•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pengembangan Bahan Ajar

Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bahan ajar. Hal-hal yang akn dibahas dalam mata kuliah ini diantaranya adalah peran dan jenis bahan ajar, baik bahan cetak, noncetak, maupun bahan ajar display, prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannya dalam proses pembelajaran, serta cara-cara mengevaluasinya.

CPMK

  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik, kebutuhan belajar, dan kompetensi dasar dalam pembelajaran Administrasi Perkantoran sebagai dasar dalam merancang bahan ajar.
  • Mahasiswa mampu menganalisis teori, prinsip, dan model pengembangan bahan ajar yang relevan dengan pembelajaran Administrasi Perkantoran.
  • Mahasiswa mampu merancang bahan ajar berupa buku ajar, modul, dan media pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik dan perkembangan kurikulum.
  • Mahasiswa mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk teknologi digital dan sumber lokal, dalam menyusun bahan ajar secara kreatif dan inovatif.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan kriteria pedagogis, konten, bahasa, dan teknis.
  • Mahasiswa mampu merefleksi dan merevisi bahan ajar berdasarkan masukan dari dosen, rekan sejawat, dan pengguna (guru/peserta didik).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Tujuan, ruang lingkup, dan urgensi penguasaan teori pengembangan bahan ajar dalam konteks pembelajaran Administrasi Perkantoran.
    • Date  7 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Dan menjelaskan prinsip-prinsip dasar serta berbagai jenis bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Administrasi Perkantoran.
    • Date  14 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    - mengidentifikasi faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan bahan ajar
    • Date  21 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis persamaan dan perbedaan bahan ajar berbasis cetak besertapemanfaatannya
    • Date  28 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis persamaan dan perbedaan bahan ajar berbasis non-cetak beserta pemanfaatannya
    • Date  7 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Definisi, tujuan, dan fungsi literature review dalam konteks pengembangan bahan ajar.
    • Date  14 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Model, prosedur evaluasi formatif bahan ajar cetak dan non cetak
    • Date  21 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  28 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik(drafting)
    • Date  4 April 2025

  • Pertemuan 10
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematikdrafting)
    • Date  11 April 2025

  • Pertemuan 11
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (editing)
    • Date  18 April 2025

  • Pertemuan 12
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik(editing)
    • Date  25 April 2025

  • Pertemuan 13
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik(revising)
    • Date  2 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematikrevising)
    • Date  9 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Kembali keseluruhan tahapan pengembangan bahan ajar (cetak/non cetak)
    • Date  16 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester (UAS)
    • Date  23 Mei 2025

Dosen

FEBRIKA YOGIE HERMANTO
FEBRIKA YOGIE HERMANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

TRIESNINDA PAHLEVI
TRIESNINDA PAHLEVI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10