•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Evaluation of Learning and Learning

Program Studi S1 Pendidikan Fisika UNESA

 
Card image

Course Description

Study of the meaning, objectives, functions and principles of assessment, taxonomy of cognitive, affective and psychomotor learning outcomes, including scientific literacy and HOTs, various approaches, methods and assessment strategies/techniques, forms of instruments, assessment rubrics/guidelines , analysis and interpretation of assessment results, as well as their use. Learning is carried out through discussions, assignments and project assignments related to assessments at school.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen dalam konteks pendidikan.
  • Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menerapkan taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk integrasi literasi sains dan HOTs (Higher Order Thinking Skills).
  • Mahasiswa terampil dalam membandingkan serta memilih berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran.
  • Mahasiswa dapat menyusun bentuk-bentuk instrumen asesmen beserta rubrik atau pedoman penilaian yang valid dan reliabel untuk mengukur capaian belajar..
  • Mahasiswa mampu melakukan analisis dan interpretasi hasil asesmen untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran serta sebagai dasar pengembangan strategi perbaikan..
  • Mahasiswa dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi tugas proyek asesmen guna menerapkan konsep dan teknik asesmen secara nyata.
  • Mampu mendeskripsikan prinsip dasar asesmen, penyusunan instrumen penilaian ranah pengetahuan, serta analisis kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian pengukuran, asesmen, dan evaluasi.
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis karakteristik asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar.
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    1. Membandingkan taksonomi kognitif Bloom yang lama dan yang direvisi.
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menyusun Instrumen Asesmen Ranah Kognitif
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis kualitas instrumen penilaian ranah kognitif berdasarkan data hasil uji coba penilaian hasil belajar fisika.
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Prinsip dasar asesmen, penyusunan instrumen penilaian ranah pengetahuan, serta analisis kualitas instrumen penilaian ranah pengetahuan.
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Hands on activity)
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Minds on Activity)
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Instrumen asesmen ranah keterampilan (Minds on Activity)
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Taksonomi ranah afektif.
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Asesmen otentik.
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Asesmen literasi sains
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Menganalisis penerapan asesmen di sekolah
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Menganalisis penerapan asesmen di sekolah
    • Date  22 Mei 2024

References

Lecturer


TITIN SUNARTI
TITIN SUNARTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Fisika
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10