•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course PERMASALAHAN DAN BIMBINGAN AUD

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling anak usia dini. Mata kuliah ini meliputi dasar-dasar, prinsip-prinsip, ruang lingkup, pendekatan, dan teknik bimbingan dan konseling anak usia dini. Membahas tentang pelaksanaan bimbingan meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian dan membahas tentang penanganan permasalahan anak usia dini meliputi karakteristik anak, perkembangan anak, permasalahan anak, dan langkah-langkah penanganan permasalahan anak usia dini.

CPMK

  • Mahasiswa memahami Hakikat Permasalahan dan Bimbingan AUD
  • Mahasiswa memahami Perilaku wajar dan tidak wajar pada Anak Usia Dini
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi Permasalahan Anak Usia Dini (Faktor biologis dan psikologis)
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan faktor keluarga dan lingkungan
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Perkembangan dan Kesiapan anak dalam sekolah (School Readiness)
  • Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip diagnostik assessment.
  • Mahasiswa mampu memahami Intervensi dan Pendekatan Bimbingan Konseling
  • Mahasiswa memahami materi pertemuan 1-7
  • Mahasiswa mampu memahami Anak dengan Permasalahan Perilaku
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Emosi
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Perkembangan dan Kesulitan Belajar
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Bullying dan Kekerasan di Sekolah
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Makan dan Tidur
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Kecanduan
  • Mahasiswa mampu memahami strategi pemecahan masalah di lingkungan PAUD dan menumbuhkan lingkungan yang Inklusif
  • Mahasiswa memahami materi pertemuan 1-16

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pemahaman konsep dasar bimbingan dan konseling
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Pemahaman pengertian, ruang lingkup, tujuan, dan fungsi bimbingan AUD
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Permasalahan berdasarkan faktor biologis dan psikologis
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Permasalahan berdasarkan faktor keluarga dan lingkungan
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Pemahaman akan (School readiness) Kesiapan anak dalam menghadapi lingkungan sekolah.
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Prinsip-prinsip diagnostik assessment.
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Melakukan pendekatan bimbingan dan konseling untuk anak usia dini.
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Materi pertemuan 1-7
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Anak dengan Permasalahan Perilaku
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Pemahaman Anak dengan Permasalahan Emosi
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Pemahaman Anak dengan Permasalahan Perkembangan dan Kesulitan Belajar
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Pemahaman penanganan penyebab, dampak dan peran bystander dalam kasus kekerasan anak
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Pemahaman penanganan kasus anak dengan Permasalahan Makan dan Tidur
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Pemahaman penanganan kasus Anak dengan Permasalahan Kecanduan
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Pemahaman strategi pemecahan masalah di lingkungan PAUD dan menumbuhkan lingkungan yang Inklusif
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Pemahaman semua materi pertemuan ke-1 sampai 15
    • Date  22 Mei 2024

Dosen

DHIAN GOWINDA LUH SAFITRI
DHIAN GOWINDA LUH SAFITRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10