•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Teknik Elektro Unesa

 
Study Program  :  Electrical Engineering
Establishment Date  :  5 Juni 2012
Study Program Coordinator  :  Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi unggul dan berskala global yang tangguh dan adaptif di Bidang Ilmu Teknik Elektro, berorientasi pada inovasi berbasis kewirausahaan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan
Tujuan
  1. Meningkatkan kualitas pendidikan di bidang teknik elektro dengan mengadopsi standar nasional dan internasional dalam kurikulum, metode pengajaran, dan penilaian, sehingga lulusan memiliki kompetensi yang relevan dan mendunia
  2. Menciptakan dan menghasilkan penelitian yang inovatif dan berdampak positif dalam pengembangan teknologi elektro yang mendukung pembangunan berkelanjutan, serta mendorong lahirnya usaha baru yang berorientasi pada solusi berkelanjutan
  3. Mengaplikasikan teknologi elektro dalam memberdayakan masyarakat dan industri dengan pendekatan berkelanjutan melalui program pelatihan, penelitian terapan, serta pengembangan solusi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan lingkungan

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi sesuai dengan standar nasional dan internasional dalam bidang teknik elektro yang tangguh dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, dengan mengintegrasikan kurikulum yang komprehensif, metode pengajaran inovatif, dan pengalaman praktis untuk menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi di skala global.
  2. Mengembangkan penelitian dasar, pengembangan, dan inovasi yang berpotensi mendorong lahirnya usaha baru, dengan fokus pada pengembangan teknologi elektro yang dapat mengatasi tantangan pembangunan berkelanjutan.
  3. Menerapkan teknologi elektro untuk memberdayakan masyarakat dan industri secara berkelanjutan melalui program pelatihan, penelitian terapan, dan solusi teknologi yang adaptif.

Nilai_dasar
Unesa Satu Langkah di Depan Untuk Indonesia Maju
Capaian Lulusan Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
EnglishIntroduction To Electrical Engineering And Information TechnologyModern Control SystemsNetworkOptimal Control SystemPneumatic And Hydroulic Control Systems ComputerSensors And ActuatorsSystems Wireless Communication Systems50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
Antennas And PropagationArtificial Intelligence And Big Data AnalysisBasic ChemistryCalculus IiData Acquisition TechniquesElectric Power System OperationsEmbedded SystemsIndustrial ElectronicsIntelligent Control SystemsIot SystemsKalkulus ILinear AlgebraMedan ElektromagnetikMultimedia Signal ProcessingPhysics IPhysics IiPneumatic And Hydroulic Control Systems ComputerPower System AnalysisPower System ProtectionPracticum Basics Of Algorithms And Programming IiProbability And Random VariablesProbability And StatisticsProgramming Algorithms InteractiveResearch MethodologySecurity MultimediaSimulationStatisticsSystems Wireless Communication SystemsVector Analysis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
English403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-5 Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro
Dibebankan pada matakuliah:
BasicBasic Algorithms And Programming IBasic ChemistryBasic Control SystemsBasics Of Algorithms And Programming IiCalculus IiCircuits IComputer Programming AlgorithmsDigital Signal ProcessingDiscrete MathematicsElectrical Circuits IiElektronika AnalogElektronika DayaElektronika DigitalIntroduction To Electrical Engineering And Information TechnologyKalkulus ILinear AlgebraMatematika Teknik IMathematics Engineering IiMedan ElektromagnetikModern Control SystemsOptimal Control SystemPhysics IPhysics IiPneumatic And Hydroulic Control Systems ComputerPracticum Basics Of Algorithms And Programming IiProbability And Random VariablesProbability And StatisticsProgramming Algorithms InteractiveResearch MethodologyStatisticsSystems Wireless Communication SystemsTransmission And Distribution SystemsVector Analysis806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-6 Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro
Dibebankan pada matakuliah:
Antennas And PropagationBasic Algorithms And Programming IBasic ChemistryBasic Control SystemsBasics Of Algorithms And Programming IiCircuit PracticumCircuits IComputer Programming AlgorithmsDigital Electronics PracticumDiscrete MathematicsElectric Power System OperationsElectrical Circuits IiElektronika AnalogElektronika DayaElektronika DigitalEmbedded SystemsEngineering Physics Practicum IEngineering Physics Practicum IiIntelligent Control SystemsIot SystemsKalkulus IMatematika Teknik IMathematics Engineering IiMenggambar TeknikMicroprocessors And MicrocontrollersPhysics Practicum IPhysics Practicum IiPractical Digital CircuitsPracticum Analog Electronics ElectricPraktikum Sistem KontrolProgramming Algorithms InteractiveProgramming PracticumResearch MethodologySensors And ActuatorsSimulationSystems Electrical Engineering ProjectsSystems Wireless Communication SystemsTransmission And Distribution Systems806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-7 Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen di laboratorium/lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik
BasicBasic Control SystemsCircuit PracticumCircuits IData Acquisition TechniquesDigital Electronics PracticumElectrical Circuits IiElectricity MeasurementMenggambar TeknikMultimedia Signal ProcessingOf Standards And Regulations In Power SystemsPhysics Practicum IPhysics Practicum IiPractical Digital CircuitsPracticum Analog Electronics ElectricPracticum Basics Of Algorithms And Programming IiPraktikum Sistem KontrolProgramming PracticumReliability Engineering And System SafetySensors And ActuatorsStatisticsSystems Electrical Engineering ProjectsVector Analysis806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-8 Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro
Dibebankan pada matakuliah:
BasicBasic ChemistryBasic Control SystemsCalculus IiData Acquisition TechniquesDigital Signal ProcessingDiscrete MathematicsElectric Power System OperationsElektronika AnalogElektronika DayaElektronika DigitalEmbedded SystemsEngineering Physics Practicum IEngineering Physics Practicum IiIntelligent Control SystemsIot SystemsKalkulus ILinear AlgebraMatematika Teknik IMathematics Engineering IiMedan ElektromagnetikMenggambar TeknikMicroprocessors And MicrocontrollersNetworkPhysics IPhysics IiPhysics Practicum IPhysics Practicum IiPower System AnalysisPracticum Analog Electronics ElectricProbability And Random VariablesProbability And StatisticsProgramming Algorithms InteractiveResearch MethodologySecurity MultimediaStatisticsSystems Electrical Engineering ProjectsTransmission And Distribution SystemsVector Analysis6040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-9 Mampu menerapkan metode, keterampilan, dan piranti teknik elektro modern yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang keteknikan, khususnya memiliki pengetahuan lanjut pada salah satu bidang keahlian Teknik Tenaga Listrik, Telekomunikasi dan Komputasi Cerdas, Teknik Elektronika, dan Teknik Pengatutan
Dibebankan pada matakuliah:
Antennas And PropagationArtificial Intelligence And Big Data AnalysisBasicBasic Algorithms And Programming IBasic Control SystemsBasics Of Algorithms And Programming IiComputer Programming AlgorithmsDigital Signal ProcessingElectrical Circuits IiElektronika AnalogElektronika DigitalEmbedded SystemsIndustrial ElectronicsIntelligent Control SystemsIntroduction To Electrical Engineering And Information TechnologyIot SystemsMicroprocessors And MicrocontrollersModern Control SystemsMultimedia Signal ProcessingNetworkOptimal Control SystemPhysics Practicum IPneumatic And Hydroulic Control Systems ComputerPower System ProtectionProbability And Random VariablesProgramming Algorithms InteractiveSecurity MultimediaSensors And ActuatorsSimulationStatisticsSystems Wireless Communication SystemsTransmission And Distribution Systems6050403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-10 Mampu menyampaikan ide dan/atau gagasan hasil kerja dan inovasi dibidang teknik elektro secara efektif baik lisan maupun tulisan
Dibebankan pada matakuliah:
Artificial Intelligence And Big Data AnalysisCircuits IDigital Signal ProcessingElectrical Circuits IiElectricity MeasurementEmbedded SystemsEnglishIndustrial ElectronicsIntroduction To Electrical Engineering And Information TechnologyIot SystemsMenggambar TeknikMicroprocessors And MicrocontrollersNetworkOf Standards And Regulations In Power SystemsPneumatic And Hydroulic Control Systems ComputerPower System AnalysisPraktikum Sistem KontrolProgramming Algorithms InteractiveReliability Engineering And System SafetyResearch MethodologySecurity MultimediaStatisticsSystems Electrical Engineering Projects50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-11 Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada dibidang teknik elektro
Circuit PracticumElectricity MeasurementEngineering Physics Practicum IEngineering Physics Practicum IiIntroduction To Electrical Engineering And Information TechnologyMicroprocessors And MicrocontrollersPhysics Practicum IPower System ProtectionPraktikum Sistem KontrolProgramming PracticumResearch MethodologyStatisticsSystems Electrical Engineering Projects50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Occupational Profiles Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya
  • Praktisi Teknik Elektro

    Bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, menguji, dan memelihara sistem listrik dan elektronik. 

  • Peneliti di Bidang Teknik Elektro

    Mengembangkan pengetahuan baru dan inovasi teknologi melalui penelitian mendalam untuk memecahkan masalah teknik elektro yang kompleks, mengembangkan teknologi baru, dan mempublikasikan temuan mereka dalam jurnal ilmiah dan konferensi

  • Wirausahawan Teknik

    Individu yang menggabungkan pengetahuan teknis dengan keterampilan bisnis untuk memulai, mengembangkan, dan mengelola usaha berbasis teknologi, berfokus pada inovasi dan penerapan teknologi baru untuk menciptakan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan pasar dan memberikan solusi teknis yang efisien


