•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Perkerasan Jalan Raya

Program Studi D4 Transportasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliahini merupakan pengenalan tentang definisi jalan raya, sejarah perkembangan dan peranan jalan raya, klasifikasi jalan raya, penampang jalan raya. Bahan-bahan lapis perkerasan jalan raya: aspal, agregat, filler. Jenis aspal dan teknologinya, sifat-sifat aspal, proses terjadinya aspal, klasifikasi aspal, pemeriksaan aspal, spesifikasi aspal, pemilihan dan pencampuran aspal, pelaksanaan campuran dilapangan dan penghamparan. Agregat sebagai bahan susunan lapis keras: jenis-jenis agregat, pemeriksaan agregat, spesifikasi agregat, pencampuran agregat secara analitis/grafis. Jenis-jenis perkerasan jalan raya. Faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan perkerasan jalan. Tegangan dalam lapis perkerasan lentur dan kaku. Daya dukung tanah dasar: CBR, modulus reaksi tanah dasar (k), modulus kekakuan tanah dasar (E), CBR rencana, korelasi antara CBR, k dan E, DDT. Daya dukung tiap-tiap lapis keras. Koefisien kekuatan relatif. Beban lalu lintas rencana. Faktor regional. Perencanaan perkerasan lentur dengan metoda Bina Marga (Metode Analisa Komponen), Perencanaan overlay dan konstruksi lapis bertahap, perencanaan perkerasan kaku dengan Metode Bina Marga, Kerusakan jalan dan pemeliharaan jalan. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan merencanakan tebal perkerasan jalan raya.

CPMK

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu dan terukur dalam mengidentifikasi, melaksanakan maupun mengevaluasi secara mandiri dan mengkoordinasikan kelompok untuk menyelesaikan permasalahan teknis dan non teknis serta mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Mampu menerapkan prinsip mekanika, matematika dan konsep rekayasa pada proses perancangan teknis, gambar hasil pengukuran, dan perancangan di bidang teknologi rekayasa transportasi darat Mampu melaksanakan pekerjaan perancangan, pelaksanaan, pengawasan, dokumentasi pekerjaan di bidang teknologi rekayasa transportasi darat sesuai standard yang berlaku dengan mengedepankan prinsip sistem keamanan dan keselamatan kerja dan lingkungan (SMK3L). Mampu menginternalisasi etika, norma dan hukum dalam menjalankan pekerjaan. Menguasai prinsip, aplikasi, referensi teknis, prosedur dan standar kerja (SOP) di laboratorium Jalan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Definisi jalan raya, sejarah perkembangan dan peranan jalan raya, klasifikasi jalan raya, penampang jalan raya.
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Mengenal bahan-bahan lapis perkerasan jalan raya: aspal, agregat, filler.
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Mengenal jenis aspal dan teknologinya, sifat-sifat aspal, proses terjadinya aspal, klasifikasi aspal, spesifikasi aspal.
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Melakukan pemeriksaan aspal.
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Melakukan pemilihan dan pencampuran aspal, pelaksanaan campuran di lapangan dan penghamparan.
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Mengenal agregat sebagai bahan susunan lapis keras: jenis-jenis agregat, pemeriksaan agregat, spesifikasi agregat, pencampuran agregat secara analitis/grafis.
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Mengenal jenis-jenis perkerasan jalan raya.
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan perkerasan lentur jalan.
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Mengenal tegangan dalam lapis perkerasan lentur dan kaku, Daya dukung tanah dasar: CBR, modulus reaksi tanah dasar (k), modulus kekakuan tanah dasar (E), CBR rencana, korelasi antara CBR, k dan E, DDT.
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Daya dukung tiap-tiap lapis keras, koefisien kekuatan relatif, beban lalu lintas rencana dan faktor regional.
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Merencanakan perkerasan lentur dengan Metoda Bina Marga (Metode Analisa Komponen).
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Merencanakan overlay dan konstruksi lapis bertahap dengan Metoda Bina Marga (Metode Analisa Komponen).
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan perkerasan kaku jalan raya.
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Merencanakan perkerasan kaku dengan Metode Bina Marga.
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  22 Mei 2024

Dosen

R. ENDRO WIBISONO
R. ENDRO WIBISONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ARI WIDAYANTI
ARI WIDAYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiD4 Transportasi
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10