Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling anak usia dini. Mata kuliah ini meliputi dasar-dasar, prinsip-prinsip, ruang lingkup, pendekatan, dan teknik bimbingan dan konseling anak usia dini. Membahas tentang pelaksanaan bimbingan meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian dan membahas tentang penanganan permasalahan anak usia dini meliputi karakteristik anak, perkembangan anak, permasalahan anak, dan langkah-langkah penanganan permasalahan anak usia dini.
CPMK
- Mahasiswa memahami Hakikat Permasalahan dan Bimbingan AUD
- Mahasiswa memahami Perilaku wajar dan tidak wajar pada Anak Usia Dini
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi Permasalahan Anak Usia Dini (Faktor biologis dan psikologis)
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan faktor keluarga dan lingkungan
- Mahasiswa mampu memahami konsep Perkembangan dan Kesiapan anak dalam sekolah (School Readiness)
- Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip diagnostik assessment.
- Mahasiswa mampu memahami Intervensi dan Pendekatan Bimbingan Konseling
- Mahasiswa memahami materi pertemuan 1-7
- Mahasiswa mampu memahami Anak dengan Permasalahan Perilaku
- Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Emosi
- Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Perkembangan dan Kesulitan Belajar
- Mahasiswa mampu memahami konsep Bullying dan Kekerasan di Sekolah
- Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Makan dan Tidur
- Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Kecanduan
- Mahasiswa mampu memahami strategi pemecahan masalah di lingkungan PAUD dan menumbuhkan lingkungan yang Inklusif
- Mahasiswa memahami materi pertemuan 1-16