Struktur Kurikulum Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Teknik Elektro 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020103439 LINEAR ALGEBRA 3.00
1000002003 INDONESIAN 2.00
2020102437 PHYSICS I 2.00
2020103262 KALKULUS I 3.00
2020103440 DISCRETE MATHEMATICS 3.00
1000002018 PANCASILA EDUCATION 2.00
2020102441 INTRODUCTION TO ELECTRICAL ENGINEERING AND INFORMATION TECHNOLOGY 2.00
2020101438 PHYSICS PRACTICUM I 1.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
2020103445 PROGRAMMING ALGORITHMS INTERACTIVE 3.00
2020102442 PHYSICS II 2.00
2020103266 CALCULUS II 3.00
1000002033 CITIZENSHIP 2.00
2020102297 NUMERICAL METHODS 2.00
2020101443 PHYSICS PRACTICUM II 1.00
2020103444 STATISTICS 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020103457 VECTOR ANALYSIS 3.00
2020102400 ELEKTRONIKA ANALOG 2.00
2020102401 ELEKTRONIKA DIGITAL 2.00
2020103456 BASIC CHEMISTRY 3.00
2020102324 MENGGAMBAR TEKNIK 2.00
2020101403 PRACTICUM ANALOG ELECTRONICS ELECTRIC 1.00
2020101404 DIGITAL ELECTRONICS PRACTICUM 1.00
2020103451 PROBABILITY AND RANDOM VARIABLES 3.00
2020102164 CIRCUITS I 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020102402 BASIC CONTROL SYSTEMS 2.00
2020102376 BASIC 2.00
2020102298 ELEKTRONIKA DAYA 2.00
1000002047 PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS 2.00
2020103116 DIGITAL SIGNAL PROCESSING 3.00
2020103458 DIFFERENTIAL EQUATIONS 3.00
2020101277 PRAKTIKUM SISTEM KONTROL 1.00
2020101453 TELECOMMUNICATION SYSTEMS PRACTICUM 1.00
2020101452 ELECTRICAL POWER SYSTEMS PRACTICUM 1.00
2020102166 ELECTRICAL CIRCUITS II 2.00
2020102446 ELECTRICAL POWER SYSTEMS LANDSCAPE 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020103382 POWER SYSTEM ANALYSIS 3.00
2020102335 ANTENNAS AND PROPAGATION 2.00
2020102422 MICROELECTRONIC SEMICONDUCTOR DEVICES 2.00
2020103290 EMBEDDED SYSTEMS 3.00
2020102408 ARTIFICIAL INTELLIGENCE AND BIG DATA ANALYSIS 2.00
1000002176 ENTREPRENEURSHIP 2.00
2020102333 INTELLIGENT COMPUTING 2.00
2020102410 MACHINE TEMPERATURE ELECTRICAL MACHINES 2.00
2020103090 MICROPROCESSORS AND MICROCONTROLLERS 3.00
2020102334 MULTIMEDIA SIGNAL PROCESSING 2.00
2020101279 EMBEDDED SYSTEM PRACTICUM 1.00
2020102405 SYSTEMS ELECTRICAL ENGINEERING PROJECTS 3.00
2020102177 SENSORS AND ACTUATORS 2.00
2020102311 SIMULATION 2.00
2020102193 SYSTEMS WIRELESS COMMUNICATION SYSTEMS 2.00
2020102310 ADAPTIVE CONTROL SYSTEMS 2.00
2020102348 INTELLIGENT CONTROL SYSTEMS 2.00
2020103406 POWER TRANSMISSION AND DISTRIBUTION SYSTEMS 3.00
2020102321 DATA ACQUISITION TECHNIQUES 2.00
2020102360 TELEMETRY AND CONTROL 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
2020120447 MK LIVING IN SOCIETY 20.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002177 ENGLISH 2.00
2020102418 BROADBAND OPTICAL NETWORK 2.00
2020102386 CLOUD COMPUTING 2.00
2020102415 INDUSTRIAL ELECTRONICS 2.00
2020102045 INSTRUMENTATION AND BIOMEDICAL SIGNAL PROCESSING 2.00
2020102413 ELECTRICAL NETWORKS INTELLIGENT 2.00
2020102283 NETWORK 2.00
2020102424 SECURITY MULTIMEDIA 2.00
2020102058 ELECTRIC POWER SYSTEM CONTROL 2.00
2020102414 ENERGY CONVERSION AND RENEWABLE ENERGY 2.00
2020102075 MACHINE VISION 2.00
2020102412 MANAGEMENT AND ECONOMICS ELECTRIC POWER ENGINEERING 2.00
2020102089 RESEARCH METHODOLOGY 2.00
2020102417 NEW GENERATION NETWORK 2.00
2020102409 ELECTRIC POWER SYSTEM OPERATIONS 2.00
2020102365 OPTO ELECTRONICS 2.00
2020102330 DIGITAL IMAGE PROCESSING 2.00
2020102141 ELECTRICAL DRIVE CONTROL SYSTEM PRACTICUM 2.00
2020102407 PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK 2.00
2020102341 RADAR AND NAVIGATION 2.00
2020102174 INDUSTRIAL ROBOTS 2.00
2020102346 IOT SYSTEMS 2.00
2020102420 ELECTRIC MOTOR CONTROL 2.00
2020102296 ELECTRONIC CONTROL SYSTEMS ELECTRICAL 2.00
2020102454 OPTIMAL CONTROL SYSTEM 2.00
2020102203 ELECTRIC DRIVE CONTROL SYSTEMS 2.00
2020102362 PNEUMATIC AND HYDROULIC CONTROL SYSTEMS COMPUTER 2.00
2020102207 REAL TIME CONTROL SYSTEMS 2.00
2020102419 INDUSTRIAL AUTOMATION SYSTEMS 2.00
2020102411 STANDARDS AND REGULATIONS POWER SYSTEMS 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2020102301 INDUSTRIAL MANAGEMENT 2.00
1000002104 SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT 2.00
1000004105 THESIS 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum dan Tracer Study merupakan dua komponen penting dalam pengembangan dan pemantauan program pendidikan, termasuk program studi Teknik Elektro. Evaluasi kurikulum membantu memastikan bahwa isi kurikulum tetap relevan, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan industri. Sementara itu, Tracer Study merupakan alat yang sangat berharga dalam mengevaluasi kesuksesan lulusan program studi, termasuk pemahaman mereka tentang materi pelajaran, kesiapan untuk dunia kerja, dan kontribusi mereka dalam karier mereka. Hasil tracer studi sudah terangkum dalam lampiran.

