Mata kuliah ini mengkaji konsep e-learning dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika. Pembahasan diawali pengertian dan karakteristik e-learning, dilanjutkan mempelajari teknologi pendukung e-learning. Kemudian menerapkannya untuk membuat e-learning sederhana untuk pembelajaran
matematika melalui pembelajaran berbasis tugas berbantuan TIK.
CPMK
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Matematika
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi e-learning matematika dengan menggunakan TIK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Pengertian e-learning dan sejarah perkembangannya
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 2
Konsep dasar e-learning
Date 14 Februari 2024
Pertemuan 3
Konsep dasar e-learning
Date 21 Februari 2024
Pertemuan 4
Tools pendukung e-learning
Date 28 Februari 2024
Pertemuan 5
Tools LMS berbasis Moodle
Date 6 Maret 2024
Pertemuan 6
Merancang e-learning dalam pembelajaran matematika
Date 13 Maret 2024
Pertemuan 7
Merancang e-learning dalam pembelajaran matematika
Date 20 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 27 Maret 2024
Pertemuan 9
Membuat konten multimedia dalam e-learning
Date 3 April 2024
Pertemuan 10
Konten yang diperlukan dalam e-learning
Date 10 April 2024
Pertemuan 11
Finalisasi pembuatan e-learning/LMS
Date 17 April 2024
Pertemuan 12
Mempraktekkan e-learning pembelajaran matematika yang sudah dibuat
Date 24 April 2024
Pertemuan 13
Mempraktekkan e-learning pembelajaran matematika yang sudah dibuat
Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, teori konektivisme, serta pemotivasian siswa untuk
Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi dan HoTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen,
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep fungsi, konsep limit, kekontinuan, differensial, integral dan penerapannya serta konsep bilangan kompleks melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi,