserta rubrik atau pedoman penilaian yang valid dan reliabel untuk mengukur capaian belajar..
- Mahasiswa mampu melakukan analisis dan interpretasi hasil asesmen untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran serta sebagai dasar pengembangan strategi perbaikan..
- Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi tugas proyek asesmen guna menerapkan konsep dan teknik asesmen secara nyata.
- Mampu mendeskripsikan prinsip dasar asesmen, penyusunan instrumen penilaian ranah pengetahuan, serta analisis kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan.