Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah perencanaan karier berisi kajian tentang perencanaan karir dan potensi diri, pentingnya mengidentifikasi diri dalam memilih peluang kerja, membuat curicullum vitae (CV) dan surat lamaran pekerjaan, teknik komunikasi wawancara dan problem solving di bdang karir, Branding diri, Adaptasi di dunia kerja, pengembangan jenjang karir. Mata kuliah ini dilaksanakan secara tatap muka/maya. Strategi pembelajaran yang diterapkan dengan problem based learning, dikusi secara terbimbing, dan praktik. Proses penilaian dilakukan dengan melihat proses dan hasil yang menyangkut ranah pengetahuan, sikap, keterampilan. karena perkuliahan ini tergolong case study sehingga banyak tugas yang dinilai dari aktifitas partisipasi, penilaian portofolio dan tes. Berikut ini adalah bahan kajian perencanaan Karier:
• Konsep Karier dan perkembanganya
• Tantangan karier di era 6.0
• Potensi diri dalam merancang peluang kerja
• Gottfredson’s Theory of Circumscription and Compromise in Career Guidance and Counseling
• Developmental Career Model (Donald Super)
• Social Learning and Cognitive Theory (Albert Bandura dan Krumboltz)
• Trait and Factor and Person Environment (Holland)
• Teknik komunikasi dan branding diri dalam wawancara kerja
• Layanan Karier dalam setting pendidikan
• Rancang bangun karier jangka pendek dan jangka panjang
CPMK
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CPMK 1 (S). Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila CPL-3 (S). Menguasai konsep dan teori bimbingan dan konseling karier yang relevan digunakan untuk membantu peserta layanan dalam setting pendidikan formal; CPL-13 (P) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain bimbingan dan konseling karier; CPL-21 (KU) Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan bimbingan dan konseling karier berdasarkan teori, model, strategi, dan teknik-teknik bimbingan dan konseling karier yang relevan dengan karakteristik kebutuhan konseli sehingga peserta dapat mencapai kompetensi kemandirian dalam perkembangannya. CPL-29 (KK)
- Merancang masa depan baik berupa pemilihan jenis pekerjaan atau studi lanjut
- Menguasai teori tentang perencanaan karier dan menerapkannya dalam perencanaan karier yang akan datang