•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S3 Pendidikan Inklusi Unesa

 
Program Studi  :  S3 Pendidikan Inklusi
Tanggal Berdiri  : 
Koordinator Program Studi  :  Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Inklusi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Unggul di bidang pendidikan khusus pada masyarakat global tahun 2035
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga profesional di bidang Pendidikan Khusus.
  2. Menyelenggarakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (ipteks), dan publikasi di bidang pendidikan khusus
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian di bidang pendidikan khusus.
  4. Memperluas kerjasama dengan stakeholders baik tingkat nasional, regional, maupun internasional
  5. Mengoptimalkan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan berkeadilan

Tujuan
  1. Dihasilkan tenaga pendidik dan kependidikan di bidang pendidikan khusus yang professional yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME.
  2. Dihasilkan temuan ilmiah baik berupa teori maupun produk iptek di bidang pendidikan khusus terutama pendidikan inklusi dan autisme.
  3. Dihasilkan publikasi temuan ilmiah di bidang pendidikan khusus pada seminar dan jurnal terakreditasi nasional maupun internasional.
  4. Tersebarluasnya temuan ilmiah di bidang pendidikan khusus dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Keterlaksanaan layanan kepada masyarakat terutama di bidang pendidikan inklusi dan autisme.

Capaian Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Inklusi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Menguasai pengetahuan yang mendalam dan terfokus pada beberapa isu dalam kajian pendidikan inklusif terkait dengan kurikulum, literasi, pembelajaran sepanjang hayat, landasan dan kepemimpinan pendidikan, serta aspek psikologis pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi Pendidikan inklusif yang dihasilkan dalam bentuk disertasi, serta mempublikasikan 2 tulisan pada jurnal ilmiah internasional terindeks
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi pendidikan inklusif yang berada di bawah tanggung jawabnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Menerapkan keterampilan analitis dan kreatif tingkat lanjut, khususnya dalam kaitannya dengan pengembangan teori, pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang keilmuan atau praktik profesional pendidikan inklusif melalui riset, sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Menerapkan pemahaman konseptual, kompetensi metodologis, membuat penilaian berdasarkan informasi tentang masalah interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin untuk menghasilkan penelitian orisinil dan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional di era perkembangan teknologi bidang pendidikan inklusif

Profil Lulusan Program Studi S3 Pendidikan Inklusi
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Dosen dan atau guru yang mampu mentransformasikan,
    mengembangkan dan mendesiminasikan ilmu pengetahuan dan
    teknologi untuk memecahkan permasalahan pendidikan inklusif
    di jenjang pra-sekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah
    baik sekolah khusus maupun sekolah inklusif dan pendidikan
    tinggi

  • Manager/ birokrat

    Pejabat atau konsultan yang memiliki akuntabiltas sebagai
    pengambil kebijakan di satuan Pendidikan dan Pembina
    Pendidikan pada lingkungan pemerintah maupun swasta yang
    mampu mengelola pendidikan inklusif dan memiliki kepekaan
    terhadap persoalan pendidikan inklusif

  • Peneliti

    Peneliti yang memiliki kemampuan merancang,
    mengembangkan, mengelola penelitian, dan mendesiminasikan
    karya penelitian pada jurnal bereputasi internasional berorientasi
    pada pengembangan dan persoalan pendidikan yang berkaitan
    dengan individu disabilitas yang inklusif, pendidikan inklusif,
    paedagog berbasis lintas budaya, peradapan inklusi, dan tatanan
    sosial yang inklusif melalui interdisiplin, multidisiplin dan
    transdisiplin

  • Praktisi profesional

    Praktisi/professional/konsultan yang mampu memberikan solusi
    yang adaptif, inovatif dengan mengembangkan layanan inklusif
    berbasis kearifan lokal sebagai dasar kebijakan pendidikan dan
    tatanan sosial yang inklusif di tingkat global melalui smart society.


Struktur Kurikulum S3 Pendidikan Inklusi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S3 Pendidikan Inklusi 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8640302001 Filsafat Pendidikan Inklusif 3.00
8640302004 Kajian Pendidikan Inklusif 3.00
8640302008 Manajemen Pendidikan Inklusif 2.00
8640303002 Metodologi Penelitian Pendidikan Inklusif 4.00

Semester ke 2

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8640310019 Penelitian Disertasi 10.00
8640303009 Seminar Proposal Penelitian 5.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8640304013 Publikasi 5.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8640306012 Disertasi 9.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Inklusi
Universitas Negeri Surabaya
Rekap CPL Program Studi S3 Pendidikan Inklusi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9
Filsafat Pendidikan Inklusif 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Metodologi Penelitian Pendidikan Inklusif 3 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Pendidikan Inklusif Lanjut 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Manajemen Pendidikan Inklusif 2 25% 25% 50% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Inklusi
Universitas Negeri Surabaya