Course Description
This course examines the basic concepts of guidance and counseling which include understanding, similarities and differences, objectives and functions of early childhood guidance and counseling. This course covers the basics, principles, scope, approaches and techniques of early childhood guidance and counseling. Discusses the implementation of guidance including planning/programs, management, services, data collection techniques, assessment and discusses handling early childhood problems including child characteristics, child development, child problems, and steps for handling early childhood problems.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa memahami Hakikat Permasalahan dan Bimbingan AUD
- Mahasiswa memahami Perilaku wajar dan tidak wajar pada Anak Usia Dini
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi Permasalahan Anak Usia Dini (Faktor biologis dan psikologis)
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan faktor keluarga dan lingkungan
- Mahasiswa mampu memahami konsep Perkembangan dan Kesiapan anak dalam sekolah (School Readiness)
- Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip diagnostik assessment.
- Mahasiswa mampu memahami Intervensi dan Pendekatan Bimbingan Konseling
- Mahasiswa memahami materi pertemuan 1-7
- Mahasiswa mampu memahami Anak dengan Permasalahan Perilaku
- Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Emosi
- Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Perkembangan dan Kesulitan Belajar
- Mahasiswa mampu memahami konsep Bullying dan Kekerasan di Sekolah
- Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Makan dan Tidur
- Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Kecanduan
- Mahasiswa mampu memahami strategi pemecahan masalah di lingkungan PAUD dan menumbuhkan lingkungan yang Inklusif
- Mahasiswa memahami materi pertemuan 1-16