•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Teknik Elektro Unesa

 
Study Program  : 
Establishment Date  :  22 September 2021
Study Program Coordinator  :  Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Teknik Elektro
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menghasilkan ilmuwan dan profesional engineering yang tangguh dan adaptif dalam pengembangan inovasi berbasis kewirausahaan serta penyebarluasan keilmuan bidang teknik elektro tingkat nasional dan Internasional
Misi
  1. Melaksanakan pengembangan keilmuan yang inovatif pada jenjang magister Teknik Elektro dan memiliki karakter tangguh serta kompetitif untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan 
  2. Melaksanakan dan mengelola penelitian yang inovatif, original dan teruji pada riset unggulan dan bereputasi nasional maupun Internasional yang terdiri dari seni budaya, disabilitas, ilmu keolahragaan, pendidikan, sains dan teknologi, serta sosial humaniora. 
  3. Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan serta mengimplementasikan hasil inovasi pada riset unggulan yang bereputasi nasional dan Internasional.
  4. Membangun kerjasama dengan mitra dalam negeri maupun luar negeri untuk meningkatkan mutu akademik sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan magister dalam bidang Teknik elektro yang mampu menyelesaikan permasalahan bidang rekayasa teknik elektro dengan memanfaatkan bidang ilmu lain secara interdisiplin atau multidisiplin, dengan menjunjung tinggi nilai kemanusian dan karakter, 
  2. Menghasilkan lulusan magister di bidang teknik elektro yang mampu melaksanakan, mengelola, dan memimpin penelitian dalam bidang Teknik elektro dan menghasilkan suatu karya yang inovatif, serta telah teruji dan mendapat pengakuan baik secara nasional maupun internasional, 
  3. Memanfaatkan hasil karya inovatif khususnya dalam bidang Teknik elektro kepada masyarakat luas dengan mengimplementasikannya melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat 
  4. Membangun Kerjasama sebagai pengembangan sumber daya manusia sebagai pengembangan kualitas mutu program studi. 

Nilai_dasar
  1. Nilai dasar yang tumbuh dan diyakini di Unesa sebagai mana tercantum dalam Statuta Unesa adalah sebagai berikut yang selanjutnya dikenal dengan istilah UNESA TANGKAAS REK BISA (TANGguh, Kolaboratif, Adaptif, InovAtif, inkluSif, belajaR, sEpanjang hayat, dan berbasis Kewirausahaan, Believable, International, harmoniS, dan Amanah):
  2. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari- hari dan memiliki daya juang.
  3. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
  4. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  5. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
  6. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
  7. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  8. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
  9. Believable: terpercaya dan dipercaya masyarakat atau pengguna untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan berkualitas.
  10. International: mendukung perguruan tinggi dalam pencapaian QS 200 dengan menginisiasi dan mengimplementasikan kerjasama-kerjasama luar negeri baik di bidang pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  11. Harmonis: memiliki lingkungan kerja yang akademis dan harmonis dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
  12. Amanah: berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan menghindari gratifikasi untuk mendukung fakultas dalam zona integritas.

Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu menguasai konsep teoretis rekayasa (Engineering) secara mendalam pada bidang Teknik Elektro
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mampu menguasai metode perancangan sistem rekayasa Teknik Elektro terkini
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Mampu menguasai konsep teoritis dan metode perancangan pada Sistim Tenaga dan Inteligensi,Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi

PLO-8 Mampu menguasai metode aplikasi teknologi di bidang Teknik Elektro terutama pada 3 bidang peminatan yaitu Sistim Tenaga dan Inteligensi, Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji

PLO-10 Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui riset atau eksperiment menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner

PLO-11 Mampu mengelola riset dan pengembangan di bidang teknik elektro yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengetahuan nasional dan internasional