Perubahan mendasar dari Kurikulum Prodi TE 2023terletak pada penyesuaian status UNESA sebagai PTNBH, mata kuliah basic science, capstonedesign, muatan teknologi informasi, dan MBKM Teknik Elektro

Tabel  2. Evaluasi kurikulum 2020 dan tindak lanjutnya pada Kurikulum 2023

NoTopik Evaluasi

Kurikulum  

2020

TinjauanRencana Tindak Lanjut

Kurikulum

2023

1

MK matematika dan basic scince(%)

 

Bahan kajian matematika dan basicscence ada yang sudah dalambentuk mata kuliah tersendiri namun adasebagianmasih menjadibahankajian pada mata kuliah dasar Teknik elektro,

 

Mata kulih matematika dan basic scienceyang secara eksplisitterpisah ada 25SKS (17,36%) terdiri: 

  1. Matematika

Teknik I (3 SKS)

  1. Matematika

Teknik II (3 SKS)

  1. Fisika Teknik I (2 SKS)
  2. Fisika Teknik II (2 SKS)
  3. Praktikum Fisika Teknik I (1 SKS)
  4. Praktikum Fisika Teknik II (1 SKS)
  5. Medan Elektromagnetik (3 SKS)
  6. Metode Numerik (3 sks)
  7. Probabilitas dan Statistik (3 SKS)
  8. Kalkulus I (2 SKS)
  9. Kalkulus II (2 SKS) 

Persyaratan LAM TEKNIK: Mata kuliah basicscience minimal 25 SKS

 

Persyaratan IABEE: Minimal 20% dariSKS total(29SKS)

 

Hasil FGD Pengguna:Penguasaanbasic sciencesangat penting untuk bekal bekerja

 

Bahan kajian matematika dan basicscience dikelompokan menjadi matakuliah khusus basic science mencapai 33 SKS(23,61%)

 

Dibentuk MK matematikadan basic science dengan total33 SKS, meliputi MK:

  1.  Aljabar Linier (3 SKS)

Matematika Diskrit (3 SKS)

  1. Fisika I (2 SKS)
  2. Fisika II (2 SKS)
  3. Praktikum Fisika I (1 SKS)
  4. Praktikum Fisika II (1 SKS)
  5. Kimia Dasar (3 SKS)
  6. Analisis vektor (3 sks)
  7. Statistika (3 SKS)
  8. Kalkulus I (3 SKS)
  9. Kalkulus II (3 SKS) 
  10. Persamaan Diferensial ( 3 SKS)
  11. Probabilitas dan Variabel Acak(3 SKS)
  12. Matematika Diskrit(3 SKS)

 

2

Capstone design


 

 

Capstone design pada Kurikulum 2020 belum memenuhisyarat karena belum melibatkanpihak industri dalam pelaksanaannya. Mata kuliah pada

Kurikulum 2020 yang menjadicikal bakal capstone design adalah: 

Mikroprosesor dan Mikrokontroler (3 SKS) 

Proyek Teknik Elektro (2 SKS) Sensor dan Aktuator (2 SKS)

 

Total: 7 SKS

 

 

Persyaratan IABEE/LAM TEKNIKCapstone design merupakanhilirisasi matakuliah (ada di semester akhir), dan mencakuphighorder thinking, dan melibatkanpihak eksternaldalam pelaksanaanya

 

Hasil FGD Pengguna,mahasiswa,dan alumni: perlu ditambahkan pengalamanproyek

 

Menyusun Buku panduan 

Capstone Design Prodi dengan MK proyek Teknik elektro yang dibuat menjadi 3 SKS, yang memenuhi persyaratan IABEE/ LAMTEKNIK, dan sesuai masukandaripengguna, mahasiswa,

alumni, pengguna dan pihak industri 

 

 

MK: Capstone Designberupa:

- Proyek Teknik Elektro (P), dengan bobot 3 SKS pada semester 7

merupakan MK Praktikum.

