•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Matematika Unesa

 
Study Program  :  Mathematics Education
Establishment Date  :  2 April 2007
Study Program Coordinator  :  Dr. Agung Lukito, M.S.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan Pendidikan Matematika pada kajian proses kognitif pebelajar dalam menyelesaikan tugas matematik dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner yang menjadi rujukan terbaik di Indonesia dan memiliki reputasi baik di tingkat internasional
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang potensial menjadi pendidik, praktisi akademik, dan peneliti dalam bidang pendidikan matematika dan yang mampu menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensinya untuk memecahkan permasalahan pendidikan matematika dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner
  2. Menghasilkan lulusan yang selalu mengembangkan diri melalui studi lebih lanjut, penelitian, dan kegiatan profesional baik di tingkat nasional maupun internasional;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki tanggung jawab profesional dan etis dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.

Nilai_dasar
Karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan (TANGKAAS REK)
Capaian Lulusan Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman matematika, konten pedagogis matematika, dan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mampu menggunakan ide-ide matematis untuk memecahkan masalah matematika.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi secara mandiri dan kritis penelitian pendidikan matematika kontemporer
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
  • 1. Pendidik, 2. Peneliti, dan 3. Praktisi Akademik

    Pendidik yang mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang inovatif pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi.

    Peneliti yang mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan matematika melalui penelitian dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner

    Praktisi yang mampu memberikan solusi terhadap kebutuhan para pemangku kepentingan masyarakat pendidikan matematika.


Struktur Kurikulum Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S2 Pendidikan Matematika 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8410203157 Algebra Abstract 3.00
8410203161 Geometry 3.00
8410203171 Mathematics Learning Innovation 3.00
8410203174 Mathematical Literacy 3.00
8410203170 School Mathematics And Its Teaching 3.00
8410203168 Discrete Mathematics 3.00
8410203149 Research Methodology Mathematics Education 3.00
8410202169 Problems Of Mathematics Education 2.00
8410203177 Mathematics Education Seminar 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8410203160 Analysis Real 3.00
8410203178 Ethnomathematics 3.00
8410202148 Philosophy Of Mathematics Education 2.00
8410203172 School Mathematics Curriculum 3.00
8410203175 Numerical Methods 3.00
8410203181 Mathematical Modeling 3.00
8410203173 Realistic Mathematics Education 3.00
8410203179 Psychology Of Mathematics Education 3.00
8410203180 Learning Design 3.00
8410203159 Statistics And Opportunities 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8410202156 Mathematical Problem Solving 2.00
8410203183 Learning Media Development 3.00
8410202182 Field Experience Practice 2.00
8410203184 Research Proposal 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8410204185 Publication 4.00
8410204163 Thesis 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Rekap PLO Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9
Algebra Abstract 3 100% 100 %
Thesis 6 100% 100 %
Mathematics Education Seminar 3 100% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Tujuan utama program magister dalam pendidikan matematika ini adalah untuk mengembangkan para pendidik dengan pemahaman tentang matematika dan pengajaran serta pembelajarannya, dan dengan kemampuan untuk melakukan penelitian dan praktik profesional di bidang tersebut.
Program ini ditujukan untuk para guru matematika dan lulusan baru program matematika dan pendidikan matematika tingkat sarjana. Program ini akan membantu menyelaraskan pengajaran sekolah saat ini dengan penelitian dan inovasi terbaru dalam pendidikan matematika.
Perkembangan dalam kurikulum matematika sekolah, dan dalam pedagogi, akan dikaitkan dengan kekuatan historis, budaya, dan psikologis matematika yang beroperasi di masyarakat. Dengan demikian, program magister ini juga bertujuan untuk menghasilkan para pendidik yang memiliki pemahaman luas tentang matematika dan pendidikan matematika, dan yang akan memenuhi syarat untuk menghadapi kurikulum sekolah yang berubah dengan cepat dalam beberapa dekade mendatang.

Pada era abad ke-21 ini, tujuan pendidikan tidak hanya dipandang sebagai jembatan untuk mencerdaskan bangsa tetapi sudah bergeser ke arah pendidikan yang memperhitungkan implementasi IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni). Pendidikan magister pendidikan matematika diadakan dengan upaya untuk menghasilkan lulusan yang peka terhadap permasalahan dan memberikan sumbangan solusi yang inovatif, menghasilkan penelitian yang berkontribusi pada kemajuan pendidikan nasional dan internasional, dan mampu mengembangan kebijakan-kebijakan terkait dengan peningkatan pendidikan matematika.
Program studi S2 Pendidikan Matematika melaksanakan kegiatan operasional berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 516/DIKTI/kep/1992 yang berisi izin pembukaan program studi pada tanggal 31 Desember 1992. Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan magister yang potensial menjadi tenaga pendidik di satuan pendidikan dasar sampai perguruan tinggi yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik, berbasis pada hasil penelitian serta perkembangan ilmu dan teknologi serta mempunyai keterampilan sosial, kepribadian, dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kurikulum prodi S2 Pendidikan Matematika akan dievaluasi secara berkala menggunakan prinsip pengembangan kurikulum Universitas Negeri Surabaya, yaitu relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektifitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan matematika, serta asosiasi program studi pendidikan matematika menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, evaluasi juga berdasarkan pertimbangan perkembangan regulasi dan perubahan global dunia, yakni:

  1. Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Keterampilan abad ke-21 yang meliputi keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, komunikasi dan kolaborasi.
  3. Dinamika masyarakat global yang diperlukan untuk antisipasi penyiapan sumber daya manusia seperti ASEAN Free Trade Area (AFTA), Word Trade Organization (WTO), Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).
  4. Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.

Landasan hukum pengembangan kurikulum Prodi S2 Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut.

  1. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  3. Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi.
  4. Permenristidikti Nomor 44 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) Pasal 5, 8 dan 9.
  5. SK Rektor Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi Unesa.
  6. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 79 Tahun 2017 tentang Statuta Unesa.
  7. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  8. SK Rektor Nomor 362/UN38/PP/2020 tentang Kebijakan Akademik Unesa.
  9. Standar Mutu Program Magister Unesa.
  10. Pedoman Akademik Unesa.