PLO-12 Mampu menyelesaikan permasalahan bidang rekayasa teknik elektro dengan memanfaatkan bidang ilmu lain secara interdisiplin atau multidisiplin, serta dengan memperhatikan faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural sosial dan kelestarian lingkungan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-13 Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang rekayasa teknik elektro untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-14 Memformulasikan ide ide baru (new research question/desain/model baru) di bidang teknik elektro dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang rekayasa
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-15 Mampu mengintegrasikan sistem secara optimal serta mengevaluasi interaksi sistem terhadap aspek teknik, sosial, ekonomi, dan ekologi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-16 Mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi bidang konsentrasi masing-masing

Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
  • 1. Tenaga Profesional Dalam Bidang Teknik Elektro

    Tenaga ProfesionalDefinisi

    • Manager Teknologi Informasi

    Mampu   merencanakan,    melaksanakan, mengevaluasi,          mengontrol           dan

    memberikan solusi ataspermasalahan di bidang teknologi informasi

    • Manager Telkom dan Jaringan Cerdas

    Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengontrol danmemberikan solusi atas permasalahan di bidang Telekomunikasi danJaringan

    Cerdas

    • Manager Ketenagalistrikan

    Mampu   merencanakan,    melaksanakan, mengevaluasi,          mengontrol           dan

    memberikan solusi ataspermasalahan di bidang ketenagalistrikan

    • Konsultan IT

    Mampu merekomendasi solusiteknologi IT terbaik yang berhubungan denganhardware, software, jaringan, optimasi database, expert system, Internet of

    Things dan Artificial Intelligence

    • Konsultan Telkom danJaringan Cerdas

    Mampu merekomendasikan solusiperangkat telekomunikasi dan jaringan cerdasmeliputi perancangan dan pemodelan di transmitter, receiver, media transmisi, teknologi radar,gelombang mikro, pengolahan sinyal, wirelessnetwork, sensor network, broadband dan

    multimedia network.

    • Konsultan Ketenagalistrikan

    Mampu merekomendasi solusiperencanaan, pengoperasian, peramalandan optimasi unit dispatch menggunakan artificial inteleligent untuk sistem

    ketenagalistrikan.

  • 2. Periset (Researcher)/Magister Penelitian

    Magister penelitian di laboratorium, industri, untuk menyiapkan penelitian baru, membuat pemodelan dan system, melakukan pengukuran, penyusunan, menganalisis, perhitungan dan mengevaluasi. Periset/peneliti yang memiliki kemampuan riset inovatif dan kompetitif berskala nasional dan internasional di bidang Teknik Elektro berbasisSDIP-STS sehingga mampu menciptakan dan/atau mengembangkan riset inovatif kekinian (sesuai tuntutan RI.4.0) yaitu Internetof Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan wireless sensor network, smart grid, Antena dan radar,serta teknologi 3 dimensi (3D).

  • Praktisi ahli Teknik Elektro/System Engineer

    Engineer yang dapat menerapkan ketrampilan dalam hal ketenagalistrikkan, sistem, telekomunikasi, dan informasi

  • 4. Tenaga Pengajar/Pendidik Professional

    Tenaga pengajar/pendidik profesional di bidang teknikelektro khususnya di bidang sistemtenaga dan intelegensi, telekomunikasi jaringan cerdas, dan teknologi informasi serta menerapkan keahlian tersebut baik pada lembaga pemerintah maupun swasta di skala nasional dan internasional. Tenaga pengajar/pendidik yang dimaksud adalah dosen,trainer di bidang teknik elektro.

  • 5. Analis Teknologi dibidang Teknik Elektro

    Analis di bidang Teknik elektro yang menganalisis dan mengevaluasi serta membuat hasil kesimpulan dari permasalahan bidang ketenagalistrikkan, telekomunikasi dan informasi

  • Studi lanjut pada program doktor

    Peluang yang besar bagi lulusan magister Teknik elektro untuk dapat melanjutkan program doktor di universitas ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri.

  • 7. Pegawai Negeri Sipil

    Peluang yang besar bagi lulusan magister Teknik Elektro sebagai pegawai negeri sipil terutama bidang energi dan sumber daya mineral, atau di dalam departemen-departemen lain.


Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum FastTrack Jenjang Sarjana (S1)

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
2010103005 Optimization Engineering 3.00
2010189122 Research Methods 3.00
2010189125 Telecommunication Systems Engineering 2.00
2010189126 Simulation Model 2.00
2010189127 Statistical Probability 2.00
2010102128 Applied Discrete Mathematics 2.00
2010102001 Philosophy Of Science Electrical Engineering 2.00
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14PLO15PLO16
Artificial Intelligence 3 20% 26.67% 6.67% 13.33% 6.67% 26.67% 100 %
Telecommunication Systems 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Probability and Statistics 2 33.33% 22.22% 11.11% 22.22% 11.11% 99.99 %
Antennas and Wave Propagation 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Mobile Technology Cloud Computing 2 37.5% 37.5% 25% 100 %
Multimedia 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Biomedicine 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Systems Wireless Sensor Systems 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Digital Transmission 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Systems Radar and Navigation Systems 2 25% 50% 25% 100 %
Big Data Analysis 2 14.29% 14.29% 14.29% 28.57% 14.29% 14.29% 100 %
Applied Discrete Mathematics 2 20% 20% 40% 20% 100 %
Telecommunication Systems Engineering 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya

Pengembangan kurikulum

Kurikulum untuk program studi magister telah dikembangakn dengan mengacu berbagai landasan dengan meliputi landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan psikologis, landasan teknologis, dan landasan yuridis dengan penjelasan sebagai berikut :

 

 

dan arah agar proses pengembangan kurikulum yang dilakukan searah dengan sistem pendidikan nasional secara menyeluruh, visi dan misi Unesa, s,VMTS Program Studi serta sesuai dengan tuntutan kehidupan masyarakat yang harus diakomodasi sehingga memiliki ketahanan dalam mengantisipasi berbagai perubahan. Dengan kata lain naskah akademik ini memfasilitasi, dan menjadi “payung” dalam proses pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum yang ideal dilakukan di atas landasan yang kuat untuk menghasilkan kurikulum yang kokoh. Hal ini untuk memastikan bahwa kurikulum yang dihasilkan merupakan produk sistem berpikir yang kuat dan sistemik dalam mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dilakukan merupakan upaya untuk mengimplementasikan kurikulum dalam mencapai tujuan. Aktivitas yang dimaksud tidak hanya berupa aktivitas akademik namun juga non akademik guna menunjang pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi kerja akan mengubah cara melihat kompetensi dari berbagai peminatan. Dalam kaitan dengan akreditasi internasional, kurikulum yang telah dikembangkan berdasarkan SN-Dikti sesungguhnya telah menggunakan pendekatan Outcome Based Education (OBE) melalui tiga tahapan utama yaitu: 

1. Outcome Based Curriculum (OBC), pengembangan kurikulum yang di- dasarkan pada profil dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). 

2. Outcome Based Learning and Teaching (OBLT), pelaksanaan kegiatan pembelajaran (bentuk dan metode pembelajaran) yang akan dilakukan mengacu dan sesuai dengan CPL. 

3. Outcome Based Assessment and Evaluation (OBAE), pendekatan penilaian dan evaluasi yang dilakukan pada pencapaian CPL dalam rangka untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan. 

Berdasarkan rumusan di atas dapat ditegaskan bahwa pengembangan kurikulum Pascasarjana dilakukan selaras dengan tuntutan perkembangan jaman, perkembangan imu pengetahuan dan teknologi serta kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat, maupun pengguna lulusan perguruan tinggi. Selain itu kurikulum Pascasarjana dikembangkan selaras dengan berbagai regulasi terutama Sistim Pendidikan Tinggi, Standar Nasional Pendidikan Tinggi, KKNI, dan OBE.

Pedoman pengembangan kurikulum di UNESA berdasarkan landasan- landasan,  Pengembangan Kurikulum Prodi S2 Teknik Elektro disusun dengan tujuan pelaksanaan sebagai berikut:

  1.  Memutahirkan kurikulum yang sudah ada atau mengembangkan kurikulum baru;

   2.  Mengorganisasi dan memonitor pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh program studi;

   3.  Mengimplementasikan kurikulum;

   4.  Melakukan asesmen ketercapaian CPL