- berupa praktek mengerjakan proyek riil dikampus

kerjasama dengan praktisi, industri konstruksi dan atau alumni

- teori dansoftware sudah diberikan dalamMK sebelumya

- soal diberikan oleh praktisi

- praktisi memberikan tutorial, dan pengawasan, serta evaluasidi dalam kelas

- makasiswa dapat memilih salah satu jenis proyekyangditawarkan: Teknik system tenaga, Teknik elektronika, Telekomunikasi dan Komputasi cerdas, Teknik Pengaturan.

 

3MK TIK (TeknologiInformasi dan Komunikasi ), dan literasi

MK Komunikasi sudah ada, tapi MKTIK ada namun belum menyebutkan eksplisit di MK. Matakuliahkomunikasi yangsudah ada:

Bahasa Indonesia

Literasi 

Literasi Digital

 

Persyaratan IABEE: harus ada MK dengan muatan TI

 

Persyaratan KPT di Era Industri4.0 untukmendukungMBKM: harus ada muatanliterasiBig Data

 

Hasil dari FGD Pengguna: Lulusan kurangmenguasai konsep software Elektro

 

Ditambahkan bahan kajian muatan TIK dan Bahasa asing 

 

MK baru: Pengantar Teknik Eelktro dan Teknologi Informasi (2 SKS) yangbertujuan memberipemahaman kepada mahasiswauntuk membaca, menganalisis, menggunakan bidang teknik elektro dan data dan informasi (big data) diduniadigital. Materi meliputi literasi data digital, sumber pustaka,teknologi artificial intelegent, dan engineering principle

Serta penambahan mk Bahasa Iggris (2 SKS)

4MK penciri UNESAMK kewirausahaan belum menjadi mk wajibSesuai dengan Visi UNESADitambahkan MK kewirausahaan

MK Baru:

Kewirausahaan (2 SKS)

Perubahan pada Kurikulum 2023 ini juga sesuai dengan masukanyang diperoleh dari kegiatan benchmarking yang dilaksanakan oleh Prodi TE FT UNESAdengan berkunjung ke kampus lain, yaitu ke Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Surabaya, atau hasil diskusi dari kampus lain yang berkunjung ke Prodi TE FT UNESA, seperti dari Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Nusa Cendana.

Secara komprehensif penerapan outcome based education diProdi TE melibatkan tiga komponen yang integral yakni:

Outcome-based curriculum. Pada aspek ini, salah satu pertanyaan kuncinya adalah, “Apa yang mampu dilakukan alumni setelah lulusdari Prodi Teknik Elektro?’. Untuk menjawab pertanyaan, ini Prodi Teknik Elektro menyusun rumusan eksplisit Capaian Pembelajaran kurikulum 2023.

Outcome-based learning and teaching. Selanjutnya aspek ini menanyakan, “Bagaimana cara yang dilakukan untuk membuatmahasiswa mencapai capaianbelajar tersebut?” Prodi TeknikElektro mengimplementasikan kurikulum dengan pembelajaran berpusat pada mahasiswa: Case Study dan Project Based Learning

Outcome-based assessment. “Bagaimana mengukur Capaian Pembelajaran yang telah dicapai mahasiswa?” adalah pertanyaan kunci berikutnya. Untuk menjawabnya, Prodi TeknikElektro akan melakukan asesmen pembelajaran dengan menggunakan rubrik penilaian untuk mengukur sejauh mana capaian pembelajaran diraih.

Dengan mengintegrasikan paradigma pendidikan berbasis outcomes yang selaras dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan kriteria badan akreditasi pendidikan

rekayasa di dunia (mis: IABEE, ABET, JABEE)Kurikulum 2023 dirancang dan diimplementasikan oleh Prodi Teknik Elektro dengan:

  • Menggunakan pernyataan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) (Expected Learning Outcomes) untuk menyatakan dengan eksplisit kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai oleh lulusan Prodi TE.
  • Menyediakan kegiatan pembelajaran di Prodi TE yang membantu mahasiswa mencapai CPL tersebut.
  • Mengukur sejauh mana mahasiswa Prodi TE dapat memenuhi CPL dengan menggunakan kriteria penilaian yang eksplisit seperti rubrik penilaian.

Dalam penyusunan Kurikulum 2023, Tim Kerja Kurikulum Program Studi TE FT UNESA menggunakan cara kerja yang mengacu pada bagan proses dan tahapan penyusunan kurikulum yang dikembangkan oleh DIKTI tahun 2020. Bagan tersebut terlihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Tahap Pengembangan Kurikulum

Mengacu pada Gambar 1, terdapat tiga tahap penyusunan kurikulum, yakni: Tahap 1. Perumusan Profil Profesional Mandiri (PPM) (Profesional Profile).

Pada tahapan ini dirumuskan profil lulusan yang diinginkan dari hasil tracer study, masukan dari stakeholder danasosiasi, dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar. Profil lulusan juga dirumuskan sesuai visi dan misi universitas, fakultas dan prodi dengan mempertimbangkan nilai-nilai dan kekhasan dari universitas (prodi).

