Mata kuliah ini mengkaji konsep e-learning dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika. Pembahasan diawali pengertian dan karakteristik e-learning, dilanjutkan mempelajari teknologi pendukung e-learning. Kemudian menerapkannya untuk membuat e-learning sederhana untuk pembelajaran
matematika melalui pembelajaran berbasis tugas berbantuan TIK.
CPMK
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Matematika
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi e-learning matematika dengan menggunakan TIK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Pengertian e-learning dan sejarah perkembangannya
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 2
Konsep dasar e-learning
Date 14 Februari 2024
Pertemuan 3
Konsep dasar e-learning
Date 21 Februari 2024
Pertemuan 4
Tools pendukung e-learning
Date 28 Februari 2024
Pertemuan 5
Tools LMS berbasis Moodle
Date 6 Maret 2024
Pertemuan 6
Merancang e-learning dalam pembelajaran matematika
Date 13 Maret 2024
Pertemuan 7
Merancang e-learning dalam pembelajaran matematika
Date 20 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 27 Maret 2024
Pertemuan 9
Membuat konten multimedia dalam e-learning
Date 3 April 2024
Pertemuan 10
Konten yang diperlukan dalam e-learning
Date 10 April 2024
Pertemuan 11
Finalisasi pembuatan e-learning/LMS
Date 17 April 2024
Pertemuan 12
Mempraktekkan e-learning pembelajaran matematika yang sudah dibuat
Date 24 April 2024
Pertemuan 13
Mempraktekkan e-learning pembelajaran matematika yang sudah dibuat
Mengaji tentang konsep dasar pemodelan matematika, mengimplementasikan pemodelan dari fenomena kehidupan sehari-hari (bidang fisika, biologi, kimia, ekonomi, sosial) ke dalam model matematika di bidang, statistik,
Mata kuliah Teori Probabilitas pada program studi S1 Sains Data membahas konsep dasar probabilitas, aksioma probabilitas, variabel random diskrit dan kontinu, teorema probabilitas dan probabilitas
Mengaji tentang landasan teori, tahapan, pengelolaan kelas, dan evaluasi dalam pembelajaran diferensiasi, pendekatan TaRL, pendekatan CRT, model pengajaran langsung, model pembelajaran kooperatif (cooperative learning), dan