•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Matematika Unesa

 
Study Program  :  Mathematics Education
Establishment Date  :  2 April 2007
Study Program Coordinator  :  Dr. Agung Lukito, M.S.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan Pendidikan Matematika pada kajian proses kognitif pebelajar dalam menyelesaikan tugas matematik dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner yang menjadi rujukan terbaik di Indonesia dan memiliki reputasi baik di tingkat internasional
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang potensial menjadi pendidik, praktisi akademik, dan peneliti dalam bidang pendidikan matematika dan yang mampu menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensinya untuk memecahkan permasalahan pendidikan matematika dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner
  2. Menghasilkan lulusan yang selalu mengembangkan diri melalui studi lebih lanjut, penelitian, dan kegiatan profesional baik di tingkat nasional maupun internasional;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki tanggung jawab profesional dan etis dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.

Nilai_dasar
Karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan (TANGKAAS REK)
Capaian Lulusan Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
EthnomathematicsEtnomatematikaMathematics Education SeminarPhilosophy Of Mathematics Education50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
Numerical MethodsRealistic Mathematics Education4032241680Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Analysis RealEtnomatematikaLearning Media DevelopmentMathematical ModelingMathematical Problem SolvingMathematics Education SeminarNumerical MethodsPsychology Of Mathematics EducationPublicationSchool Mathematics CurriculumStatistics And OpportunitiesThesis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Analysis RealEthnomathematicsLearning DesignMathematical LiteracyMathematics Education SeminarModeling MathematicalStatistics And Opportunities6050403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-5 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman matematika, konten pedagogis matematika, dan penelitian pendidikan matematika
Algebra AbstractAnalysis RealDiscrete MathematicsEtnomatematikaGeometryLearning DesignMathematical ModelingMathematical Problem SolvingNumerical MethodsPhilosophy Of Mathematics EducationPublicationRealistic Mathematics EducationResearch Methodology Mathematics EducationSchool Mathematics CurriculumStatistics And OpportunitiesThesis806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-6 Mampu menggunakan ide-ide matematis untuk memecahkan masalah matematika.
Analysis RealLearning Design And EvaluationMathematical LiteracyMathematical ModelingMathematics Education SeminarNumerical MethodsProblems Of Mathematics EducationPsychology Of Mathematics EducationSchool Mathematics And Its TeachingStatistics And Opportunities806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-7 Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif
Learning DesignLearning Media DevelopmentMathematical LiteracyMathematics Learning InnovationRealistic Mathematics Education806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-8 Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis.
Algebra AbstractAnalysis RealDiscrete MathematicsGeometryMathematical Problem SolvingMathematics Education SeminarMathematics Learning InnovationModeling MathematicalNumerical MethodsRealistic Mathematics EducationStatistics And OpportunitiesThesis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-9 Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi secara mandiri dan kritis penelitian pendidikan matematika kontemporer
EthnomathematicsLearning Design And EvaluationMathematics Learning InnovationModeling MathematicalProblems Of Mathematics EducationPsychology Of Mathematics EducationPublicationResearch Methodology Mathematics EducationSchool Mathematics And Its TeachingThesis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Occupational Profiles Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
  • 1. Pendidik

    Pendidik yang mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang inovatif pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi

  • 2. Peneliti

    Peneliti yang mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan matematika melalui penelitian dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner

  • 3. Praktisi Akademik

    Praktisi yang mampu memberikan solusi terhadap kebutuhan para pemangku kepentingan masyarakat pendidikan matematika.

Evaluasi Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum berjalan (on going curriculum) dilakukan secara berkala di prodi S2 Pendidikan Matematika untuk mengidentifikasi informasi terkait pelaksanaan kurikulum berjalan dan memperbaiki kurikulum dilaksanakan melalui forum workshop atau lokakarya kurikulum baik di level prodi maupun di level asosiasi, seperti PPPMI (Perhimpunan Pascasarjana Pendidikan Matematika Indonesia). Evaluasi dilakukan setiap tahun dan restrukturisasi dilakukan setiap 5 tahun.

Sementara itu, tracer study berfokus pada pelacakan karier alumni untuk menilai sejauh mana pendidikan yang mereka terima mempersiapkan mereka untuk dunia kerja. Tracer study memberikan informasi mengenai keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja dan sejauh mana lulusan UNESA mampu memenuhi tuntutan tersebut. Hasil dari tracer study dapat menjadi umpan balik yang berharga dalam perbaikan kurikulum, sehingga kedua proses ini saling melengkapi. Dengan demikian, melalui evaluasi kurikulum yang efektif dan tracer study yang menyeluruh, UNESA dapat memastikan bahwa lulusan memiliki kompetensi yang relevan dan siap menghadapi tantangan di pasar kerja.