Tahap 2. Perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) (Expected Learning Outcomes). Tahap ini dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan pasar terhadap lulusan dan kajian bagaimana institusi (UNESA,FT, Prodi TE) mampu memenuhinya dengan mempertimbangkan kebijakan internal institusi. Dengan menggunakan

analisis ini, ProgramStudi TE merumuskan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL).

Tahap 3. Bahan Kajian: Body of Knowledge (BOK) Electrical Engineering

Setelah CPL terumuskan pada tahap ke-2, bahan kajian program sarjana Teknik Elektro disusun untuk meraih CPL tersebut. Tahap ini dimulai dengan kajian Body of Knowledge (BOK) Eelctrical Engineering yang mencakup tingkat kedalaman, keluasan dan kemampuan yang akan dicapai lulusan. Pada tahap ini dilakukan penyusunan matriks bahan kajian dan CPL. Tahap terakhir adalah menyusun struktur kurikulum untuk memastikan bahwa setiap mata kuliah (bahan kajian) berkontribusi secara selaras dalam mencapai CPL. Silabus tiap mata kuliah harus menyatakan tujuan yang mencerminkan kemampuan (outcomes) mahasiswa setelah belajar.

2. Tracer Studydan Analisis Pemangku Kepentingan

 

Untuk merancang kurikulum secara memadai, Program Studi TE melakukan tracer study dengan kerjasama dengan Direktorat kemahasiswaan dan alumni dan analisis masukan dari pemangku kepentingan (stakeholders). Mekanisme penjaringan masukan dilakukan dengan cara survei, kunjungan proyek,tracer study, serta kuisioner dan hearing dalam forum diskusi. Stakeholders yang terlibat meliputi stakeholder internal, yaitu dosen, mahasiswa, tenaga pendidikan, alumni, dan stakeholder eksternal yaitu, pengguna, asosiasi programstudi, industri,dan pakar bidang studi. Rangkuman hasil penjaringan tersebut ditampilkan dalam Tabel 3.

Tabel 3. Masukan Pemangku Kepentingan

Pemangku KepentinganMasukan
Mahasiswa

a.     Mahasiswa kurang memahamiketerkaitan antara mata kuliah

b.    Mata kuliah yang diampu oleh beberapa dosen dalam kelas paralel terkadang berbeda pada materi, kedalamandan keluasan materi.

c.     Mahasiswa memandang bahwa dosen perlu meningkatkan (upgrade) pengetahuan/tingkatkompetensi, dan bahan kuliah selalu diupdate

d.    Sistem pembelajaran kombinasi antara kuliah luring dan daring (blended learning)

Lulusan
  1. Perlu tambahanpengetahuan lain diluarbidang teknik elektro
  2. Perlu pengetahuan tentang kehidupan didunia kerja
  3. Perlu pengetahuan tentang aplikasi-aplikasi perangkat lunak di bidang trknik elektro
  4. Perlu keterampilan komunikasi baik lisanmaupun tulisan
  5. Memerlukan peningkatan kemampuan bekerja mandiri dan bekerjasamadalam tim
  6. Perlu peningkatan kemampuanmanagerial dankepemimpinan
Alumni
  1. KerjasamaProdi dan alumni perlu ditingkatkan,
  2. Diperlukan kemampuan kreatif, inisiatif,dan sifatingin selalu belajar
  3. Kemampuan berorganisasi perlu di tingkatkan
  4. Memiliki integritas, bertanggungjawab, dan profesional
  5. Perlu diberikan kuliah tentang aplikasi/ pelaksanaan proyek dan motivasi
Dosen
  1. Mata kuliah yang mendorong kemampuan capstone design perlu dikembangkan dan diperkuat,
  2. Rencana pembelajaran perlu diperbaikisecara kontinu,
  3. Semua dosen perlu didorong untuk disiplin melaksanakan rencana pembelajaran yangtelah dibuat bersama
Pengguna Lulusan/Industri
  1. Menyiapkan lulusan baik yang siapbekerja langsung maupun yangsiap latih, 
  2. Kemampuan bekerjasama dalam tim,kepemimpinan, belummemadai 
  3. komukasi yang belum memadai,
  4. Kemampuan adaptasi terhadapdunia kerja perlu dibangun,
  5. Kemampuan praktek rekayasa mutahir kurang terasah, keterlibatan praktisi dalam proses pembelajaran kurang
  6. Pengetahuan tentang peraturan, code,penggunaansoftware-software perancangan danmanajemenproyek kurang,
  7. Beberapa lulusan memiliki IPK yang tinggi, tetapi kemampuan tidak mencerminkan IPK nya.
  8. Pelaksanaan Kerja Praktek belum terarah.

