•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Kurikulum Sekolah

Program Studi S1 Pendidikan Biologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai kurikulum biologi sekolah pada Kurikulum Nasional (jenjang SMA). Kajian meliputi pengertian kurikulum dan prinsip-prinsip pengembangannya, dilanjutkan dengan telaah perkembangan kurikulum biologi,meliputi landasan filosofis, psikologis, sosiologis, serta pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa akan mempelajari secara mendalam struktur, tujuan, ruang lingkup materi, alokasi waktu, dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Nasional. Pembahasan meliputi Analisis Tugas dan Materi, dengan mengidentifikasi dan membandingkan kompetensi, keterampilan, dan konten biologi yang dituntut dalam kurikulum. Perumusan Tujuan dan Indikator Ketercapaian, dengan membandingkan bagaimana tujuan pembelajaran dirumuskan dan bagaimana ketercapaiannya diukur dalam kurikulum nasional. Konsep-Konsep Esensial dan Pembelajarannya dengan mengidentifikasi konsep-konsep inti biologi yang ditekankan dalam kurikulum dan menganalisis pendekatan pedagogis yang direkomendasikan. Mata kuliah ini juga akan mengeksplorasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menganalisis kurikulum. Pembelajaran dalam mata kuliah menggunakan pendekatan teori melalui perkuliahan, diskusi, studi kasus perbandingan kurikulum, dan analisis dokumen kurikulum. Penugasan akan berupa analisis mendalam terhadap kurikulum yang dipilih, perbandingan elemen-elemen kurikulum, pengembangan rencana pembelajaran adaptif, serta perancangan media pembelajaran berbasis TIK yang relevan untuk konteks kurikulum nasional.

CPMK

  • Mahasiswa mampu membandingkan berbagai konsep kurikulum dari berbagai sumber untuk mensintesis makna kurikulum yang relevan dengan pendidikan di Indonesia.
  • Mahasiswa mampu menyusun bagan alir perkembangan kurikulum Pendidikan di Indonesia, meliputi nama kurikulum, masa berlaku, tujuan kurikulum, kompetensi atau tujuan kurikulum, karakteristik pembelajaran, struktur mata pelajaran di sekolah menengah atas dan penilaian hasil belajar.
  • Mahasiswa mampu menyusun opini terkait rasional perkembangan atau perubahan kurikulum Pendidikan di Indonesia.
  • Mahasiswa mampu menganalisis Capaian Pembelajaran untuk dioperasionalkan menjadi indikator dan tujuan pembelajaran yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
  • Mahasiswa mampu merumuskan point-point penting yang menjadi karakteristik capaian pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran berbasis Deep-Learning pada kurikulum2013 dan kurikulum merdeka.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi modul pembelajaran dan rencana perencanaan pembelajaran (RPP) pada aspek capaian pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu mengajukan ide untuk menyusun alur tujuan pembeljaran (ATP) yang relevan dengan capaian pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu menyusun silabus baik berpijak pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Merumuskan pengertian kurikulum dari berbagai sumber
    • Date  6 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    A. menyajikan bagan alir perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia secara visual dan informatif. konsep dasar kurikulum
    • Date  13 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    A. mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai faktor internal dan eksternal yang melatarbelakangi perkembangan atau perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia (misalnya, perubahan sosial budaya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntutan dunia kerja, evaluasi kurikulum sebelumnya, pengaruh politik dan kebijakan.Memahami konsep dasar kurikulum
    • Date  20 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    A. menjelaskan konsep Capaian Pembelajaran (CP) dan kedudukannya dalam kurikulum. perubahan paradigma, dokumen kebijakan kurikulum, pendekatan pembelajaran dan sistem penilaian dari KTSP ke Kurikulum 2013
    • Date  27 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    C. merumuskan tujuan pembelajaran yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound) berdasarkan IPK yang telah dikembangkan untuk setiap ranah (kognitif, afektif, dan psikomotor).
    • Date  6 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    A. mengidentifikasi dan menjelaskan prinsip-prinsip dan pendekatan pengelolaan pembelajaran yang dominan dalam Kurikulum 2013 (misalnya, pendekatan saintifik, pembelajaran tematik integratif).
    • Date  13 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    C. menjelaskan konsep Deep Learning dalam konteks pendidikan dan mengidentifikasi prinsip-prinsip utamanya (misalnya, koneksi yang kaya, pemikiran kreatif, pembelajaran otentik, refleksi metakognitif).
    • Date  20 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Dan menjelaskan karakteristik utama rumusan Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka (misalnya, fokus pada esensial, fleksibilitas, fase pembelajaran, deskripsi yang lebih generik).
    • Date  27 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis tingkat keselarasan antara rumusan IPK dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
    • Date  3 April 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis tingkat keselarasan antara rumusan IPK dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
    • Date  10 April 2025

  • Pertemuan 11
    Dan menjelaskan berbagai struktur dan komponen yang umumnya terdapat dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
    • Date  17 April 2025

  • Pertemuan 12
    Dan menjelaskan berbagai struktur dan komponen yang umumnya terdapat dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
    • Date  24 April 2025

  • Pertemuan 13
    Dan menjelaskan berbagai struktur dan komponen yang umumnya terdapat dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
    • Date  1 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Dan menjelaskan setiap komponen yang wajib dan opsional dalam silabus Kurikulum 2013 (misalnya, identitas mata pelajaran, KI-KD, materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar).
    • Date  8 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Dan menjelaskan setiap komponen yang wajib dan opsional dalam silabus Kurikulum 2013 (misalnya, identitas mata pelajaran, KI-KD, materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar).
    • Date  15 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Dan menjelaskan setiap komponen yang wajib dan opsional dalam silabus Kurikulum 2013 (misalnya, identitas mata pelajaran, KI-KD, materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar).
    • Date  22 Mei 2025

Pustaka

Dosen

SIFAK INDANA
SIFAK INDANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DIAN PERMATASARI KUSUMA DAYU
DIAN PERMATASARI KUSUMA DAYU
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Biologi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10