Rekap PLO Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9
Philosophy of Mathematics Education 2 42.86% 57.14% 100 %
Statistics and Opportunities 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Psychology of Mathematics Education 2 50% 50% 100 %
Realistic Mathematics Education 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Mathematical Problem Solving 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Analysis Real 3 7.14% 14.29% 50% 7.14% 21.43% 100 %
Algebra Abstract 3 60% 40% 100 %
Thesis 6 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Modeling Mathematical 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Research Methodology Mathematics Education 3 70% 30% 100 %
Etnomatematika 2 25% 50% 25% 100 %
Geometry 3 50% 50% 100 %
School Mathematics Curriculum 3 25% 75% 100 %
School Mathematics and its Teaching 3 50% 50% 100 %
Learning Media Development 3 25% 75% 100 %
Discrete Mathematics 3 50% 50% 100 %
Ethnomathematics 3 50% 25% 25% 100 %
Mathematical Literacy 3 25% 50% 25% 100 %
Learning Design 3 57.14% 14.29% 28.57% 100 %
Publication 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Problems of Mathematics Education 2 71.43% 28.57% 100 %
Mathematical Modeling 3 37.5% 37.5% 25% 100 %
Mathematics Learning Innovation 3 46.15% 15.38% 38.46% 99.99 %
Numerical Methods 3 14.29% 14.29% 14.29% 42.86% 14.29% 100 %
Realistic Mathematics Education 3 66.67% 33.33% 100 %
Psychology of Mathematics Education 3 36.36% 63.64% 100 %
Mathematics Education Seminar 3 16.67% 30% 16.67% 20% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Tujuan utama program magister dalam pendidikan matematika ini adalah untuk mengembangkan para pendidik dengan pemahaman tentang matematika dan pengajaran serta pembelajarannya, dan dengan kemampuan untuk melakukan penelitian dan praktik profesional di bidang tersebut.
Program ini ditujukan untuk para guru matematika dan lulusan baru program matematika dan pendidikan matematika tingkat sarjana. Program ini akan membantu menyelaraskan pengajaran sekolah saat ini dengan penelitian dan inovasi terbaru dalam pendidikan matematika.
Perkembangan dalam kurikulum matematika sekolah, dan dalam pedagogi, akan dikaitkan dengan kekuatan historis, budaya, dan psikologis matematika yang beroperasi di masyarakat. Dengan demikian, program magister ini juga bertujuan untuk menghasilkan para pendidik yang memiliki pemahaman luas tentang matematika dan pendidikan matematika, dan yang akan memenuhi syarat untuk menghadapi kurikulum sekolah yang berubah dengan cepat dalam beberapa dekade mendatang.

Pada era abad ke-21 ini, tujuan pendidikan tidak hanya dipandang sebagai jembatan untuk mencerdaskan bangsa tetapi sudah bergeser ke arah pendidikan yang memperhitungkan implementasi IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni). Pendidikan magister pendidikan matematika diadakan dengan upaya untuk menghasilkan lulusan yang peka terhadap permasalahan dan memberikan sumbangan solusi yang inovatif, menghasilkan penelitian yang berkontribusi pada kemajuan pendidikan nasional dan internasional, dan mampu mengembangan kebijakan-kebijakan terkait dengan peningkatan pendidikan matematika.
Program studi S2 Pendidikan Matematika melaksanakan kegiatan operasional berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 516/DIKTI/kep/1992 yang berisi izin pembukaan program studi pada tanggal 31 Desember 1992. Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan magister yang potensial menjadi tenaga pendidik di satuan pendidikan dasar sampai perguruan tinggi yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik, berbasis pada hasil penelitian serta perkembangan ilmu dan teknologi serta mempunyai keterampilan sosial, kepribadian, dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kurikulum prodi S2 Pendidikan Matematika akan dievaluasi secara berkala menggunakan prinsip pengembangan kurikulum Universitas Negeri Surabaya, yaitu relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektifitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan matematika, serta asosiasi program studi pendidikan matematika menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, evaluasi juga berdasarkan pertimbangan perkembangan regulasi dan perubahan global dunia, yakni:

  1. Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Keterampilan abad ke-21 yang meliputi keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, komunikasi dan kolaborasi.
  3. Dinamika masyarakat global yang diperlukan untuk antisipasi penyiapan sumber daya manusia seperti ASEAN Free Trade Area (AFTA), Word Trade Organization (WTO), Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).
  4. Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.

Landasan hukum pengembangan kurikulum Prodi S2 Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut.

  1. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  3. Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi.
  4. Permenristidikti Nomor 44 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) Pasal 5, 8 dan 9.
  5. SK Rektor Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi Unesa.
  6. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 79 Tahun 2017 tentang Statuta Unesa.
  7. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  8. SK Rektor Nomor 362/UN38/PP/2020 tentang Kebijakan Akademik Unesa.
  9. Standar Mutu Program Magister Unesa.
  10. Pedoman Akademik Unesa.