 

Rekap PLO Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Computer Programming Algorithms 2 38.89% 11.11% 50% 100 %
English 3 100% 100 %
Digital Signal Processing 3 25% 12.5% 50% 12.5% 100 %
of Standards and Regulations in Power Systems 2 55% 45% 100 %
Modern Control Systems 2 28.57% 28.57% 42.86% 100 %
Praktikum Sistem Kontrol 1 12.5% 50% 12.5% 25% 100 %
Power System Analysis 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Network 3 40% 40% 20% 100 %
Elektronika Daya 2 20% 40% 40% 100 %
Optimal Control System 3 25.81% 38.71% 35.48% 100 %
Medan Elektromagnetik 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Research methodology 2 22.58% 22.58% 22.58% 3.23% 25.81% 3.23% 100 %
Sensors and Actuators 2 16.67% 16.67% 16.67% 50% 100 %
Basic Control Systems 3 37.5% 18.75% 43.75% 100 %
Systems Wireless Communication Systems 2 50% 20% 10% 10% 10% 100 %
Microprocessors and Microcontrollers 3 38.46% 15.38% 15.38% 15.38% 15.38% 99.98 %
Circuits I 2 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Electrical Circuits Ii 2 37.5% 6.25% 6.25% 37.5% 12.5% 100 %
Mathematics Engineering Ii 3 30% 30% 40% 100 %
Electricity Measurement 2 60% 20% 20% 100 %
Iot Systems 2 20% 30% 10% 30% 10% 100 %
Pneumatic and Hydroulic Control Systems Computer 2 12.9% 25.81% 32.26% 19.35% 9.68% 100 %
Basic 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Programming Practicum 1 28.57% 35.71% 35.71% 99.99 %
Probability and Statistics 3 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Circuit Practicum 1 41.67% 33.33% 25% 100 %
Power System Protection 2 31.25% 43.75% 25% 100 %
Intelligent Control Systems 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Antennas and Propagation 2 50% 33.33% 16.67% 100 %
Menggambar Teknik 2 58.33% 16.67% 16.67% 8.33% 100 %
Multimedia Signal Processing 2 25% 25% 50% 100 %
Practical Digital Circuits 1 50% 50% 100 %
Calculus II 3 30.77% 38.46% 30.77% 100 %
Transmission and Distribution Systems 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Engineering Physics Practicum I 1 14.29% 42.86% 42.86% 100 %
Engineering Physics Practicum Ii 1 20% 60% 20% 100 %
Basic Algorithms and Programming I 2 20% 40% 40% 100 %
Basics of Algorithms and Programming Ii 2 25% 50% 25% 100 %
Practicum Basics of Algorithms and Programming Ii 1 50% 25% 25% 100 %
Elektronika Analog 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Elektronika Digital 2 25% 25% 33.33% 16.67% 100 %
Basic Control Systems 2 41.67% 33.33% 12.5% 12.5% 100 %
Practicum Analog Electronics Electric 1 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Digital Electronics Practicum 1 66.67% 33.33% 100 %
Artificial Intelligence and Big Data Analysis 2 25% 50% 25% 100 %
Electric Power System Operations 2 42.86% 42.86% 14.29% 100 %
Industrial Electronics 2 35.71% 57.14% 7.14% 99.99 %
Systems Electrical Engineering Projects 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Matematika Teknik I 3 16.67% 50% 33.33% 100 %
Kalkulus I 2 25% 25% 50% 100 %
Calculus II 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Reliability Engineering and System Safety 2 10% 80% 10% 100 %
Data Acquisition Techniques 2 25% 37.5% 37.5% 100 %
Kalkulus I 3 10% 25% 30% 35% 100 %
Network 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Simulation 2 21.43% 35.71% 42.86% 100 %
Embedded Systems 3 14.29% 14.29% 28.57% 28.57% 14.29% 100 %
Security Multimedia 2 25% 25% 25% 25% 100 %
English 2 20% 40% 40% 100 %
Linear Algebra 3 16.67% 46.67% 36.67% 100 %
Physics I 2 38.46% 30.77% 30.77% 100 %
Discrete Mathematics 3 66.67% 8.33% 25% 100 %
Introduction to Electrical Engineering and Information Technology 2 11.11% 22.22% 22.22% 22.22% 22.22% 99.99 %
Physics Practicum I 1 33.33% 25% 25% 8.33% 8.33% 99.99 %
Programming Algorithms Interactive 3 29.41% 17.65% 17.65% 11.76% 17.65% 5.88% 100 %
Physics II 2 22.22% 27.78% 50% 100 %
Physics Practicum II 1 20% 40% 40% 100 %
Statistics 3 20.31% 15.63% 18.75% 23.44% 15.63% 3.13% 3.13% 100 %
Probability and Random Variables 3 20% 30% 30% 20% 100 %
Basic Chemistry 3 28.57% 28.57% 28.57% 14.29% 100 %
Vector Analysis 3 16.67% 41.67% 8.33% 33.33% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Electrical Engineering
Universitas Negeri Surabaya

Ilmu dan teknologi pada bidang Teknik Elektro mengalami perkembangan yang pesat. Prodi TE berkomitmen untuk dapat berperan dalam mencetak Sarjana Teknik Elektro yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Lulusan Teknik Elektro FT UNESA diharapkan memiliki kompetensi unggul di bidang konstruksi yang meliputi konstruksi bangunan gedung, jalan, dan air, serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Sesuai dengan tujuan Unesa, maka seluruh kegiatan di Prodi TE harus dilandasi oleh nilai-nilai Elektro. Strategi pencapaian kompetensi lulusan tersebut ditetapkan dalam kebijakan dan standar akademik yang mengikuti siklus PDCA, yaitu perencanaan (planning), implementasi (do), evaluasi/asesmen (check), dan aksi peningkatan berkelanjutan (action). 

