Ilmu pendidikan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk bisa berkonstribusi dalam mengatasi permasalahan pendidikan dan dapat memberikan inovasi pendidikan di Indonesia dan global. Indikator keberhasilan mata kuliah ini jika mahasiswa mampu mengimplementasikan teori kedalam praktek Pendidikan Non Formal.
CPMK
Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan sejawat/kelompok dalam memahami konsep dasar ilmu pendidikan baik secara teoritis maupun praktis, serta menerapkan dengan baik teori pendidikan yang relevan dalam bidang studinya
Menguasai konsep teoritis tentang ilmu pendidikan secara mendalam serta memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural
Memiliki kemampuan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi data tentang permasalahan pendidikan dan/atau pembeljaran serta dapat memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
Memiliki kemampuan mengaplikasikan bidang keahlian pendidikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait pendidikan dan/atau pembelajaran, baik secara teoritis maupun praktis serta bisa beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Bisa menjelaskan konsep dasar ilmu pendidikan.
Date 30 Agustus 2023
Pertemuan 2
Landasan dan/atau dasar-dasar pendidikan.
Date 6 September 2023
Pertemuan 3
Hakikat Manusia dan Pengembangannya
Date 13 September 2023
Pertemuan 4
Bisa menjelaskan hakikat pendidikan dan pembelajaran.
Date 20 September 2023
Pertemuan 5
Bisa menjelaskan komponen pendidikan
Date 27 September 2023
Pertemuan 6
Sistem pendidikan nasional
Date 4 Oktober 2023
Pertemuan 7
Bisa menjelaskan sistem pendidikan nasional
Date 11 Oktober 2023
Pertemuan 8
UTS
Date 18 Oktober 2023
Pertemuan 9
Menganalisis konsep guru sebagai profesi dan administrator pembelajaran
Date 25 Oktober 2023
Pertemuan 10
Bisa menganalisis permasalahan pendidikan dan/atau pembelajaran
Date 1 November 2023
Pertemuan 11
Bisa menganalisis usaha-usaha mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia.
Kajian tentang definisi, ruang lingkup, dan sejarah psikologi klinis; konsep normal, abnormal dan patologi; perspektif teori psikologi klinis; assesmen dan intervensi dalam psikologi klinis; kerangka
Matakuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan sejarah psikologi sosial, metode penelitian psikologi sosial, persepsi sosial, atribusi sosial, kognisi sosial, identitas diri dan sosial,
Mata kuliah ini mengkaji proses pembelajaran PPKn di sekolah dasar mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Materi perkuliahan membahas tujuan pembelajaran PPKn di