Arah kebijakan dan standar akademik dijelaskan dengan kurikulum, rencana pembelajaran semester (RPS), serta integrasi kegiatan penelitian dan pengabdian dalam pembelajaran. Implementasi standar akademik tersebut selalu dievaluasi dan diperbaiki agar selalu update atau sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang ada di lapangan. Oleh karena itu, analisis kebutuhan dan tantangan masa depan profesi Insinyur Elektro selalu dilakukan secara reguler, melalui analisis masukan pemangku kepentingan yang meliputi dosen, mahasiswa, tenaga pendidikan, alumni, pengguna, asosiasi program studi, industri, dan pakar bidang studi. Dengan memastikan proses pendidikan siklus PDCA berjalan dengan baik, maka diharapkan mutu lulusan Prodi TE FT UNESA memiliki link and match dengan dunia industri, dunia kerja dan masa depan yang berubah dengan cepat. 

Link and match dengan dunia industri ini senantiasa di-update melalui kegiatan perkuliahan yang memberikan kesempatan mahasiswa belajar di luar, seperti kerja praktek, kuliah kerja nyata, kuliah capstone design, dan kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Pengembangan kurikulum prodi TE juga memperhatikan filosofi pendidikan berikut ini: 

  1. Membekali mahasiswa untuk memperkuat dan berkontribusi pada nilai-nilai kemanusiaan, keanekaragaman budaya, dan peradaban global berdasarkan nilai-nilai islam. 
  2. Mendukung mahasiswa untuk mengembangkan semangat Unesa dan berkontribusi pada kesejahteraan dan kesejahteraan rakyat. 
  3. Memfasilitasi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menggunakan potensinya secara profesional agar menjadi berwawasan luas dan berkompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta tetap beragama, berbakti dan berkarakter mulia..

Penyusunan visi keilmuan dan tujuan dilakukan oleh tim kurikulum di bawah koordinasi koordinator program studi. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran serta visi keilmuan Program Studi S1 Teknik Elektro (PS S1 TE) Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya merujuk pada kebijakan nasional maupun lokal tentang penyusunan, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi visi keilmuan dan tujuan PS. Kebijakan-kebijakan nasional yang dirujuk antara lain: 

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; 
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; 
  7. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi
  8. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020
  9. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2022 tentang Penetapan Universitas Negeri Surabaya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum;
  10. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
  11. ABET, Criteria for Accrediting Engineering Programs 2020-2023, ABET, 2020;
  12. IABEE, Accreditation Criteria for Engineering Programs version 2020
  13. Peraturan Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan  Nomor: 10/BATAP APK-PII/229/VIII/2022 tentang Perubahan Pertama Kriteria  dan prosedur akreditasi Program studi LAMTEKNIK.

Kebijakan Unesa tentang Visi Misi: 

  1. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 10 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Bisnis Universitas Negeri Surabaya;
  2. Peraturan Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya No B/44455/UN38.5/HK.01.02/2021 tentang Rencana Strategis Bisnis Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
  3. Statuta Universitas Negeri Surabaya (Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2017) Bab IV tentang Visi dan Misi Organisasi Pasal 24 hingga 28.
  4. Standar Mutu Program Pendidikan Sarjana Universitas Negeri Surabaya Edisi 4 Bab II Sistem Pendidikan Sarjana di Universitas Negeri Surabaya Bagian D Visi, Misi, Tujuan dan Kebijakan Unesa
  5. Peraturan Rektor UNESA No. 401/UN36/HK/2019 tentang Peraturan Akademik Unesa 
  6. Standar Unesa no 25 tahun 2020 terkait penyusunan visi PS. 

Sebagai bidang kajian, ilmu Teknik Elektro telah cukup tua dan matang (dewasa). Sebagai profesi, Insinyur Teknik Elektro menghasilkan kemajuan dan peningkatan kualitas hidup yang luas dan mendalam bagi peradaban manusia. Kemajuan peradaban manusia hingga era modern ini terjadi dengan dukungan ilmu Teknik Elektro. Kondisi mutakhir yang ditandai dengan globalisasi yang pesat, tekanan ekologis, dan isu sustainabilitas yang menuntut perhatian, membuat Profesi Insinyur Teknik Elektro perlu merumuskan posisi dirinya menyambut masa depan. Kurikulum Program Studi Teknik Elektro mengacu pada: [1] Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), [2] LAM Teknik, IABEE, dan ASIIN, dan [3] Pedoman MBKM